Trending
Rabu, 02 September 2015

Jangan Sampai Lo Terkena Shin Splint!

  • Share
  • fb-share
Jangan Sampai Lo Terkena Shin Splint!

Pernah nggak sih lo ngerasain tulang kering berdenyut, terasa ngilu dan nyeri ketika cuaca dingin, atau sakit setelah berolah raga? Jika iya, berarti lo lagi merasakan salah satu dari gejala Shin Splint. Apa sih Shin Splint itu?

Shin splints merupakan gejala sakit di bagian depan tulang kering, disebabkan karena gerakan yang terlalu banyak sehingga terjadi iritasi di lampiran tendon-tendon dan tulang medial, terkadang disebut juga dengan Medial Tibial Stress Syndrome. Shin Splint ini memang sering banget terjadi sama olahragawan.
 

Kenapa Bisa Sampai Terkena Shin Splint?

Shin Splints biasanya terjadi karena otot inti kita melemah dan ketidakseimbangan otot juga menjadi faktor utama timbulnya penyakit ini. Dan pada saat otot kita sedang melemah ini, aktivitas yang dilakukan lagi banyak-banyaknya, otot-otot dan tendon tidak mampu bekerja maksimal untuk menahan beban yang berat, maka dampaknya kita jadi cepat lelah.

Pemakaian sepatu yang tidak tepat juga bisa jadi faktor pemicu Shin Splint. Apalagi bila lo terbiasa beraktivitas di medan berat, tidak rata ataupun jalan yang menurun, wajib banget kita memakai sepatu yang sesuai dengan kebutuhan medan kita.

Gejala Shin Splint

Pada awalnya ditandai dengan rasa sakit dan nyeri pada bagian dalam kaki bawah, bisa sampai terjadi pembengkakan. Biasanya rasa sakit ini akan hilang bila berhenti bergerak. Jika memaksakan untuk berlari atau melangkah, maka pada akhirnya nyeri akan menetap dan semakin hebat.
 

Pengobatan Shin Splint

  1. Pengobatan awal bisa dilakukan dengan cara beristirahat atau mengkompres tulang kering yang sakit dengan es hingga rasa nyeri menghilang.
  2. Bila sedang tidur Anda bisa menaikkan kaki di atas kepala.
  3. Jika sampai terjadi pembengkakan, tekan daerah yang membengkak dengan perban plastik. Kalau nyeri bertambah dan timbul mati rasa di daerah yang sedang diperban, maka segera longgarkan perban.
  4. Lakukan aktivitas sehari-hari secara bertahap, jangan memaksakan tubuh jika memang tulang kering belum sembuh sempurna.

 

Source : v2.dunialari.com, cdn.running.competitor.com, www.physiotherapyactiverehab.com

 

 

Comments
Epul Saepuloh
Thanks artikelnya
SARI ASTUTI
Shin Splint