Trending
Jumat, 11 Desember 2015

Bukan Sekedar Marathon Biasa

  • Share
  • fb-share
Bukan Sekedar Marathon Biasa

Seperti namanya, ultramarathon adalah lari yang mempunyai jarak lebih dari 42 km. Marathon sendiri adalah lari yang mempunyai jarak 42 km pas. Sebagai bayangan, lo bisa berlari dari Depok ke Bogor.

Untuk rekor dari lari ultramarathon 50 km, dipegang oleh pelari dari Afrika Selatan yaitu Thompson Magawana. Dia mendapatkan waktu 2:43:48 detik dan itu adalah waktu tercepat untuk ultramarathon 50 km.

 

Kenapa ultramarathon ada?

Manusia ini nggak pernah puas. Dengan yang dia punya sekarang, mereka minta lebih. Lari marathon ini sebenarnya adalah olahraga resmi yang diselenggarakan setiap olimpiade. Bahkan marathon adalah salah satu olahraga paling tua di dunia. Jarak tempuh 42 km ternyata jarak yang terlalu dekat, mereka membutuhkan jarak yang lebih jauh.

Akhirnya tercetuslah lari ultramarathon sejauh 50 km, langsung beratus pelari ikut serta. Setelah ultramarathon sukses, jaraknya nambah lagi. Lari ultramarathon paling jauh adalah 100 miles atau 160 km.

 

Di dunia ada 500 event ultramarathon diadakan setiap tahun

Ultramarathon sekarang tidak hanya sebagai acara lari tahunan yang harus diikuti. Beberapa pelari bahkan mengikuti 2 kali ultramarathon setiap bulannya. Total, menurut International Association of Ultrarunners (IAU) ada 500 event ultramarathon diadakan setiap tahunnya. Jumlah tersebut termasuk sedikit lho Urbaners, karena total 500 event diadakan di seluruh dunia.

Ultramarathon yang paling ekstrem diadakan di Antartika. Untuk ikut ke Antartika, setidaknya lo harus mengeluarkan kocek sebesar 14 ribu dolar atau sekitar 140 juta hanya untuk transportasi.

 

Lari selama 5 hari penuh!

Tidak kalah ekstremnya dengan lari di Antartika, Yiannis Kouros dari Yunani ini berlari sejauh 1038 km selama 5 hari penuh!

Yiannis adalah pelari marathon profesional yang sekarang sudah berumur 59 tahun. Ketika berlari sejauh 1038 km tersebut, dia berlari dari Sydney ke Melbourne pada tahun 1991 hanya dalam kurun waktu 5 hari 2 jam 27 menit. Rekor tersebut sampai sekarang masih bertahan, Terakhir Sydney to Melbourne Ultramarathon dilakukan pada tahun 1991, Bryan Smith mampu finish setelah berlari selama 6 hari.

Ultramarathon di Indonesia yang barusan diselenggarakan adalah Samosir Lake Toba Ultra. Diselenggarakan 20 September 2015 kemarin, setidaknya 1500 partisipan dari seluruh dunia turut ikut serta.

 

Source: Wikipedia.org, xtremesport4u.com

Comments
Jonas
bagus sekali
EDI SASONO
Lari selama 5 hari penuh!