Home Sport Hebat! Indonesia Juara Paralayang Dunia!
2 Orang sedang melakukan olahraga paralayang di kawasan pegunungan

Hebat! Indonesia Juara Paralayang Dunia!

Tuesday, October 1, 2019 - 15:05
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kalau dibandingkan dengan bulutangkis atau sepak bola, popularitas olahraga paralayang mungkin masih tertinggal. Namun, bukan berarti olahraga paralayang bisa dipandang sebelah mata, Urbaners. Bahkan baru-baru ini melalui cabang olahraga paralayang, Indonesia berhasil menorehkan prestasi. Nggak tanggung-tanggung, prestasi tersebut bahkan berasal dari turnamen internasional!

 

Posisi Pertama untuk Poin Akurasi

Tim atlet paralayang Indonesia saat bertarung di Paragliding Accuracy World Championship 2019.

Pada tanggal 9-17 September 2019 kemarin, telah dilangsungkan turnamen Kejuaraan Dunia Paralayang di Kota Vrsac, Serbia. Turnamen ini dikenal juga dengan nama Paragliding Accuracy World Championship 2019. Diikuti oleh pilot-pilot dari 128 negara di penjuru dunia, Indonesia berhasil keluar sebagai juara pertama dalam poin accuracy. Sedangkan, posisi kedua dan ketiga ditempati oleh tim dari Tiongkok dan Kolombia.

Tentunya kabar ini disambut gembira oleh pemerintah Indonesia. Dubes RI Beograd, Mochammad Chandra Widya Yudha, mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh atlet paralayang Indonesia. “Selamat kepada Timnas, Indonesia Jaya,” ujar beliau ketika diwawancarai oleh situs Tempo.co di acara pentupan kejuaraan tersebut.

 

Terdiri dari 8 Atlet Terbaik Indonesia

Atlet Jafro Megawanto saat sedang melaksakan turnamen di salah satu kejuaraan paralayang.

Kemenangan yang diraih Indonesia di Paragliding Accuracy World Championship 2019 tentunya nggak terlepas dari kerja keras para atlet. Dalam turnamen ini, timnas paralayang Indonesia mengutus 8 atlet terbaiknya, yang terdiri dari 6 atlet putra dan 2 atlet putri. Salah satunya adalah Jafro Megawanto, atlet paralayang yang pernah mendapatkan 2 medali emas di Asian Games 2018. Ia menduduki juara keempat pada kategori individual putra.

 

Juga Mengikuti Kategori Individu

Tim Indonesia saat menerima penghargaan sebagai pemenang juara pertama di Paragliding Accuracy World Championship 2019.

Turnamen Paragliding Accuracy World Championship 2019 nggak hanya dilakukan secara tim, Urbaners. Ada juga turnamen yang ditujukan untuk atlet secara individu. Indonesia pun turut menurunkan atlet terbaiknya untuk kategori ini, yaitu Irvan Winarta. Kabar baiknya lagi, Irvan Winarta berhasil menduduki posisi kedua untuk poin akurasi terbaik. Ia sukses mengalahkan 129 pilot accuracy lainnya.

Semakin bangga rasanya setiap kali mengetahui ada anak bangsa yang berhasil menorehkan prestasi. Mari dukung terus sektor olahraga nasional agar semakin semangat membawa nama Indonesia di kancah internasional!

 

 

Sources: travel.tempo.co, kompas.tv