Speedgolf, Perpaduan Golf dan Atletik - MLDSPOT
  • Sport
  • Speedgolf, Perpaduan Golf dan Atletik

Speedgolf, Perpaduan Golf dan Atletik

Tue, 29 September 2015

Speed Golf atau yang juga dikenal sebagai Extreme Gold dan Hit and Run Golf adalah sebuah variasi olahraga dimana sang pemain memainkan sebuah ronde Golf yang menang atau kalahnya dihitung berdasarkan jumpah pukulan dan waktu bermain.

Pada Golf biasa, waktu bermain nggak akan menentukan siapa pemenangnya, sehingga pemain dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan santai, namun di Speedgolf pemain harus langsung berlari ke tempat selanjutnya setelah selesai memukul bola. Speedgolf ini dapat dimainkan oleh pemain dengan minimal umur 17 dan maksimal 57 tahun.

Olahraga ini dibilang berawal sejak tahun 1979 di California saat seorang pelari Steve Scott berlari mengitari lapangan golf dengan waktu 29 menit 30 detik. Setelah menengar apa yang dilakukan oleh Scott, seorang mantan Ironman triathlete mengajari seorang pro bernama Jay Larson untuk menjadi seseorang yang dinobatkan oleh orang banyak sebagai top speed golfer pada tahun 1990an. Larson menyelesaikan sebuah course dalam 75 pukulan dengan waktu 39 menit 9 detik.

Pada masa akhir tahun 90an, seorang Oregonians dan Speed golfer Tim Scott, Christopher Smith dan Jim Kosciolek membentuk perusahaan bernama Speed Golf International. Olahraga ini sekarang dimainkan di North America, Eropa dan Jepang. Kemudian Turnamen besar disiarkan di channel seperti ESPN, CBS dan The Golf Channel.

Speed Golf terkadang disamakan dengan Cross-Country BigBall dimana mereka biasanya melakukan hal yang sama dengan speed golf, namun menggunakan bola soccer dan baseball bat untuk memainkannya. Karena tempat dan goal nya ditentukan oleh pemain makan peraturan dan etika tergantung dari course bermainnya, di hutan ataukah di perumahan. Namun kedua olahraga tersebut sama – sama psychical demanding dan membutuhkan stamina yang luar biasa besar.

Source : speedgolfinternational.com, britishspeedgolf.co.uk, crowboroughlife.com

 

 

Most Golf Course
Pada tahun 2005 majalah Golf Digest menghitung Negara dengan jumlah lapangan golf terbanyak, yang yang termasuk the best adalah: Scotland, New Zealand, Australia, Ireland, Canada, Wales, US, Sweden dan England.

Stroke Play
Dalam sebuah kompetisi biasanya partisipan dinilai dari berapa banyak pukulan yang dilakukan sampai akhirnya bola golf masuk ke lubang.

Modern Golf
Golf yang sekarang kita kenal dan juga peraturan – peraturannya sebenarnya berdasarkan pada peraturan permainan Golf dari Scotland pada abad 15. 

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com