#ThankYouButet Iringi Liliyana Gantung Raket - MLDSPOT
  • Sport
  • #ThankYouButet Iringi Liliyana Gantung Raket

#ThankYouButet Iringi Liliyana Gantung Raket

Mon, 28 January 2019
#ThankYouButet Iringi Liliyana Gantung Raket

Minggu tanggal 27 Januari 2019 kemarin adalah puncak ajang Indonesian Masters 2019. Ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya berhasil keluar jadi pemenang. Meski begitu, ada momen lain yang jadi sorotan di ajang tahunan ini. Pebulu tangkis Liliyana Natsir yang jadi pasangan Tontowi Ahmad di ganda campuran resmi pensiun usai final Indonesian Masters 2019.

 

#ThankYouButet

#ThankYouButet

Final melawan ganda nomor satu asal Tiongkok, Zheng Siwei dan Huang Yaqiong, ternyata harus jadi pertandingan terkhir Liliyana Natsir. Atlet yang sering disapa Butet ini memang memilih buat pensiun setelah berkarir selama 24 tahun. Alasannya nggak lain adalah buat mendorong regenerasi bulu tangkis Indonesia.

Acara perpisahan Butet digelar sesaat sebelum final Indonesian Masters 2019. Menpora Imam Nahrawi dan Ketua PP PBSI Wiranto memberikan penghargaan terakhir kepada Butet. Bukan cuma supporter di Istora Senayan yang merasa berat hati dengan keputusan ini. Netizen bahkan bikin tagar khusus #ThankYouButet buat melepas peraih medali emas Olimpiade 2016.

 

Pelatih sempat kecewa

Keputusan Butet buat pensiun ternyata sempat bikin kecewa pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto. Pelatih yang juga mantan atlet ini mengungkapkan kalau Butet masih punya peluang buat menambah pundi-pundi medali. Salah satunya di ajang Olimpiade Tokyo tahun 2020 nanti.

Walau begitu, Nova menghormati keputusan Butet. Gimana pun juga, bulu tangkis Indonesia butuh regenerasi, terlebih buat ganda campurannya. Sampai sekarang, belum kelihatan jelas nama yang bisa menggantikan Tontowi dan Liliyana. Gap antara Tontowi dengan angkatan Praveen Jordan dan kawan-kawan pun bisa dibilang cukup jauh.

 

PR besar ganda campuran

Kabar pensiunnya Liliyana Natsir jelas membuat tim pelatih ganda campuran Indonesia pusing. Belum lagi pebulu tangkis yang digadang-gadang jadi pengganti Butet, Debby Susanto, juga mengumumkan mundur. Kehilangan dua pebulu tangkis wanita yang selalu jadi unggulan ganda campuran jelas jadi PR tersendiri.

Mau nggak mau tim pelatih ganda campuran harus membuat pasangan baru. Ada beberapa nama yang diproyeksikan buat jadi pengganti Butet. Salah satunya Winny Oktavina Kandow. Atlet 20 tahun itu dianggap punya potensi untuk setara atau bahkan lebih dari Butet.

Well, semoga PR besar ini bisa segera selesai!

 

 

Source: CNN Indonesia, Detik Sports

5 Tips Jadi Pemain E-Sports: Udah Siap Jadi Pro Player, Bro?

Tue, 22 December 2020
5 Tips Jadi Pemain E-Sports: Udah Siap Jadi Pro Player, Bro?

Main game sudah jadi lifestyle tersendiri bagi semua kalangan. Menjadi salah satu cara untuk melepas stress, main game jadi aktivitas yang bisa dilakukan oleh siapapun dan #MauLagiDimanapun – terlebih, di tren sekarang ini, main game sudah sangat serius, bro!

Yang dimaksud jadi lebih serius daripada sebelumnya adalah munculnya berbagai turnamen, baik skala nasional atau internasional di tiap model permainan. Misalnya untuk game Mobile Legend Bang Bang, skala nasional ada MPL, dan skala internasional atau dunia ada M2.

Terkait dengan Mobile Legend Bang Bang, di skena kompetitif internasional sebelumnya yaitu M1, tim asal Indonesia yaitu EVOS Legends sudah pernah menjuarainya, lho! Oleh karena itu, di M2 nanti, semoga pertandingan final adalah #indopride !

 

5 Tips Jadi Pemain E-Sports: Udah Siap Jadi Pro Player, Bro?

Credit Image: ign.com

Nah ngobrolin soal mobile game ya – mereka yang berada di skena kompetitif, baik nasional ataupun internasional, para pro player – sebutan untuk mereka yang ada di sana, memiliki proses yang panjang sampai mereka siap di skena tersebut, lho!

Buat lo yang pengin juga ada di skena yang sama, baik dari Mobile Legend Bang Bang, Freefire, PUBG, atau apapun – perkara jadi pro player bukan proses yang gampang, banyak hal yang harus lo lalui terlebih dahulu.

 

5 Tips Jadi Pemain E-Sports: Udah Siap Jadi Pro Player, Bro?

Credit Image: esportnesia.com

Seperti yang bakal dibahas di ulasan kali ini – setidaknya ada lima hal atau tips dasar yang bisa lo jadikan acuan untuk jadi pro player suatu mobile game. Penasaran apa saja hal atau tips tersebut? Sila simak bahasan kali ini ya!

 

Latihan Mekanik Individu

Setiap mobile game pasti punya kecenderungan permainan yang berbeda-beda. Itu sebabnya hal pertama atau tips pertama yang bisa lo ketahui dan terapkan nantinya adalah meningkatkan skill individu terlebih dahulu.

Memang sih, mobile game yang sudah disebutkan sebelumnya di atas adalah permainan secara tim atau berkelompok – tapi, akan ada saatnya kalau lo mesti benar-benar bisa survive sendirian di dalam permainan tersebut.

Nah, itu kenapa kalau mekanik individu – atau bagaimana lo menguasai mobile game tersebut adalah salah satu tips fundamental yang bisa lo terapkan nantinya. Bukan berarti lo akan jadi arogan dan mementingkan pride lo sendiri, ya – tapi hal ini benar-benar melatih ketrampilan lo akan mobile game tersebut.

 

Punya Fokus dan Tujuan yang Jelas

Skena kompetitif di mobile game cukup keras, bro. Bakal ada saja yang salah dalam diri lo ketika sudah dikenal oleh publik. Oleh karena itu, lo mesti punya fokus dan tujuan yang jelas untuk bisa ada dan bertahan di skena yang keras itu.

Hal ini juga yang bakal bisa membuat lo siap menerima apapun kenyataannya, dan yang jelas nggak pantang menyerah kalau ada permasalahan. Punya fokus dan tujuan bakal bantu lo buat dapat titel pro player.

Well, memang semua pasti ada pengorbanannya – untuk itu, lo mesti juga melihat ke dalam diri lo, apakah lo benar-benar mau untuk berada di sana. Ketika lo sudah memastikan diri lo siap untuk ke skena pro player dan kompetitif yang serius, lo pasti akan siap melewati semuanya.

 

Latihan Untuk Performa yang Stabil

Memang sih – nggak bisa dipungkiri juga akan ada saatnya lo mungkin sedang nggak fokus sehingga performa lo turun. Ini bisa lo antisipasi dengan cara latihan yang rutin. Kulik bagaimana skill lo bisa berkembang dengan baik agar performa bisa terjaga dengan baik.

Terlebih jika sudah memasuki musim pertandingan – baik skala nasional atau internasional, latihan adalah hal yang paling utama. Jadi pastikan lo juga menanamkan rasa disiplin yang baik untuk latihan di skena mobile game tersebut.

 

Ingat Diri Lo juga Manusia!

Terlepas dari hal yang ada di atas – untuk menjaga kewarasan diri lo dari skena kompetitif seperti yang semua pro player rasakan, ada satu hal yang mesti lo ingat bahwasanya diri lo adalah manusia. Ini artinya akan ada selalu rasa letih dan ingin istirahat.

Nah, hal ini bakal membuat lo tahu kalau waktu istirahat adalah hal yang nggak kalah penting. Jika ada waktu istirahat untuk memulihkan segala fokus dan disiplin lo dalam latihan – jangan sampai nggak lo gunakan bro.

Disiplin dalam istirahat juga penting, karena hal ini yang bakal me-recharge diri lo untuk siap kembali ke skena tersebut.

 

Tetap Ingat Hal Menyenangkannya!

Sama seperti tips keempat sebelumnya, tetap mengingat hal yang menyenangkannya adalah cara pro player terus bisa menikmati mobile game yang mereka tekuni. Ingat kalau bermain game pada dasarnya adalah mencari keseruan dan kesenangan.

Jadi pastikan diri lo tetap merasakan ada keseruan dan kesenangan tersendiri terkait skena kompetitif mobile game yang lo tekuni.

Wah bagaimana nih bro? Dari penjelasan yang ada di atas – pastikan lo paham semuanya karena memang dasarnya seperti itu, dan benar bisa lo terapkan!

 

Feature Image – kompas.com