Home Sport Siapa Aja Nominasi BBC World Sport Star of the Year 2018?
Siapa Aja Nominasi BBC World Sport Star of the Year 2018?

Siapa Aja Nominasi BBC World Sport Star of the Year 2018?

Wednesday, December 12, 2018 - 17:38
Bagikan
Facebook Twitter Email

Tanggal 3 Desember 2018 kemarin BBC akhirnya merilis nama-nama yang masuk nominasi BBC World Sport Star of the Year 2018. Award yang dulunya bernama Overseas Sport Personality of the Year ini punya empat nama yang masuk dalam nominasi. Siapa aja nominasinya? Lo bisa cari tahu di sini.

 

Simone Biles

Simone Biles

Biles adalah atlet senam dari Amerika Serikat. Prestasinya gemilang dengan raihan medali emas Olimpiade selama 4 kali berturut-turut. Di usia 21 tahun, ia berhasil jadi juara dunia dengan meraih 20 medali dalam event terbesar cabang olahraga senam, World Artistic Gymnastics Championship tahun ini.

Penampilannya di Doha kemarin juga terbilang “dramatis”. Sesaat sebelum ia terjun ke pertandingan, Biles harus menjalani operasi pengangkatan batu ginjal. Nggak cuma itu, tahun 2018 ini juga jadi tahun kembalinya Biles setelah hiatus selama setahun. Bukannya menurun, performanya justru makin bersinar.

 

Ester Ledecká

Selain Biles, ada Ester Ledecká yang jadi perwakilan atlet perempuan di nominasi BBC World Sport Star of the Year 2018. Snowboarder asal Republik Ceko ini jadi perempuan pertama yang meraih medali emas di dua cabang olahraga berbeda saat gelaran Winter Olympics 2018. Selain snowboard, di Pyeongchang Ledecka juga turun di cabor ski.

Nggak main-main, atlet 23 tahun ini turun di nomor Super Giant Slalom (Super-G). Kompetisi ini dianggap jadi nomor paling sulit dimenangin. Nggak cuma kecepatan, Super-G juga menguji ketangkasan atlet buat menghindari rintangan. Statusnya sebagai atlet ski baru itu ternyata justru bikin Ledecká keluar jadi juara!

 

Francesco Molinari

Tahun 2018 juga jadi tahunnya Francesco Molinari. Pegolf asal Italia ini berhasil bikin namanya naik di ranking dunia setelah menang di PGA Championship Wentworth, Quicken Loans Classic, dan 2018 Open Championship di Carnoustie kemarin.

Di Open Championship, Molinari bahkan jadi orang Italia pertama yang sukses jadi major winner meski ada nama-nama besar seperti Tiger Woods dan Rory McIlory. Bareng Tommy Fleetwood mewakili Eropa, ia berhasil menang bersih di Ryder Cup 2018. 

 

Oleksandr Usyk

Oleksandr Usyk

Oleksandr Usyk memulai tahun2018 dengan sebuah pencapaian luar biasa. Ia merebut sabuk juara WBC dari petinju Mairis Briedis. Nggak berhenti di situ, pertengahan tahun Usyk menantang Murat Gassiev di kandangnya sendiri, Moskow.

Bukannya takut, petinju Ukraina ini malah berhasil menyabet sabuk WBA, IBF, dan The Ring Magazine sekaligus. Dengan pencapaian ini nggak heran kalau Usyk jadi petinju kelas jelajah terbaik tahun ini.

Jadi mana jagoanmu Urbaners? Jangan lupa vote di website BBC sebelum tanggal 15 Desember!

 

 

 

Source: BBC