Kilian Jornet, King of Long-Distance Runner - MLDSPOT
  • Sport
  • Kilian Jornet, King of Long-Distance Runner

Kilian Jornet, King of Long-Distance Runner

Mon, 05 October 2015

Tenang Urbaners, sekarang kita nggak bahas tentang LDR atau long-distance relationship, tetapi kita akan membahas Kilian Jornet sang raja LDR atau long-distance runner. Benar sekali, Kilian Jornet merupakan spesialis lari jarak jauh. Dia sekarang ingin membuat rekor menjadi pendaki tercepat di gunung Everest!

 

Apa itu long-distance runner

Long-distance runner atau pelari jarak jauh adalah spesialisasi yang dimiliki oleh Jornet. Suatu kompetisi lari dapat dikatakan jarak jauh ketika jarak yang ditempuh minimal 5000 meter atau 5 km. Selain itu lari yang berada di lapangan bebas bisa juga dikategorikan lari jarak jauh.

Jornet merupakan spesialis lari jarak jauh, dia sekarang memegang beberapa rekor lari jarak jauh. Rekor paling keren yang dimiliki Jornet adalah dia merupakan pemegang rekor sebagai pendaki gunung Mont Blanc tercepat. Dia hanya membutuhkan waktu 4 jam 57 menit. Padalah rata-rata mendaki gunung Mont Blanc ini paling cepat 1 hari!

 

Mendaki sejak umur 3 tahun

Lahir di daerah pegunungan Spanyol, membuat Jornet akrab dengan gunung. Dia bahkan sudah mulai mendaki gunung sejak umur 3 tahun. Lalu pada umur 5 tahun, dia sudah mendaki gunung Aneto yang tingginya 3000 meter diatas permukaan laut.

Sebenarnya awalnya Jornet adalah atlet ski gunung. Pada saat sekolah SMA, dia bahkan sempat masuk ke timnas ski gunung junior Spanyol. Tapi setelah masuk kuliah, Jornet mulai berlari. Dia memenangkan kejuaran marathon bergengsi Skyrunner World Series.

 

Summits of My Life

Dasar jiwa petualang dari Jornet yang menggebu-gebu, selain mengikuti kejuaraan marathon, Jornet mempunyai misi tersendiri. Misi tersebut adalah ingin memecahkan rekor pendakian dan penurunan tercepat di seluruh gunung tertinggi di dunia!

Dari tahun 2012, Jornet baru saja membabat habis 5 rekor pendakian penurunan tercepat di seluruh dunia. Gunung Mont Blanc, gunung Matterhorn, gunung Denali, gunung Aconcagua serta gunung Elbrus. Yang paling bersejarah adalah ketika Jornet mendaki gunung Mont Blanc, ketika itu Blanc tidak sendirian untuk memecahkan rekor. Stephane Brosse juga ingin meakukan hal yang sama, tetapi Brosse harus meregang nyawa karena kecelakaan di track yang sama.

Bukan pendaki sejati ketika belum mendaki gunung Everest. Pada tahun 2016 mendatang, Jornet akan mencoba memecahkan rekor untuk mendaki dan menuruni gunung Everest. Rekor tercepat menaiki gunung Everest adalah 8 jam lewat jalur ringan + menggunakan oksigen. Sedangkan untuk jalur tersulit tanpa menggunakan oksigen, dibutuhkan waktu 58 jam! Bagaimana Jornet, pilih jalur yang mana?

Source: conorneill.com  , cdn.gearpatrol.com  ,   nationalgeographic.com  , snowbrains.com

 

 

Kaki bisa berkeringat
​Dengan berlari, ternyata kaki kita bisa berkeringat 1 gelas besar sehari

1 miliar pasang sepatu setiap tahun
​1 miliar pasang sepatu terjual setiap tahun, Itu adalah jumlah yang melebihi jumlah orang yang berlari atau sekedar ingin berlari

Maksimal orang bisa berlari 17 km per jam
​Kemampuan maksimal orang rata-rata adalah berlari 17 km setiap jam. Tapi jangan lo kalau lo belum terlatih

Kenalan dengan Tom Brady: Atlet Footbal Handal Yang Baru Menang Superbowl!

Sat, 13 February 2021
Tom Brady

Buat lo yang menjadi pecinta dunia olahraga, pasti sudah nggak asing dengan acara final American football – atau yang lebih dikenal dengan Super Bowl. Kembali diselenggarakan di tahun 2021, Super Bowl ke-55 ini berhasil dimenangkan oleh tim football asal Florida – Tampa Bay Buccaneers.

Dilangsungkan di home stadium Buccaneers – tepatnya di Raymond James Stadium, Tampa, Florida – Buccaneers berhasil meraih skor akhir 31-9 melawan Kansas City Chiefs, yang merupakan pemenang Super Bowl tahun 2020.

Tapi, lo tahu nggak? Kalau kemenangan Buccaneers kali ini diklaim sebagai yang tersukses – apalagi, kalau bukan berkat salah satu quarterback tim tersebut, Tom Brady – all hail Brady! Nggak diragukan, Tom Brady memang disebut sebagai salah satu pemain ikonik dalam sejarah National Football League (NFL).

Kalau ngomongin soal Tom Brady emang nggak ada habisnya. Nah, biar lo nggak makin penasaran sama pemain legendaris yang satu ini – kita lanjut bahas di bawah ini yuk, bro!

 

Quarterback Dengan Performa Nyaris Sempurna di Usia 43 Tahun

Tom Brady

Credit Image – startribune.com

Ungkapan age is just a number – sepertinya sudah dibuktikan oleh Tom Brady. Memasuki usianya yang ke 43 tahun, Brady masih memiliki performa yang baik, bahkan disebut nyaris sempurna. Bahkan, ia sering disebut sebagai unbeatable player.

Well, pada umumnya pemain NFL akan mengajukan pensiun di usia 40 tahun. Tapi, sepertinya hal ini tidak berlaku pada Tom Brady. Yang ternyata masih punya semangat tinggi untuk terus berkarier dan bermain di season NFL. Semangat Brady emang nggak ada habisnya – ini wajib lo tiru, bro!

Lo pasti sudah tahu juga kalau Tom Brady telah lama berkecimpung di dunia football. Kesuksesannya ini berawal ketika ia dipilih oleh New Englang Patriots – Brady dipilih dalam NFL Draft ronde keenam di tahun 2000. Bersama Patriots, ia sudah bermain di 20 seasons NFL.

Setelah 20 tahun bersama New England Patriots, Brady pun memutuskan untuk pindah bersama Tampa Bay Buccaneers di tahun 2020. So, di tahun pertamanya bersama Buccaneers – ia berhasil berkontribusi dengan baik dalam meraih kemenangan di Super Bowl, lho

Nah, sebutan quarterback yang nyaris sempurna ini juga sudah dibuktikan Brady dalam penampilannya di Super Bowl ke-55, melawan Kansas City Chiefs. Dalam empat babak, Brady telah menyelesaikan 21 dari 29 passes dalam 201 yards – belum lagi, kontribusi touchdown yang berhasil membawa Tampa Bay Buccaneers pada kemenangan. Yes, yes, it was victory Sunday!

 

Memiliki Notable Records yang Legendaris

Tom Brady

Credit Image – buffalonews.com

Sering disebut sebagai GOAT a.k.a greatest of all time – Brady telah berhasil memenangkan Super Bowl sebanyak tujuh kali sejak awal ia berkarier sebagai atlet profesional. Wah, jumlah kemenangan ini paling banyak dibanding pemain NFL lainnya, lho.

Nggak hanya sudah memenangkan banyak Super Bowl saja, Tom Brady juga memegang rekor terbaik dalam NFL regular seasons – di sesi game ini, ia sudah pernah memenangkan 230 game melawan berbagai tim NFL lainnya. Lo pasti setuju kalau Brady emang keren kan, bro?

Belum selesai nih, bro, Brady juga berhasil menyabet titel lainnya. Mulai dari Super Bowl Most Valuable Player (MVP) – ia dinobatkan sebagai MVP sebanyak lima kali. Selain itu, Brady juga diberi titel sebagai NFL Offensive Player of the Year di tahun 2007 dan 2010. Dan Brady juga pernah dinobatkan sebanyak 30 kali sebagai player of the week, serta 10 kali player of the month.

 

Ditemani Rob Gronkowski, yang Jadi Side-Kick Brady!

Tom Brady

Credit Image – ftw.usatoday.com

Performa Brady di lapangan emang nggak perlu diragukan, bro – apalagi kalau ia sudah ditemani oleh side-kicknya, Rob Gronkowski. Punya posisi sebagai tight end, nggak jarang Gronkowski membantu Brady dalam mencetak touchdown.

Ternyata bukan duo maut baru – tetapi, keduanya sudah bermain dalam tim yang sama sejak bergabung di New England Patriots. Sebelumnya, Brady dan Gronkowski telah berhasil mencetak touchdown sebanyak 14 kali – dalam seasons bersama Patriots.

Serasa nggak pingin jauh dari Brady, Gronkowski pun pindah ke Tampa Bay Buccaneers – yang membawa keduanya kembali unjuk gigi di Super Bowl 2021. Duet keduanya berhasil melakukan dua kali touchdown – yang juga disebut sebagai touchdown paling apik dalam sejarah NFL Super Bowl.  Jadi, emang nggak heran kalau keduanya dinobatkan sebagai Best Passing Duo!

 

Wah, emang kemampuan Tom Brady emang paling gokil ya, bro. Nggak heran, kalau Brady disebut sebagai salah satu pemain legendaris dalam sejarah NFL!

 

Featured Image – sbnation.com