Trending
Minggu, 29 Desember 2019

Mantan Pelatih Timnas Korsel Resmi Melatih Timnas Indonesia

  • Share
  • fb-share
Mantan Pelatih Timnas Korsel Resmi Melatih Timnas Indonesia

Teka-teki tentang siapa yang bakal mengisi posisi pelatih timnas Indonesia akhirnya terjawab, Urbaners. Setelah Simon McMenemy dianggap nggak mampu memenuhi ekspektasi selama menangani kualifikasi Piala Dunia 2022, nama Shin Tae-yong pun resmi menggantikan posisi tersebut. Shin Tae-yong adalah pelatih asal Korea Selatan.

Keputusan ini dianggap sangat menarik karena setelah 68 tahun, akhirnya Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) kembali menunjuk pelatih asal Asia buat melatih timnas. Sebelumnya, selama beberapa tahun ini PSSI cenderung menunjuk pelatih-pelatih asal Eropa.

Lebih Pilih Indonesia daripada Klub Liga China Shenzen FC

Shin Tae-yong mengenakan jaket abu-abu, sedang berada di salah satu konferensi pers.

Ternyata bukan cuma Indonesia yang tertarik buat merekrut Shin Tae-yong buat melatih timnas. Ada juga klub Liga China Shenzen FC yang punya ketertarikan sama. Namun, pada akhirnya Shin Tae-yong lebih memilih Indonesia karena ingin mengukur kemampuannya. Ia tertarik mengetahui seberapa jauh ia bisa melatih tim sepak bola yang levelnya relatif masih di bawah Korea Selatan.

Melatih timnas Indonesia bakal menjadi gig pertama Shin Tae-yong setelah ia mengundurkan diri dari timnas Korea Selatan selepas Piala Dunia 2018 lalu. Walaupun nggak berhasil membawa timnas Korea Selatan ke babak 16 besar Piala Dunia, Shin Tae-yong sukses membuat timnya menang 2-0 atas Jerman.

Menangani 3 Kategori Timnas Sekaligus

Di timnas Indonesia, Shin Tae-yong bakal menangani 3 kategori Timnas sekaligus, Urbaners. Di antaranya adalah U-20, U-23, dan senior. Keputusan ini mirip seperti yang pernah dijalani oleh Luis Milla, pelatih asal Spanyol yang saat itu dipercaya buat menangani timnas U-23 dan senior. PSSI tentu melakukan hal tersebut bukan tanpa alasan. Menurut mereka, Shin Tae-yong dianggap mampu menyusun program kepelatihan yang bisa membuat timnas jadi lebih solid dan berprestasi.

Tantangan Menghadapi Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022

Baru saja menjabat sebagai timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah dihadapkan pada tantangan yang cukup berat. Salah satunya adalah menjalani laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Shin Tae-yong diharapkan bisa membawa hasil positif pada timnas Indonesia saat melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

Selain itu, pria berusia 49 tahun ini juga masih harus mempersiapkan timnas Indonesia untuk turnamen Piala Suzuki AFF. Nggak ketinggalan pula persiapan timnas Indonesia yang bakal tampil di ajang Piala Dunia U-20 pada 2021 nanti.

 

Mengingat kiprah Shin Tae-yong yang cukup membanggakan di timnas Korea, rasanya ikut penasaran melihat dobrakan apa saja yang bakal dilakukannya untuk timnas Indonesia. Semoga saja timnas Indonesia bisa semakin maju, Urbaners!

 

 

Sources: goodnewsfromindonesia.id, cnnindonesia.com, bola.com

 

Comments
AGUSTIN DWI CHRISTANTI
Lebih Pilih Indonesia daripada Klub Liga China Shenzen FC
Dudy Elvianto
mantap kuch