Home Sport Menantikan Kiprah Indonesia di Futsal Piala AFF 2016

Menantikan Kiprah Indonesia di Futsal Piala AFF 2016

Wednesday, January 25, 2017 - 11:15
Bagikan
Facebook Twitter Email

Tim nasional (timnas) futsal Indonesia sudah melakoni AFF Futsal Championship pada bulan Oktober 2016 kemarin di Thailand. Tetapi karena Raja Bhumibol dari Thailand meninggal dunia, akhirnya Futsal Piala AFF 2016 harus ditunda. Masih di tempat yang sama, Futsal Piala AFF 2016 akan dimulai pada tanggal 23-29 Januari 2017 mendatang. Ini adalah turnamen pertama Indonesia setelah tahun 2015 kemarin Indonesia di banned FIFA.

 

Ini Adalah Pembuktikan Timnas Futsal Indonesia

Timnas futsal Indonesia mempunyai kiprah yang lebih baik dari timnas sepak bolanya. Timnas futsal Indonesia berhasil menjadi juara satu kali dari 12 kali perhelatan Futsal Piala AFF ini, sedangkan 11 juara lainnya didapatkan oleh Thailand. Indonesia pernah menjadi juara Futsal Piala AFF pada tahun 2010, di mana Indonesia mengalahkan Malaysia 5-0 pada babak final.

Keikutsertaan timnas futsal Indonesia terakhir di tahun 2014 sebenarnya nggak terlalu buruk, Urbaners. Mereka duduk di peringkat keempat setelah kalah adu penalti melawan Vietnam. Tetapi di fase grup, Indonesia perkasa dengan mengalahkan Australia dan hanya kalah tipis 1-0 di semifinal dari Thailand. Jadi, bisa dibilang Futsal Piala AFF 2016 ini menjadi ajang pembuktian timnas futsal Indonesia.

 

Persiapan Matang dan Lawan Berat Hanya Thailand

Pada Futsal Piala AFF 2016 ini ada tim yang mundur karena masalah internal, yakni timnas Singapura dan Vietnam. Kedua timnas tersebut bisa menjadi batu sandungan bagi timnas Indonesia, jadi absen keduanya sangat menguntungkan Indonesia. Praktis saingan Indonesia hanya Thailand, Malaysia, dan Myanmar yang menunjukkan grafik meningkat.

Selain itu, ada faktor persiapan matang di timnas futsal Indonesia. Para pemain futsal timnas ini sudah berkumpul sejak bulan September 2016 kemarin. Bahkan pemain futsal Indonesia ini sudah melakukan pertandingan uji coba di Tiongkok.

Semoga ada kabar bagus nantinya di ajang yang dihelat setiap tahun ini. Gelar juara akan menjadi gelar pertama Indonesia setelah di-banned FIFA.

 

Source: bolalob.com