Trending
Selasa, 06 Oktober 2015

Cegah Cidera Saat Olahraga

  • Share
  • fb-share
Cegah Cidera Saat Olahraga

Cidera karena kurang pemanasan adalah hal yang sangat ceroboh Urbaners. Seharusnya sebelum olahraga pemanasan wajib dilakukan. Misalnya nih, ketika lo mau berlari, lo harus benar-benar merenggangkan semua otot-otot tubuh terutama kaki. Lalu ketika lo ingin bermain sepakbola, pemanasan tidak hanya terfokus pada kaki, tetapi juga seluruh badan karena kadang lo harus adu fisik dengan lawan.

Beberapa kejadian seperti cidera engkel atau otot ketarik itu terjadi karena lo kurang pemanasan Urbaners. sekarang kita bakal ajak lo untuk mengetahui 3 cara yang bisa mencegah terjadinya cidera. Cara ini dijamin ampuh kalau lo bener-bener ngelakuin dengan tepat.

 

Berjongkok lalu berdiri lagi

Cidera lutut adalah cidera yang paling ditakuti dalam olahraga. Cidera lutut dapat berakhir dengan pensiun untuk berolahraga, lutut adalah persendian utama bagian tubuh lo Urbaners. Jadi hal pertama yang harus lo liat kondisinya adalah lutut. Cara mengetahui apakah lutut lo kuat adalah dengan cara berjongkok lalu berdiri lagi.

Berjongkok akan membuat lutut lo menopang hampir seluruh berat tubuh lo. Berjongkoklah secara sempurna dengan cara meletakkan tangan lurus kedepan dan dada tegap. Setelah lo berjongkok, kemudian pelan-pelan berdiri. Ketika lo merasa capek setelah 2-3 berjongkok, lo harus melatih lutut lo secara rutin Urbaners.

 

Tekan bagian tubuh yang lemah

Cara kedua adalah lo bisa melihat apakah bagian tubuh lo yang terlihat lemah itu kuat atau tidak ketika diberi latihan fisik yang cukup kuat. Misalnya, lo ketika dominan menendang bola dengan kaki kanan, kaki kiri lo pasti bagian terlemah. Coba ambil bola baseball kemudian tekan di paha serta betis lo. Kalau merasa sakit, berarti lo harus melatih kaki kiri lo tersebut. Ini juga bisa dilakukan di bagian tangan Urbaners.

 

Rentangkan tangan

Rentangkan tangan lo keatas, lalu coba gerakan bahu memutar searah jarum jam dan sebaliknya. Gerakan bahu ini juga bisa melihat apakah bahu lo bisa bergerak secara sempurna atau tidak. Ketika lo merasa sakit atau cepat capek, ada yang salah dengan cara pemanasan lo.

Itulah 3 cara sederhana yang bisa lo lakuin buat ngurangin kemungkinan cidera ketika berolahraga ya Urbaners. Lakukan minimal 2 minggu sekali untuk tubuh sehat dan bebas cidera.

 

Source: askmen.com , www.2gb.com;

 

 

Comments
AGUS NAWING
Keren banget
KARYADI
Tekan bagian tubuh yang lemah