Trending
Senin, 05 Juni 2017

Catalunya Hapus Umbrella Girls MotoGP?

  • Share
  • fb-share
Catalunya Hapus Umbrella Girls MotoGP?

Keberadaan gadis-gadis pembawa payung atau yang lebih dikenal dengan umbrella girls memang selalu menjadi pemanis di setiap kejuaraan balap. Apalagi di ajang MotoGP.

Kehadiran grid girls seakan menjadi penyejuk hati di tengah panasnya suasana lomba. Namun, bagi Urbaners yang suka memperhatikan keberadaan gadis-gadis cantik pembawa payung ini bersiaplah untuk kecewa.

Sebuah partai politik di Catalunya, Iniciativa per Catalunya Verds (ICV) sedang membuat proposal terkait keberadaan umbrella girls. Mereka mendesak pemerintah Spanyol menghapus keberadaan wanita seksi berpayung dari MotoGP Spanyol.

Dilansir Motorsport, ICV tidak meminta melarang penuh keberadaan umbrella girls. Tetapi ingin menerapkan beberapa kebijakan terutama kode berpakaian dan normalisasi gender dengan penambahan grid boys alias umbrella boy.

ICV beralasan peran dari umbrella girls sudah tidak sesuai dengan kebutuhan di abad ke-21. Apa yang muncul di sirkuit saat ini adalah mereka lebih sebagai objek seksual dan ornamen hiasan semata.

"Peran umbrella girls saat ini di Sirkuit Catalunya tak cocok dengan abad ke-21, dari masyarakat yang bertujuan modern dan egaliter. Apa yang dilakukan gadis payung adalah mengobjektifikasi perempuan, menjadikan perempuan hanya sebagai objek dan ornamen dari situasi tersebut," ungkap juru bicara ICV Jordi Manils.

ICV telah melayangkan surat permintaan tersebut kepada Dewan Kota Montmelo, Spanyol. Jika desakan dikabulkan, bukan tak mungkin penghapusan umbrella girls diikuti penyelenggara Moto GP di negara lain. Sebab, bukan kali ini saja ada desakan semacam itu.

Selain ICV, organisasi lain yaitu Ganamos Jerez mengajukan permintaan serupa. Organisasi yang concern terhadap isu feminisme itu mengajukan keberatan karena menganggap adanya  eksploitasi tubuh wanita dalam arena balapan. Apalagi, mereka menilai keindahan tubuh para umbrella girls ini tidak ada kaitannya dengan balapan.

Kemunculan para umbrella girls sebenarnya memang merupakan alat promosi atau taktik marketing dari penyelenggara lomba. Tujuannya, tak lain ialah demi menarik lebih banyak penonton.

Berawal dari 1960-an, menurut sejarahnya, umbrella girls zaman dulu adalah orang-orang terdekat dari sang pembalap yang bersangkutan. Entah dia istri atau pacar si pembalap. Awalnya umbrella girls memang memiliki hubungan dekat dengan si pembalap.

Dalam perkembangannya, muncul ide untuk mengkomersialisakan hal ini. Gadis-gadis sengaja direkrut untuk menjadi umbrella girls. Biasanya mereka yang direkrut adalah model yang memilki wajah rupawan dan tubuh aduhai.

Bagaimana jadinya apabila aksi umbrella girls dihapuskan? Apakah hal ini akan mengurangi daya pikat balapan MotoGP? Apakah kehadiran mereka benar-benar perlu dihapuskan? Bagaimana menurut Urbaners.

 

 

Source: Kompas.com, motogp.com

Comments
Ardi Widisetiawan
Biar apa cewek pake baju super ketat dan sexy gitu?
KARYADI
Dalam perkembangannya, muncul ide untuk mengkomersialisakan hal ini. Gadis-gadis sengaja direkrut untuk menjadi umbrella girls. Biasanya mereka yang direkrut adalah model yang memilki wajah rupawan dan tubuh aduhai.