Trending
Kamis, 04 Februari 2016

Fantasy Sports, Bentuk Tim Impian dari Atlet Sungguhan

  • Share
  • fb-share
Fantasy Sports, Bentuk Tim Impian dari Atlet Sungguhan

Berolahraga memang membawa banyak manfaat bagi tubuh, tapi siapa sangka bahwa melakukannya di dunia maya juga nggak kalah menyenangkan? Salah satu yang sedang booming pada beberapa waktu belakangan ini adalah fantasy sports. Jenis olahraganya pun beragam, lo bisa memilih sesuai dengan favorit lo. Sebelum lo cabut untuk memainkan fantasy sports, ada beberapa hal yang harus lo tahu tentang “olahraga” satu ini.

 

Atlet Nyata di Dunia Maya

Di Fantasy Sports ini lo nggak berperan sebagai seorang atlet terkenal. Justru Sebaliknya, lo diperkenankan untuk memilih atlet nyata dalam sebuah proses seleksi online untuk membentuk tim impian lo. Asyiknya, kompilasi statistik asli dari atlet-atlet tersebut juga bakal ditunjukkan. Jadi, lo bakal memilih atlet berdasarkan statistik tersebut. Nantinya, lo bisa membandingkan tim olahraga mana yang memiliki kualitas paling baik.

Untuk mengecek keadaan tim impian, lo bisa menggunakan beragam situs web atau aplikasi mobile. Dua situs web yang cukup populer adalah DraftKings dan FanDuel. Ada beberapa pemain yang bersatu dengan teman-teman mereka untuk bersaing melawan orang-orang yang mereka kenal pula. Beberapa pemain lainnya memilih untuk bergabung dengan orang-orang yang nggak mereka kenal melalui situs web tertentu untuk melawan tim fantasi dari pemain asing.

 

Banyak Dimainkan Remaja

Jika fantasy sports mungkin belum terlalu booming di Indonesia, nggak begitu halnya dengan Amerika. Ada sekitar 56 juta orang yang memainkan fantasy sports di Amerika Utara. Sepuluh juta di antaranya merupakan kaum remaja. Dan ternyata fantasy sports lebih banyak dimainkan oleh orang-orang dari kalangan menengah ke atas. Sebanyak 16% pemain fantasy sports memiliki penghasilan sebanyak $50,000 atau lebih. Sedangkan, hanya ada 10% pemain yang berpenghasilan kurang dari jumlah tersebut.

 

Bisnis Milyaran Dolar

Awalnya, fantasy sports dimainkan atas dasar senang-senang. Permainan tersebut masih menyenangkan, tentu aja, tetapi kini ia telah menjadi sebuah bisnis bernilai milyaran dolar. Setiap tahunnya, fantasy sports bisa meraup keuntungan hingga $1.5 milyar. Mayoritas pemasukan datang dari iklan yang ada pada situs web. DraftKings dan FanDuel, misalnya, telah mendapat $300 juta dari para investor-investor terkenal, seperti Major League Baseball dan National Basketball Association.

Meski terdengar menyenangkan, sayangnya maih ada beberapa negara yang melarang fantasy sports dimainkan oleh penduduknya. Mereka adalah Arizona, Iowa, Louisiana, Montana, dan Washington. Tetapi, Fantasy Sports Trade Association sedang melakukan proses lobbying untuk mengubah peraturan di negara-negara tersebut.

 

 

Source: money.cnn.com

Comments
Muntakhimah
Mantap ternyata
ERRI HARI WULANDARI
Bisnis Milyaran Dolar