Home Sport Indo Sweatcamp, Pelopor Masyarakat Cinta Keringat

Indo Sweatcamp, Pelopor Masyarakat Cinta Keringat

Wednesday, November 16, 2016 - 10:19
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kalau lo setiap Minggu pagi main ke Taman Kerinci, Kebayoran Baru, lo pasti ketemu dengan komunitas ini. Indo Sweatcamp namanya. Komunitas ini, sesuai namanya, mengajak masyarakat untuk cinta keringat. Bersama komunitas ini, masyarakat diajak untuk sadar akan pentingnya berolahraga untuk kebugaran tubuh. Lantas, bagaimana komunitas ini melakukan hal tersebut?

 

Berawal dari perkumpulan pengguna aplikasi olahraga

Komunitas Indo Sweatcamp adalah komunitas yang dibentuk oleh 4 orang: Opaz, Kris, Andien, dan Ippe yang sama-sama antusias dalam berolahraga. Mereka ingin membangun sesi olahraga bersama yang dikemas dengan cara menarik dan menyenangkan. Hasilnya pun luar biasa. Hingga saat ini sudah ada 1.000 anggota yang tersebar di lebih dari 10 kota besar di Indonesia.

Awalnya, di tahun 2014, empat orang pendiri komunitas tersebut berlatih menggunakan aplikasi bernama Freelethics. Karena sama-sama ingin sesuatu yang lebih, keempatnya kemudian mengembangkan gerakan nggak cuma dari aplikasi tersebut, tetapi juga gerakan olahraga lainnya.

Mereka mengombinasikan latihan Cardio, Strength, dan Core untuk membuat latihan yang menyenangkan sekaligus memberikan dampak positif bagi tubuh dan pikiran para peserta. Menariknya, bila anggota sudah hafal dengan gerakan-gerakan latihan, mereka bisa melakukannya sendiri di rumah. Yang penting niat, begitu inti dari latihan ini.

 

Saling semangati satu sama lain

Setidaknya seminggu dua kali komunitas ini mengadakan latihan bersama, yakni hari Rabu pukul 19.30-21.00 di area Pintu 8 GBK, dan Minggu 08.00-10.00 di Taman Kerinci, Kebayoran Baru. Dalam setiap latihan selalu dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama fokus kepada Cardio, kedua Strength, dan ketiga baru Core.

Yang jadi keunggulan komunitas ini dibanding komunitas olahraga lain adalah pemberian semangat antar anggota satu sama lain. Misalnya, terlihat ada anggota yang patah semangat karena terlalu lelah, anggota yang lebih senior akan menyemangati mereka. Hal tersebut berkaitan dengan tujuan komunitas ini yang memang untuk berolahraga sama-sama dan saling menyemangati satu sama lain.

Menarik bila melihat aktivitas komunitas yang saling mendukung ini. Apakah komunitas lo juga saling mendukung antar anggota juga? Kenalkan komunitas lo di MLDSPOT Content Hunt 2016. Info lengkapnya, silahkan lihat di sini.