Trending
Kamis, 30 Maret 2017

Amerika Serikat Sukses Raih Gelar World Baseball Classic untuk Pertama Kalinya

  • Share
  • fb-share
Amerika Serikat Sukses Raih Gelar World Baseball Classic untuk Pertama Kalinya

World Baseball Classic (WBC) mulai diselenggarakan pada tahun 2006 dan Jepang sukses mendominasi dengan dua gelar juara, diikuti Republik Dominika dengan satu gelar. Di artikel sebelumnya, pernah dibahas bahwa Amerika Serikat nggak pernah sekalipun menang WBC, padahal Amerika Serikat sangat perkasa dengan MLB-nya. Nah, rekor tersebut akhirnya pecah di tahun 2017 ini. Bermain final di kandang sendiri, Amerika Serikat sukses melibas Puerto Rico 8-0.

 

Amerika Serikat tampil mengecewakan di babak penyisihan

Amerika Serikat lolos ke WBC 2017 karena lolos ke babak final pada WBC 2013. Pada WBC 2017, Amerika Serikat satu grup dengan Republik Dominika, Kolombia, dan Kanada. Bertindak sebagai tuan rumah, Amerika Serikat tampil mengecewakan. Bermain melawan Kolombia, Amerika Serikat harus bermain sampai inning ke 10 sebelum menang 3-2. Bahkan saat melawan Republik Dominika, Amerika Serikat harus kalah 7-5. Untungnya pada pertandingan terakhir, Amerika Serikat menang 8-0 atas Kanada dan berhak maju ke final grup.

Lagi-lagi, Amerika Serikat bermain di bawah performa. Menang melawan Venezuela, Amerika Serikat harus kalah 5-6 dari Puerto Riko dan lagi-lagi menang di babak terakhir atas Republik Dominika yang sebelumnya menang di fase grup. Dengan begini, Amerika Serikat berhak masuk ke semifinal. Di semifinal, Amerika Serikat dengan perkasa mengalahkan Jepang 2-1.

 

Di final Amerika Serikat tampil terlalu kuat

Melawan Puerto Rico yang pada saat babak final grup tampil mengesankan ternyata nggak membuat Amerika Serikat gugup. Membawa mayoritas pemain muda, Amerika Serikat malah tampil tanpa beban. Eric Hosmer dan Marcus Stroman menjadi pemain kunci di pertandingan pagi tadi (23/3). Sebagai pitcher, Stroman berhasil mengunci para pemain Puerto Rico yang ahli dalam bola-bola tinggi.

Kemenangan 8-0 ini membuat Amerika Serikat pecah gelar. Gelar dunia terakhir yang didapatkan oleh Amerika Serikat adalah pada tahun 2007 saat mengalahkan Kuba. Dengan begini, lengkap sudah gelar Amerika Serikat sebagai negara terbaik dalam olahraga baseball.

Comments
Ardi Widisetiawan
Sekelas Amerika, ini baru pertama kali 😧
sumardiyono
wow keren bro...