Trending
Senin, 23 Desember 2019

Bambang Pamungkas Resmi Pensiun dari Persija

  • Share
  • fb-share
Bambang Pamungkas Resmi Pensiun dari Persija

Pada pertandingan Liga 1 2019 Pekan ke-33 tanggal 17 Desember 2019 lalu, Persebaya Surabaya menang 2-1 dari Persija Jakarta. Namun, bukan itu satu-satunya alasan The Jakmania bersedih hati. Pemain pentolan Persija, Bambang Pamungkas (Bepe), memutuskan untuk resmi pensiun di usia 39 tahun. Pertandingan melawan Persebaya kemarin menjadi pertandingan pamungkasnya.

 

Sering Cedera dalam 10 Tahun Terakhir

Bambang Pamungkas sedang berlari di lapangan sepak bola.

Keputusan Bepe untuk pensiun sebagai atlet sepak bola bukannya tanpa alasan. Di konferensi pers yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) usai pertandingan melawan Persebaya, Bepe menjelaskan bahwa sekarang kondisi fisiknya sudah tidak sebugar dulu. Bahkan dalam 10 tahun terakhir ini, ia paling banyak mengalami cedera.

“Harus diakui badan saya tidak bisa merespon lagi. Tahun ini cedera saya paling banyak dalam 10 tahun terakhir,” jelas Bepe, seperti yang dikutip dari bola.tempo.co.

 

Tidak Khawatir Soal Nasib Persija

Selama bermain bersama Persija, Bepe berhasil mencetak 200 gol di 352 pertandingan yang diikutinya. Mengingat pentingnya peran Bepe terhadap Persija, wajar kalau lo dan The Jakmania lain bertanya-tanya tentang nasib Persija ke depannya.

Tenang saja, Urbaners, Bepe sendiri mengaku nggak khawatir soal ini. Persija masih punya Marko Simic, penyerang yang cukup sering mencetak gol. Bahkan di Liga 1 Indonesia 2019, ia sudah mencetak 28 gol. Nggak ketinggalan Ismed yang merupakan salah satu pemain senior dengan stamina luar biasa di Persija

 

Bagaimana Nasib Nomor Punggung 20?

Bambang Pamungkas mengangkat papan bertuliskan nomor punggung belakangnya yakni 20

Bepe selalu menggunakan nomor punggung 20 selama bergabung dengan Persija. Bahkan saat ikut membela timnas Indonesia pada awal 2000-an sampai 2013, ia juga menggunakan nomor punggung yang sama. Setelah Bepe resmi pensiun, belum dipastikan apakan angka ikonik tersebut bakal ikut dipensiunkan.

Ketika Bepe sempat keluar dari Persija buat bergabung dengan Pelita Bandung Raya dan Selangor FA, nggak ada pemain yang mengambil nomor punggung 20 tersebut. Bukan nggak mungkin Persija bakal mempensiunkan nomor punggung yang dikenakan pemain legend mereka saat pemain tersebut pensiun. Hal ini sudah dilakukan oleh Inter Milan saat Javier Zanetti pensiun.

Sedih juga rasanya mengetahui kalau Bepe nggak bakal berlaga lagi di lapangan. Namun, bukan berarti Bepe cabut total dari dunia olahraga. Who knows Bepe bakal berkontribusi dalam bentuk lain? Let’s wait and see!

 

 

Sources: bola.tempo.co, bolasport.com, bola.kompas.com

Comments
Mun mbah iban
Keren abis
Theo
perjalanan panjang