Trending
Selasa, 01 September 2020

5 Hal Mendasar yang Perlu Lo Perhatikan Saat Pilih Sepeda Lipat

  • Share
  • fb-share
5 Hal Mendasar yang Perlu Lo Perhatikan Saat Pilih Sepeda Lipat

Tren gowes di fase new normal ini dibangun dari mereka yang hobi bersepeda, dan tetap berani menjalankan hobinya walau keadaan sudah berubah tidak seperti semula. Apakah lo adalah salah satu dari mereka yang sekarang tetap menjalani hobi gowes ini?

Ada sebuah kemungkinan kalau tren gowes ini juga dikarenakan oleh munculnya sepeda lipat dengan harga yang konon katanya overprice tapi akhirnya banyak juga yang punya. Apalagi kalau bukan Brompton. Tapi terlepas dari apa merk sepeda yang lo punya, yang penting gowes tetap jalan terus, bro!

Bicara soal sepeda, sepeda lipat memang sekarang lagi naik daun terus. Kebutuhan terus ada dan bahkan mereka yang berbisnis jual beli sepeda, sampai kewalahan untuk menyediakan pesanan sepeda lipat yang banyak orang minta.

Memangnya kenapa sih dengan sepeda lipat? Pertama, lo memang akan kelihatan keren dan kekinian, bro. Lalu, secara fungsi sepeda lipat jadi alat olahraga yang cukup aman di kondisi seperti ini, lagipula karena bisa dilipat, sepeda lipat jadi alat yang cukup praktis buat berolahraga.

Eits, sudah kepikiran mau punya satu? Kalau iya, lo sudah berada di halaman artikel yang tepat di mana di bawah ini, akan dibahas bagaimana cara memilih sepeda lipat yang cocok buat lo. Penasaran bagaimana caranya? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

5 Cara Pilih Sepeda Lipat yang Cocok Buat Lo

cara mudah pilih sepeda lipat yang cocok buat lo

Credit image: idntimes.com

 

Bagaimana Keinginan dan Kebutuhan Lo?

Hal pertama yang bisa lo cermati untuk memilih sepeda lipat yang cocok buat lo adalah pertimbangkan dulu keinginan dan kebutuhan lo seperti apa. Sepeda lipat yang sedang populer di kalangan anak muda sekarang ada dua tipe.

Tipe pertama yaitu city tour dan yang kedua adalah tipe sepeda lipat gunung. Memang yang paling populer adalah sepeda lipat tipe pertama, sih. Hal ini dikarenakan oleh asyik dan serunya anak muda mengendarai sepeda untuk ke kampus atau ke kantor.

Slogan bike to work benar-benar bekerja dengan baik, bro! Setelah lo mengetahui tipe sepeda lipat apa yang lo inginkan, barulah lo mempertimbangkan merk, harga dan segala hal lainnya. Brompton seru, sih – auto kece pokoknya!

 

Perhatikan Bobot atau Berat Sepeda Lipatnya

brompton cara pilih sepeda lipat yang cocok buat lo

Credit image: gowespedia.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya kalau alasan banyak anak muda sekarang menggandrungi sepeda lipat jadi hobi mereka adalah praktisnya. Nah, terkait hal ini, ada lagi yang mesti lo perhatikan, yaitu bobot atau berat sepeda lipatnya itu sendiri.

Sepeda lipat tentu bisa lo bawa ke mana-mana dalam keadaan terlipat. Misalnya, saat lo naik MRT, atau naik Transjakarta, dan transportasi umum lainnya untuk menuju tempat di mana lo mau sepedaan. Oleh karena itu, rekomendasi dari bobot sepeda lipat tersebut bisa di kisaran 10kg-20kg saja.

Jika terlalu berat, tentu akan membuat lo semakin repot. Jika memang ringan, jelas ini akan memudahkan lo, tapi perhatikan lagi bahan-bahan sepeda lipat itu ya. Jika terlalu ringan, dinilai malah tidak begitu tahan lama.

 

Ukuran Ban Jadi Perhatian

Setelah bobot sepeda lipat tersebut, hal selanjutnya yang bisa lo perhatikan adalah ukuran dari ban sepeda lipat tersebut. Semakin kecil ukurannya, tentu akan semakin ringan. Namun jika terlalu kecil, tentu tidak begitu nyaman saat dikendarai.

Ukuran ban sepeda lipat yang umum berkisar antara angka 14 inci sampai 20 inci. Nah, rekomendasinya buat lo adalah sila cari sepeda lipat dengan ban berukuran 15 inci – 18 inci saja. Jadi tidak terlalu kecil dan tentu tidak terlalu besar sehingga tetap praktis ketika lo lipat dan mudah dibawa ke mana-mana.

 

Cara Melipat dan Bentuk Lipatannya

cara mudah pilih sepeda lipat yang cocok buat lo

Credit image: tirto.id

Ini jadi salah satu hal yang fundamental juga nih dalam pemilihan sepeda lipat. Kalau kebutuhan lo adalah membuat sepeda lipat ini jadi alat transportasi dan ada kemungkinan untuk lo bawa ke dalam MRT atau transportasi umum lainnya, perhatikan bagaimana cara melipatnya dan bentuk lipatannya seperti apa.

Lo mesti memerhatikan bagaimana cara melipat dan membuka sepeda lipat tersebut, lalu ketahui bagaimana bentuk setelah dilipat. Hal ini tentu mengacu kepada kenyamanan menggunakan transportasi umum, jangan sampai orang lain jadi terganggu karena lipatan sepeda lipat lo tidak beres ya bro!

 

Soal Harga? Sudah Pasti Lo Perhitungkan Lah!

Terakhir – sudah pasti dan tidak lain tidak bukan adalah soal harga dari sepeda lipat tersebut. Brompton? Lo mungkin sudah tahu berapa harganya dan kalau lo bisa membelinya – kenapa tidak? Kalau budget lo terbatas, sekarang ini banyak sekali lho merk sepeda lipat lokal yang kece.

Oh iya, biasanya harga menentukan juga bagaimana kualitasnya. Kalau lo akhirnya memilih harga yang paling murah, jangan mengekspektasikan kualitas wahid, ya. Tapi kalau rentang harganya ada di tengah-tengah, bisa jadi sepeda lipat lo adalah yang cocok buat lo nanti.

Daritadi ngomongin soal tren gowes dan sepeda lipat, ada hal seru yang bisa lo ikutin nih, yaitu #MLDSPOTNEWNORMALRIDE ! MLDSPOT dari program #MauLagiDimanapun ngajak lo buat join dan ikutan video kompetisi dengan tema riding sepeda.

Gowes, gowes, bikin konten – terus menang berbagai hadiah menarik sama uang jutaan rupiah, yah siapa yang tidak mau nih! #MLDSPOTNEWNORMALRIDE ngajak lo untuk bikin video untuk di-submit ke kita soal cerita lo saat gowes, cerita tentang sepeda lo, atau cerita menarik lainnya – siapa tahu ada cerita ketemu gebetan karena sama-sama hobi gowes, nih!

Video dengan cerita dan visual yang menarik, tentu akan menggelitik para juri buat memungkinkan lo jadi pemenangnya! Penasaran kaya apa sih #MLDSPOTNEWNORMALRIDE video competition-nya? Langsung aja lo bisa klik di sini atau langsung gas aja ke instagram @mldpot buat selengkapnya!

 

Feature Image – detik.com

Comments
Elizabeth
bike to work
Sadam Husaeni tulloh
Kerennnn bangetttttt bossss