Home Sport Melihat Persaingan Liga Besar Eropa Memasuki Bulan Desember
 Melihat Persaingan Liga Besar Eropa Memasuki Bulan Desember

Melihat Persaingan Liga Besar Eropa Memasuki Bulan Desember

Wednesday, November 28, 2018 - 15:32
Bagikan
Facebook Twitter Email

Liga besar Eropa sudah berjalan senggaknya 13 sampai 15 pertandingan. Memasuki bulan Desember, beberapa liga seperti Inggris dan Spanyol masih belum menujukkan dominasi 1 atau 2 tim. Di Inggris misalnya, Manchester City dan Liverpool hanya berjarak 2 poin, bahkan Liverpool hanya berjarak 3 poin dari peringkat ketiga. Begitu juga di Spanyol, nggak ada lagi dominasi superior antara Barcelona dan Real Madrid. Kini peringkat 1 LaLiga Santander dipegang oleh Sevilla dengan 26 poin dan peringkat 2 baru Barcelona dengan 25 poin.

 

Ketimpangan di Italia dan Perancis

Ketimpangan di Italia dan Perancis

Di Liga Italia, dominasi Juventus benar-benar nggak bisa dihentikan. Setelah membeli Cristiano Ronaldo, Juventus perkasa dengan 12 kali kemenangan dan hanya 1 kali imbang. Sampai sekarang Juventus pun nggak pernah kalah dan jaraknya dengan peringkat kedua Napoli hanya 8 angka. Sama halnya di Perancis, di liga ini malah terjadi ketimpangan yang luar biasa, Urbaners. Paris Saint Germain unggul 15 angka dari peringkat dua Lyon. Sampai sekarang, PSG tampil 14 kali dan semuanya dimenanginya.

Sejak lama memang Italia dan Perancis mempunyai liga yang bisa dibilang nggak sehat. PSG dengan kekayaan yang mentereng dengan mudah membeli pemain besar seperti Neymar dan Mbappe. Dibanding klub lain, tentu itu sangat nggak adil. Sama halnya di Juventus, mereka perkasa secara finansial karena punya stadion dan pendukung yang sangat fanatik. Pembelian Ronaldo seakan menanamkan dominasi Juventus lebih dalam di Serie A.

 

Seru di Inggris, Jerman, dan Spanyol

Seru di Inggris, Jerman, dan Spanyol

Mungkin masih debatable bahwa Inggris mempunyai liga terbaik di dunia karena timnasnya sampai sekarang masih belum berprestasi. Tetapi jika dilihat dari kompetitifnya liga, bisa dibilang Liga Inggris adalah yang terdepan dari semua liga di Eropa. Manchester City dan Liverpool sama-sama belum terkalahkan. Belum lagi Chelsea, Tottenham Hostpurs, dan Arsenal yang terus mengancam di bawah. Jangan lupakan Manchester United pula yang bisa menerobos papan atas kapan saja.

Di Jerman dan Spanyol pun demikian. Lo nggak akan lihat lagi superioritas Barcelona dan Real Madrid, ada Sevilla dan Atletico Madrid yang bermain gila-gilaan. Di Jerman, Borussia Dortmund, Borussia Monchengladbach, dan Entracht Frankfurt ada di posisi ke atas. Di mana posisi Bayern Munchen? Mereka ada di peringkat lima.

Liga Eropa nggak hanya menampilkan bintang-bintang besar. Mereka juga menjanjikan keseruan di setiap pertandingannya. Bagaimana, di mana letak tim jagoan lo di seperempat musim ini?

 

 

Source: kompas.com