Trending
Rabu, 05 April 2017

Vinales Juara Saat Debut Bersama Yamaha

  • Share
  • fb-share
Vinales Juara Saat Debut Bersama Yamaha

Seperti mimpi. Begitulah curahan hati Maverick Vinales usai menjuarai MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, 27 Maret 2017 lalu. Bagaimana tidak Vinales yang start paling depan mendapat podium pertama. Ini jadi prestasi tersendiri buat debutnya bersama Yamaha Movistar.

Padahal, seperti lo tahu dalam MotoGP Qatar kali ini, banyak rintangan yang mesti dihadapinya seperti tidak adanya kualifikasi dan penundaan jam lomba. Namun, Vinales selalu menjadi yang terdepan. "Ini sangat menyenangkan, mendapatkan hasil baik bersama tim Yamaha mendapatkan pole position, dan memenangkan lomba. Ini seperti mimpi, dan saya tidak bisa bertanya lagi," kata Vinales.

Balapan seri pertama MotoGP musim ini di Sirkuit Losail, Qatar dimulai setelah 45 menit ditunda karena hujan. Vinales memulai lomba dengan posisi kurang meyakinkan. Dia sempat tercecer di posisi keenam, tetapi dia berhasil bangkit.

Pembalap Monster Yamaha Tech 3 Johann Zarco langsung memimpin begitu balapan. Marc Marquez (Repsol Honda) menyusul di belakangnya diikuti Andrea Iannone (Suzuki Ecstar).

Zarco sempat menjauh di depan, sementara itu Iannone bersaing ketat dengan Marquez. Di belakang rombongan depan, Valentino Rossi (Yamaha Movistar) dan Dani Pedrosa (Repsol Honda) berebut posisi enam. Tapi, sayang Zarco  pada lap ke-6 terjatuh. Andrea Dovisiozo (Ducati) yang sebelumnya sudah sudah melewati Innone dan Marquez mengambil alih pimpinan balap.

Sementara itu, Vinales  perlahan tapi pasti terus menyodok. Pembalap muda ini sampai bisa bertarung dengan Marquez dan Iannone, berebut posisi dua. Vinales akhirnya bisa mendapat posisi dua. Pertarungan Vinales dan Dovizioso berlangsung hingga sampai putaran terakhir. Vinales akhirnya finish pertama diiukuti Dovizioso dan Rossi.

Bagi pembalap berusia 22 tahun tersebut, pencapaian gemilang dalam debut bersama Yamaha tidak lepas dari kinerja tim. Dia bisa mendapatkan racikan motor yang pas, sehingga tampil maksimal. "Saya sangat puas dan tim telah melakukan kerja yang bagus," kata pembalap asal Spanyol itu, “Akhirnya kami memenangkan pertarungan dan saya bahagia dengan Yamaha, dan saya harus mengucapkan terima kasih kepada tim karena kerja mereka yang bagus."

Selain prestasi mengagumkan di seri perdana MotoGP, Vinales juga menorehkan catatan cukup baik. Dia menjadi pembalap kelima yang memenangi balapan dengan pabrikan berbeda (Ducati-Yamaha), setelah Rossi (Honda-Yamaha), Max Biaggi (Yamaha-Honda), Casey Stoner (Ducati-Honda) dan Dovizioso (Honda-Ducati).

Urbaners, Vinales lahir di kota Figueres Spanyol pada tanggal 12 Januari 1995. Prestasinya di kejuaraan motorsport roda dua telah nampak sejak usia 12 tahun saat ia menjuarai seri 125 cc Catalan Champion untuk pertama kalinya.

Vinales resmi bergabung dengan Movistar Yamaha MotoGP untuk musim 2017-2018. Rider yang mempunyai julukan Top Gun ini berhasil mencatatkan hasil impresif pada pengujian hari pertama di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

 

 

Source: Kompas.com

Comments
Mursidin
Keren banget
Epul Saepuloh
Thanks infonya