Home Sport Thailand Tuan Rumah MotoGP 2018, Indonesia Kapan?

Thailand Tuan Rumah MotoGP 2018, Indonesia Kapan?

Thursday, June 15, 2017 - 17:13
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kabar buruk untuk Indonesia, terutama buat Urbaners yang hobi nonton ajang balap motor paling bergengsi, MotoGP. Indonesia gagal menjadi tuan rumah karena sirkuit yang ada di tanah Air belum memenuhi kriteria.

Sebaliknya, Thailand merebut jatah tuan rumah MotoGP milik Indonesia yang disediakan Dorna selaku EO MotoGP untuk musim 2018. Seperti dilansir Bangkok Post, Komite Olahraga Thailand (SAT) memastikan bakal menggelar MotoGP pada 5-7 Oktober 2018 di Sirkuit Internasional Buriram. MotoGP Thailand rencananya berlangsung sebelum GP Jepang, Australia dan Malaysia.

Keberhasilan Negeri Gajah Putih menjadi tuan rumah MotoGP tak didapat dengan mudah. Usaha sungguh-sungguh mereka dalam membenahi sirkuit dan sarana pendukung akhirnya mendapat pengakuan dari Dorna.

Kebenaran berita ini memang belum dikonfirmasi Dorna. Hingga kini, pihak Dorna belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait agenda MotoGP 2018. Namun, pihak SAT yakin perusahaan asal Spanyol itu akan mengeluarkan pernyataan resmi dalam waktu dekat.

Dengan ditandatanganinya kesepakatan ini maka pada musim 2018, balapan motoGP akan bertambah menjadi 20 seri dengan tambahan tiga tuan rumah baru yakni Thailand, Kazakstan dengan Sirkuit Sokol, dan KymiRing di Finlandia.

Sekarang saja tanpa tambahan tiga tuan rumah tersebut, MotoGP 2017 sudah ada 18 seri. Apabila benar ada tambahan 3 tuan rumah baru, berarti ada tuan rumah MotoGP 2017 yang dicoret. Besar kemungkinan adalah Jerez Spanyol yang habis kontraknya.

Jika pernyataan SAT benar, maka Thailand akan menjadi negara ketiga asal Asia Tengggara yang pernah jadi tuan rumah MotoGP setelah Malaysia dan Indonesia. Namun sejak 1997, Malaysia menjadi satu-satunya tuan rumah MotoGP di Asia Tenggara.

Terus Indonesia kapan? Sepertinya tidak dalam waktu dekat. Terakhir, Indonesia dilaporkan membuat sirkuit baru di Palembang untuk MotoGP, setelah sebelumnya berencana menggunakan Sirkuit Sentul. Urbaners tunggu saja, Indonesia pasti mampu menggelar balapan motor paling bergengsi ini.

 

Source: Cnnindonesia.com