Home Sport Kejadian Penting Di Olimpiade Rio yang Wajib Lo Simak

Kejadian Penting Di Olimpiade Rio yang Wajib Lo Simak

Monday, August 15, 2016 - 18:46
Bagikan
Facebook Twitter Email

Olimpiade Rio 2016 memang udah dimulai beberapa waktu yang lalu. Menariknya, banyak peristiwa mencengangkan yang menimbulkan beragam masalah sebelum dimulainya kompetisi 4 tahunan ini. Mulai dari virus Zika yang menyebabkan banyak atlet mengundurkan diri untuk ikut dalam ajang ini, hingga atlet-atlet yang tersandung skandal doping. Apa saja peristiwa dibalik Olimpiade Rio 2016 ini? Simak yang ini ya, Urbaners!

Teror virus Zika

Masih ingat dengan persebaran virus Zika secara global yang sempat bikin heboh jagad raya? Isu berkembangnya virus Zika di Brazil menjadi salah satu penghalang besar yang menghambat penyelenggaraan Olimpiade Rio 2016. Mulai dari banyak atlet yang mengundurkan diri untuk turut serta dalam ajang ini, termasuk pegolf terbaik dunia, Jason Day, hingga awak media yang juga kabur dari tugas mereka untuk meliput, virus Zika jadi teror terbesar hingga banyak yang mengusulkan untuk mengundur jadwal pertandingan hingga pembatalan Olimpiade untuk mencegah persebaran virus ini. Nyatanya, meski isu Zika hangat diperbincangkan, pertandingan masih terus dilakukan.

Kesiapan tuan rumah

Dunia juga sempat meragukan kesiapan tuan rumah Brazil dalam ajang besar ini. Menurut banyak berita yang beredar, Brazil masih belum terlalu siap. Mulai dari venue yang baru setengah jadi, infrastruktur yang hancur perlahan, hingga sarana menginap atlet yang masih jauh dari kata memadai. Menariknya, masalah-masalah tersebut nggak jadi persoalan yang berarti bagi pemerintah Brazil.

Skandal Doping Tim Rusia

Seperti cerita drama yang punya banyak kisah dan kesah, skandal doping tim Rusia juga jadi perhatian yang lebih di Olimpiade Rio 2016. Berkat kepemimpinan Vladimir Putin yang “menghalalkan segala cara”, tim Olimpiade dari Rusia kehilangan lebih dari 100 atlet setelah didiskualifikasi karena melanggar peraturan anti-doping dari komite Olimpiade.

Michael Phelps ikut tanding

Raja Olimpiade kembali bertanding. Salah satu atlet terbaik sepanjang sejarah Olimpiade, Michael Phelps, berencana untuk menutup karirnya dengan membawa pulang gelar juara di Rio. Saat ini Phelps memegang rekor 18 emas di ajang ini. Akan sangat menarik apabila Phelps bisa menambah atribut di jubah kemenangannya yang telah penuh penghargaan.

Menarik untuk diikuti, Urbaners. Yang jelas, meski banyak kejadian buruk yang terjadi di Olimpiade Rio 2016, kita berdoa saja semoga lancar dan atlet Indonesia yang tampil di sana juga membawa pulang gelar juara.

 

Source: rollingstone.com