• Sport
  • Tips Mudah Merawat Sepeda di Rumah

Tips Mudah Merawat Sepeda di Rumah

Wed, 29 July 2020
Seseorang sedang menyemprot cairan pembersih ke rangka sepeda

Kalau sudah punya sepeda sendiri, jangan sampai lo nggak tahu cara merawat sepeda dengan benar. Seperti halnya barang-barang lainnya yang lo punya di rumah, baik itu kendaraan lain, perangkat gaming, sampai alat kerja, lo harus tahu perawatan seperti apa yang cocok dan bisa bikin barang lo awet lebih lama. Ini beberapa tips merawat sepeda yang bisa lo lakukan #MumpungLagiDirumah.

 

Pastikan Sepeda Bersih

Seorang pria terlihat sedang membersihkan sepeda

Pertama, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan sepeda lo. Sepeda yang lo pakai berkendara di luar bisa terkena berbagai jenis kotoran, mulai dari kotor karena keringat dari tubuh lo, sampai kotoran berupa debu, tanah, dan yang lain. Untuk itu penting sekali agar lo mencuci sepeda lo sendiri. Kotoran yang menempel di sepeda berpotensi membuat sepeda mengalami pengaratan sehingga usia sepeda jadi lebih pendek.

Paling nggak, bersihkan sepeda dua minggu sekali jika sepeda jarang digunakan. Sementara jika lo termasuk sering menggunakan sepeda, lo bisa langsung bersihkan segera setelah digunakan. Cuci jika ada banyak kotoran tanah yang menempel pada sepeda, atau lo bisa bersihkan menggunakan kain bersih untuk sekadar mengangkat debu dari sepeda.

 

Jangan Lupa Lubrikasi Rantai Sepeda

Seseorang melubrikasi rantai sepeda atau drivetrain

Rantai sepeda atau drivetrain harus rutin dilubrikasi atau diberikan cairan pelumas. Setelah sepeda kering selesai dicuci, pastikan lo menambahkan cairan lubrikasi pada rantai sepeda dan elemen penggerak yang dilalui rantai sepeda lo.

Sepeda yang rantainya terlalu kering karena nggak diberi pelumas akan membuat elemen-elemen penggeraknya saling bergesekan. Kalau sudah begini, lama-lama elemen-elemen penggerak di sepeda lo bisa cepat rusak.

Selain menjaga kondisi rantai dan bracket sepeda, cairan lubrikasi juga membuat sepeda bergerak dengan lebih halus karena material logam pada rantai dan elemen penggerak lain nggak mengalami gesekan langsung, melainkan diperhalus dengan adanya cairan pelumas tadi.

 

Tekanan Ban Dalam yang Pas

Seseorang sedang menambah angin ban sepeda

Sebaiknya selalu periksa kondisi ban sepeda sebelum dan sesudah bersepeda, terutama jika sepeda jarang digunakan. Pastikan ban dalam sepeda selalu dalam tekanan yang pas. Ban dalam yang terisi angin full cenderung lebih awet.

Kondisi ban yang terisi angin juga lebih nyaman dipakai saat berkendara. Selain dapat menopang bobot pengendara dengan lebih stabil, ban sepeda yang terisi angin dengan pas juga bisa memberi keseimbangan yang baik saat bersepeda sehingga menjadi jauh lebih aman.

Tekanan angin di dalam ban pun bergantung pada jenis ban yang digunakan. Jika ban cenderung tipis seperti pada sepeda balap, tekanan yang dibutuhkan akan semakin tinggi, antara 80 psi sampai 130 psi. Sementara untuk sepeda hybrid atau sepeda lipat, tekanan bannya di antara 40 psi sampai 70 psi. Berbeda lagi dengan sepeda gunung, tekanan yang dibutuhkan berada di antara 25 – 35 psi.

Itu dia beberapa cara merawat sepeda lo sendiri di rumah. Jadi, siapkan juga beberapa peralatan merawat sepeda seperti cairan pelumas, cairan dan alat pembersih sepeda, juga pompa ban untuk sepeda agar umur sepeda lo bisa panjang.

 

 

 

Sources: Serbasepeda.com, Kompas, Pedalku.com

Ini Dia Alasan Kenapa Sepeda Bisa Jadi Pilihan Cardio Workout

Thu, 13 August 2020
Seorang pria sedang bersepeda mengenakan helm di tengah padang rumput

Setiap orang ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Selain dengan diet, cardio workout jadi solusi untuk menurunkan berat badan. Ada banyak macam cardio workout yang bisa lo coba, mulai dari berenang hingga lari. Tetapi salah satu olahraga cardio yang paling mudah adalah bersepeda.

Olahraga sepeda merupakan olahraga low impact yang bisa dilakukan oleh siapa saja dalam berbagai usia. Baik muda maupun tua, olahraga sepeda juga bisa jadi hobi. Lo juga bisa bersepeda #MauLagiDimanapun, baik di sekitar kompleks rumah atau ke jalanan sekitar Jakarta dengan jalur khusus sepeda. Banyak manfaatnya dan aman untuk dilakukan sehari-hari. Yuk sepedaan, Bro!

 

Bagian Tubuh yang Aktif Ketika Bersepeda

Seorang pria mengenakan helm sedang bersepeda dengan sepeda lipat di jalanan kota

Ketika bersepeda, lo bisa membakar sekitar 400 kalori per jamnya. Selain itu, olahraga bersepeda juga aktif menggerakkan bagian bawah tubuh, termasuk kaki, pinggang, dan area pantat. Bersepeda masuk ke dalam kategori olahraga dengan intensitas tinggi, artinya mempercepat detak jantung dan membakar kalori sama banyaknya dengan olahraga berat seperti lari.

Kelebihan lainnya adalah bersepeda cocok bagi lo yang punya masalah persendian atau pernah cedera lutut. Nggak hanya bagian kaki saja, sebetulnya bersepeda juga memfokuskan pergerakan area perut, dan lengan. Lo bisa coba bersepeda off-road dengan sepeda gunung untuk melatih upper body lo. Terlebih lagi, olahraga sepeda juga memperkuat jaringan otot di bagian bawah tubuh. Cocok banget nih untuk leg workout supaya proporsi tubuh lo lebih seimbang.

 

Cara Bersepeda Sebagai Cardio Workout

Tampak sepasang tangan memegang handlebar sepeda ketika bersepeda di area pegunungan

Nggak perlu langsung bersepeda dengan sepeda gunung, lo bisa menggunakan berbagai jenis sepeda seperti fixie atau city bike untuk memulai cardio workout. Pastikan lo bersepeda antara 30 sampai 60 menit setiap 3 atau 5 kali dalam seminggu. Kalau lo cukup sibuk, lo bisa saja menggunakan sepeda lipat sebagai media transportasi alternatif.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum bersepeda. Lo bisa mulai dengan stretching atau mengayuh sepeda dengan santai selama 5 sampai 10 menit. Saat lo sudah siap untuk mengakhiri cardio workout lo, ambil waktu sekitar 5 menit untuk cooling down dengan bersepeda dalam kecepatan rendah.

 

Manfaat Kesehatan dari Bersepeda

Seorang wanita sedang bersepeda dengan sepeda statis di dalam gym

Selain dijadikan sebagai olahraga untuk menguatkan stamina, otot, dan tulang, bersepeda juga membawa banyak manfaat kesehatan. Dalam segi mental, olahraga sepeda dapat mengurangi rasa stres dan penat setelah beraktivitas seharian. Olahraga sepeda ini juga dinilai efektif dalam memperbaiki postur tubuh.

Pastinya ketika bekerja, lo menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk di depan layar komputer. Ini nggak baik untuk keseimbangan dan postur tubuh lo. Dengan bersepeda, tubuh bisa lebih terbiasa membentuk postur yang ideal. Manfaat yang paling penting adalah kemampuan olahraga sepeda dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi.

 

 

 

Sources: Healthline, WebMD, Harvard Health Letter