Trending
Rabu, 10 Juni 2015

Olahraga di Dalam Air

  • Share
  • fb-share
Olahraga di Dalam Air

Gym adalah destinasi populer bagi orang-orang yang ingin membentuk tubuh, mengingat gym memang menyiapkan peralatan workout secara lengkap. Tapi, kalau lo bosan dengan suasana gym yang mainstream, cobalah workout di dalam air. Selain lebih fresh, water workout juga dinilai lebih efektif dalam membentuk tubuh!

Air memiliki kepadatan 800 kali lebih padat atau 12 kali lebih resistan daripada udara. Hal ini menyebabkan water workout “menuntut” lo untuk benar-benar menggerakkan seluruh badan, khususnya bagian lengan, kaki, bahu, dan core. Kalau lo melakukan campuran gerakan kardio dan kekuatan di dalam air, lo mampu membakar kalori, sekaligus membangun otot serta mempercepat metabolisme tubuh. Sekali melakukan water workout, lo juga bisa memproduksi endorfin sejumlah kalau lo melakukan running atau spinning.

Water workout memiliki keunggulan dibanding dry-land workout, yaitu memperkecil kemungkinan cedera dan rasa sakit pada otot tubuh. Manfaat water workout lainnya adalah meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan simetri otot. Tipe workout ini pun cocok dilakukan buat lo yang ingin mengurangi ketegangan otot sehabis pulang kerja.

Water workout terdiri atas tiga set yang dilakukan tanpa jeda. Peraturan ini sedikit berbeda kalau lo ingin “total-body burn” karena lo harus melakukan tiga set tersebut secara back-to-back dengan jeda selama tiga menit. Yang penting, water workout wajib dilakukan di kolam renang yang memiliki kedalaman minimal empat kaki. Sebelum melakukan water workout, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dengan lari di tempat selama dua sampai lima menit.

Set pertama meliputi high-knee sprints, pull-buoy swim, push up dan pull up, serta kicking cooldown. Nggak jauh berbeda dengan set pertama, set kedua meliputi backward runs, pull-buoy swim, rotating knee tucks, dan kicking cooldown. Sementara, set terakhir memiliki rangkaian gerakan yang lebih panjang, yaitu relay, pull-buoy swim, split-jump dengan posisi lutut menekuk dan bisep melingkar, jump squats, kicking cooldown, triceps kickbacks, tree-huggers, jump tucks, dan single-arm swims.

Setelah mengenal water workout, lo masih menganggap kalau workout hanya bisa dilakukan di gym dan kolam renang hanya ditujukan untuk berenang? Well, this is the time for breaking that assumption, Urbaners!

 

 

Comments
Ardi Widisetiawan
Selama ini cuma taunya renang
Emmanuel Gracetana P
pull-buoy swim, push up dan pull up, serta kicking cooldown