Trending
Kamis, 04 Oktober 2018

Festival Pencak Silat Pertama Digelar di London

  • Share
  • fb-share
Festival Pencak Silat Pertama Digelar di London

Setelah kemarin menjadi sorotan di ajang Asian Games 2018 kemarin, pencak silat menjadi semakin populer. Buktinya, KBRI London berani menggelar Festival Pencak Silat bekerja sama dengan Federasi Pencak Silat UK (PSF UK). Festival ini digelar di Seymour Centre, Marylebone, London.  Ada apa aja dalam festival ini?

 

Kerja Sama Indonesia-Inggris

Kerja Sama Indonesia-Inggris

Festival ini bisa terselenggara berkat kerja sama antara KBRI di London dan Federasi Pencak SIlat UK (PSF UK). Tujuannya nggak lain adalah buat lebih memperkenalkan olahraga puncak silat ke Inggris. Ada lima perguruan silat yang ditampilin di festival ini. Beberapa perguruan ini nggak cuma dari Indonesia tapi juga dari Inggris.

Menurut Duta Besar RI untuk Inggris, Rizal Sukma, event ini bertujuan untuk mempererat hubungan Inggris dan Indonesia. Festival ini juga jadi apresiasi buat PSF UK yang udah membantu mengenalkan pencak silat ke masyarakat Inggris.

 

Undang Artis

Undang Artis

Festival ini digelar selama satu hari di tanggal 15 September 2018. Ini adalah festival pencak silat pertama yang ada di London. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di festival ini. Pengunjung bisa nonton pencak silat otentik dari pesilat profesional Indonesia dan Inggris. Puncaknya, panitia juga mengundang Cecep Arif Rahman.

Selama ini, nama Cecep sudah dikenal sebagai orang yang punya peran besar buat memperkenalkan silat. Aksi silat Cecep bisa dilihat dalam film The Raid 2 sampai blockbuster Star Wars: The Awakening Forces. Jadi, nggak heran kalo Cecep diundang ke festival pencak silat di London ini.

 

Workshop Pencak Silat

Di festival ini, pengunjung nggak cuma disuguhi pertunjukan silat yang menarik. Mereka juga bisa langsung praktek silat. Ada instruktur yang memandu gerakan-gerakan silat. Hasilnya, 85 pengunjung turun ke lapangan dan ikut workshop silat ini. Nggak cuma orang dewasa aja, anak-anak juga boleh ikutan workshop ini.

Dari workshop ini diharapkan masyarakat Inggris, terutama London bisa makin tertarik sama pencak silat. Pihak KBRI berharap festival ini bakal mengangkat pariwisata Indonesia yang kaya seni dan budaya. Festival ini juga jadi salah satu upaya pemerintah Indonesia buat bawa cabang olahraga pencak silat ke event olahraga level dunia, Olimpiade.

 

 

Source: thejakartapost.com

Comments
Hamzah
Mantaaaaaaaap
John Hutabarat
mantap bro