Home Sport Olimpiade 2016 Resmi Ditutup, Amerika Serikat Jadi Juara Umum

Olimpiade 2016 Resmi Ditutup, Amerika Serikat Jadi Juara Umum

Monday, September 5, 2016 - 15:49
Bagikan
Facebook Twitter Email

Beberapa waktu yang lalu, Olimpiade Rio de Janeiro 2016 akhirnya resmi ditutup. Pesta olahraga tertinggi di dunia kali ini memang memberikan banyak kisah dan cerita yang menarik. Pesta penutupan yang dilaksanakan di Stadion Maracana pun berlangsung sangat meriah. Untuk tahun ini, predikat juara umum berhasil dipertahankan oleh Amerika Serikat.

 

Dijuarai Amerika Serikat

Olimpiade Rio 2016 secara resmi ditutup pada tanggal 21 Agustus lalu waktu setempat. Amerika Serikat tahun ini berhasil keluar sebagai juara umum di ajang olahraga paling besar di dunia. Hingga semua pertandingan selesai, Amerika Serikat berhasil menggondol total 121 keping medali dari berbagai ajang. Phelps dan rekan-rekan senegaranya berhasil membawa 46 medali emas, 37 perak, dan 38 perunggu. Tentu, hasil ini sulit dikejar oleh 205 kontingen peserta Olimpiade lainnya.

Sementara itu, di urutan kedua ada Inggris Raya yang berhasil mengumpulkan 27 medali emas, 23 perak dan 17 perunggu. Inggris berhasil mengalahkan runner up Olimpiade 2012 sebelumnya, Tiongkok, yang hanya berhasil membawa pulang 26 medali emas, 18 perak, dan 26 perunggu sehingga harus puas berada di urutan ketiga puncak klasemen. Brazil sebagai tuan rumah hanya berhasil duduk di urutan ke 13 dengan 7 emas, 6 perak, dan 6 perunggu.

 

Indonesia harus puas di peringkat 46

Bagaimana dengan Indonesia? Kontingen Merah Putih tampaknya harus puas duduk di posisi 46 dengan perolehan satu emas dan dua perak saja. Medali emas disumbangkan oleh pasangan bulu tangkis di kategori ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, yang berhasil kalahkan Malaysia di final. Sedangkan dua perak berasal dari cabang angkat besi, dengan masing-masing disumbangkan oleh Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni Agustiani.

Michael Phelps adalah atlet yang paling sukses di ajang empat tahunan ini. Dia berhasil membawa pulang lima medali emas dan 1 medali perak. Di cabang yang sama, Katie Ledecky yang juga berasal dari Amerika Serikat, berhasil membawa pulang 4 emas dan satu perak. Sedangkan urutan ketiga, juga dari Amerika Serikat, ada Simone Biles dari cabang senam artistik yang berhasil meraih empat emas dan satu perunggu.

Sukses terus, Amerika Serikat. Buat atlet Indonesia, jangan mau kalah. Yuk lanjutkan tradisi emas di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Semangat!

 

Source: detik.com, liputan6.com