• Sport
  • Marcus/Kevin Juara Ganda Putra Malaysia Masters 2019

Marcus/Kevin Juara Ganda Putra Malaysia Masters 2019

Tue, 22 January 2019
 Marcus/Kevin Juara Ganda Putra Malaysia Masters 2019

Ganda putra andalan Indonesia saat ini Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo atau yang lebih sering disebut dengan the Minions kembali bikin bangga. Sore tanggal 20 Januari kemarin, Marcus/Kevin sukses bawa gelar juara di Malaysia Masters 2019. Mereka berhasil juara setelah menang di partai final lawan tuan rumah.

 

Taklukkan tuan rumah

Taklukkan tuan rumah

Ganda putra Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi yang jadi lawan kali ini sudah pernah bertemu Minions di beberapa pertandingan. Total sudah ada empat pertemuan antara dua pasangan ini. Di atas kertas kans Marcus/Kevin memang unggul karena secara head to head lebih bagus dari pasangan Malaysia.

Walau begitu, bukan berarti ganda putra Malaysia memberi kesempatan buat Marcus/Kevin menang mudah. Lebih-lebih pasangan Ong/Teo tampil di depan publik sendiri. Akhirnya, dengan mempertahankan mental juara, Minions keluar sebagai juara cukup dengan dua set: 21-15 dan 21-16 buat Indonesia.

 

Kukuh jadi ranking satu

Kukuh jadi ranking satu

Dengan capaian ini, posisi Marcus/Kevin di puncak klasemen ganda putra BWF (Badminton World Federation) pun makin kukuh. Minions sukses memperlebar jarak dengan pasangan ganda Tiongkok yang selalu dianggap sebagai rival utama, Li Junhui dan Liu Yuchen.

Marcus/Kevin berhasil mempertahankan posisi pertama dengan total poin 104,483 dari 16 turnamen termasuk Malaysia Masters 2019 kemarin. Sementara ganda Li/Liu harus puas duduk di peringkat dua dengan total poin 86,145 dan jumlah turnamen yang sama.

 

Ganda putri jadi runner-up

Sayangnya yang berhasil menyumbangkan gelar juara utama dari Malaysia Masters 2019 cuma ganda putra Marcus/Kevin saja. Ganda putri unggulan Indonesia yang juga melaju ke babak final, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu harus mengakui keunggulan rival mereka, ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Pasangan Hirota dan Fukushima memang lebih diunggulkan buat jadi juara Malaysia Masters 2019 karena saat inilah mereka yang menduduki ranking satu BWF. Greysia dan Apriyani harus takluk meski sempat menang pada set pertama dengan skor 21-18. Sayangnya raihan tersebut nggak diteruskan karena mereka kalah skor pada set dua dan tiga (16-21 dan 15-21).

 

 

Source: Bola, BWF

6 Dokumenter Sepak Bola yang Layak Ditonton

Wed, 03 June 2020
Potret timnas Prancis mengangkat Piala Dunia di tahun 2018 dengan taburan confetti

Pandemi COVID-19 membawa dampak buruk bagi perekonomian dunia, termasuk juga industri olahraga. Banyak turnamen dan kompetisi olahraga yang dibatalkan, membuat lo jadi kekurangan tontonan olahraga yang biasanya menemani lo setiap waktu. #MumpungLagiDirumah saja, lo bisa menonton 6 dokumenter sepak bola berikut di Netflix untuk mengobati rasa kangen lo terhadap olahraga populer ini.

 

Barça Dreams

Klub sepak bola Barcelona di tengah lapangan hijau dengan jersey seragam biru dan merah

Salah satu klub sepak bola paling terkenal, yakni Barcelona, mengabadikan momen-momen penting dalam sejarah mereka selama 115 tahun ke dalam sebuah film dokumenter. Lo bisa menilik potret-potret, cuplikan video, serta kilas balik dari para pemain legendaris Barcelona, seperti Lionel Messi dan Ronaldinho. Lo akan melihat kisah-kisah yang sebelumnya nggak diungkap mengenai jatuh bangun Barcelona selama ini.

 

Becoming Champions

Potret title card Becoming Champions dengan seorang kiper menghalau bola

Sejak tahun 1930, Piala Dunia berhasil dimenangkan oleh segelintir negara, tepatnya 8 negara di dunia. FIFA bekerja sama dengan Netflix untuk menceritakan kisah di balik kemenangan-kemenangan Piala Dunia selama ini.

Dimulai dari episode pertama tentang negara Uruguay dengan dua kali kemenangan, Italia dengan empat Piala Dunia, Jerman dengan total empat kemenangan, Brazil sebagai negara dengan Piala Dunia terbanyak, Inggris yang berhasil di tahun 1966, Argentina dengan dua Piala Dunia, Prancis dengan dua kali kemenangan, dan Spanyol yang menang di tahun 2010.

 

Maradona in Mexico

Potret Maradona di ruang peserta sedang memberi semangat kepada tim sepak bola 

Bagi para pecinta sepak bola, sosok Diego Maradona masih menjadi salah satu pemain legendaris dari Argentina. Kalau lo sudah terbiasa melihat sepak terjang Maradona sebagai pemain sepak bola di tengah lapangan hijau, seri dokumenter Netflix yang satu ini menghadirkan pribadi Maradona sebagai pelatih klub sepak bola Mexico di area yang terkenal karena isu narkobanya. Tentu saja jadi tontonan seru buat lo #MumpungLagiDirumah saja.

 

Sunderland ‘Til I Die

Klub sepak bola Sunderland di tengah lapangan hijau dengan seragam merah dan putih

Seri dokumenter ini sudah dikembangkan dalam 2 season. Dokumenter ini digadang-gadang menjadi salah satu seri dokumenter terbaik. Mengusung ketangguhan klub sepak bola Sunderland asal Inggris yang terus menerus ditiban berbagai masalah.

Lo bisa melihat perjuangan mereka yang pantang menyerah setelah mereka direlegasi dari liga primer. Mulai dari konflik internal hingga ungkapan fans, dijamin dokumenter ini akan buat lo semakin kagum dengan perjuangan tim sepak bola ini.

 

Antoine Griezmann: The Making of a Legend

Antoine Griezmann sedang mencium dan memegang Piala Dunia di tahun 2018

Film dokumenter yang dirilis pada tahun 2019 ini secara spesial mengikuti perjalanan karir Antoine Griezmann yang berhasil membawa negara Prancis sebagai pemenang Piala Dunia di tahun 2018. Dimulai dari sepak terjangnya di Real Sociedad Spanyol, Atletico Madrid, hingga akhirnya menjadi salah satu pemain unggulan timnas Prancis. Bisa jadi inspirasi buat lo yang punya mimpi menjadi atlet sepak bola, Bro!

 

Apache: The Life of Carlos Tevez

Carlos Tevez saat muda sedang duduk di bangku penonton

Dokumenter ini merupakan potret dramatisasi kehidupan atlet sepak bola Carlos Tevez yang semasa kecilnya hidup di lingkungan Fuerte Apache, sebuah area kumuh dengan tingkat kriminalitas tinggi. Seri dengan 8 episode ini akan membuat lo kagum dengan jalan hidup sang atlet yang berhasil lolos dari jeratan kartel narkoba. Menegangkan dan seru, cocok untuk ditonton para pegiat sepak bola, nih.

 

 

Sources: CNN Indonesia, Cinemags, GQ UK