Trending
Selasa, 16 Mei 2017

Melihat Cara Latihan Sang Juara Tinju Dunia, Anthony Joshua

  • Share
  • fb-share
Melihat Cara Latihan Sang Juara Tinju Dunia, Anthony Joshua

Salah satu highlight olahraga akhir bulan April lalu adalah Anthony Joshua yang mengalahkan Wladimir Klitschko dalam pertarungan tinju perebutan gelar WBA. Joshua yang sekarang baru berumur 27 tahun berhasil menjatuhkan Klitschko pada ronde ke-11 dan menjadi idola baru masyarakat Inggris.

Joshua bukan petinju sembarangan. Berhasil menyumbangkan medali emas pada Olimpiade 2012 lalu, Joshua nggak pernah sekali pun kalah dari 19 kali pertandingan tinju yang dilakoninya. Bagaimana bisa? Apa saja latihan yang dilakukan oleh Joshua?

 

Makan Secara Pas

Joshua mengatakan setiap atlet setidaknya harus makan 5000 kalori setiap hari. Ini dilakukan agar kalori yang terbuang pada saat latihan ini tergantikan. Ketika berlatih, Joshua selalu makan sesuai dengan jumlah nutrisi yang disarankan oleh sang ahli gizinya. Jika nggak berlatih, Joshua mengambil diet dengan hanya makan 2 kali sehari.

 

Tidur Cukup

Sebagai petinju profesional, tentu nggak ada yang dilakukan Joshua selain berlatih dan berlatih. Ketika latihan, sehari-hari Joshua bangun jam 6:30 kemudian berlatih sampai pukul 8 pagi. Setelah itu, Joshua istirahat dan tidur di siang hari. Pada sore hari, dia berlatih kembali sampai malam hari. Di malam hari, Joshua nggak pernah sekali pun tidur lebih dari jam 8 malam.

“Tidur adalah meditasi untuk menyembuhkan otot setelah berlatih,” ujar Joshua.

 

Berlatih Seperti Layaknya Pertandingan

Membangun mental bertanding memang sangat diperlukan. Salah satu cara yang dilakukan Joshua adalah mempersiapkan tubuh persis layaknya pada saat pertandingan. Joshua berlari sejauh 900 meter selama 3 menit, kemudian istirahat 1 menit, dan mengulangi lagi sampai 10-15 kali. Ini dilakukan agar tubuhnya terbiasa dengan jumlah ronde di dalam pertandingan tinju.

 

Mendengarkan Musik

Joshua berusaha fokus ketika berlatih dengan cara mendengarkan musik. Ini dilakukan agar dirinya merasa rileks dan nggak bosan ketika berlatih. Musik dari Jay Z, Adele, 50 Cent dan Survivor menjadi pilihan dari Joshua.

Sekarang Joshua menatap masa depan tinju profesional dengan cerah. Pertarungan besar menanti dirinya. Di usia emas, Joshua setidaknya masih bisa bertanding hingga 10-15 tahun lagi.

 

Source: fashionbeans.com

Comments
Sandi Widiyantoro
Formula yang pas kuncinya
DENNY ADHY NUGROHO
Makan Secara Pas