Trending
Jumat, 13 Mei 2016

Ini Adalah Meja Ping Pong Masa Depan

  • Share
  • fb-share
Ini Adalah Meja Ping Pong Masa Depan

Memasuki era digital, sepertinya hampir semua hal mengalami upgrade agar dapat  menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Kali ini, seorang desainer bernama Thomas Mayer menciptakan meja ping pong super canggih yang bakal menggantikan meja ping pong konvensional pada masa depan. Lo bisa melacak pergerakan bola, track record lawan pemain, dan sebagainya. Nggak ada lagi alasan untuk kalah main ping pong, deh, Urbaners. 

 

Meja Ping Pong Paling Interaktif

Semakin berkembangnya teknologi, jangan heran kalau lo bakal semakin sering menemukan kata “interaktif” pada berbagai fitur. Kini giliran meja ping pong yang di-upgrade agar nggak kalah canggih dengan barang-barang lain. Kalau dilihat sekilas, meja ping-pong buatan Thomas Mayer ini mungkin nggak jauh beda dari meja-meja ping-pong konvensional lain, tapi pria tersebut sebenarnya sudah menambahkan seperangkat kamera PlayStation Eye dan proyektor.

Kedua fitur tersebut membuat tampilan meja ping-pong jadi interaktif. Meja ini bisa menampilkan profil masing-masing pemain, track record permainan ping-pong lo, bahkan melacak pergerakan bola. Agar bisa beroperasi, Mayer pun memasang alat bernama Near-Field Communication (NFC) reader pada meja, nggak ketinggalan seperangkat chipset yang dipasang pada pemukul bola ping pong. Saking interaktifnya, bisa-bisa lo nggak bakal mau berhenti main ping pong!

 

Hasil dari Penulisan Tesis

Sebenarnya, ide brilian tentang meja ping pong interaktif ini digunakan oleh Mayer untuk menggarap tesisnya. Tujuannya adalah untuk memberikan visualisasi data pada pemain ping pong. Setelah beberapa minggu pengerjaan, ia mulai mengembangkan tampilan interface untuk diproyeksikan pada meja ping pong. Mayer yakin banget bahwa karyanya ini bakal benar-benar mengubah pengalaman bermain ping pong secara keseluruhan.

Di kantornya, Mayer sudah mengatur sebuah meja ping pong yang dikelilingi oleh banyak perangkat teknologi. Ia beberapa kali mengadakan tes agar prototype meja ping pong yang ia ciptakan bisa bekerja dengan baik. Mayer bahkan sempat meminta beberapa orang untuk bermain ping pong menggunakan mejanya. Percobaan Mayer tersebut nggak sia-sia karena prototype meja ping pongnya berhasil bekerja dengan lancar selama dipamerkan pada suatu acara exhibition.

Seru juga ya Urbaners. Setelah ini, inovasi apa lagi yang bakal muncul untuk menyaingi meja ping pong interaktif tersebut? Bukan nggak mungkin kalau lama-lama aktivitas lo bakal diambil alih oleh robot dan kita cuma tinggal mengeluarkan perintah.

 

 

Sources: hypebeast.com, teknologi.inilah.com, thomas-mayer.de

Comments
Sukamto
Wah keren ini
John Hutabarat
keren nih bro