Trending
Rabu, 02 September 2020

Tren Gowes New Normal: Lo Mesti Tahu Deretan Etika Bersepeda Ini

  • Share
  • fb-share
Tren Gowes New Normal: Lo Mesti Tahu Deretan Etika Bersepeda Ini

Tren gowes di tengah kondisi kebiasaan baru ini memang jadi seperti sweet escape-nya banyak orang yang sudah bosan banget di rumah. Olahraga sepedaan ini dinilai cukup aman di tengah kondisi seperti ini.

Apakah lo sudah punya jadwal khusus untuk gowes? Atau sudah ke mana saja nih saat lo gowes dengan teman-teman? Ngobrol soal gowes, #MauLagiDimanapun - #MLDSPOTNEWNORMALRIDE udah tahu soal ini belum, bro?

#MLDSPOTNEWNORMALRIDE mengajak lo buat submit cerita menarik lo pas lagi gowes, nih. Bisa lo rekam dengan gawai apapun, mau kamera handphone atau kamera digital – cerita menarik lo ditunggu banget nih!

Jangan lupa, dari cerita menarik tersebut – pastiin visualnya juga oke, ya! Kalau semua bagiannya oke, kesempatan lo buat menang dan dapat hadiah puluhan juta rupiah semakin lebar, lho! Oleh karena itu, pastiin lo submit videonya sebelum tanggal 15 September 2020 nanti.

Balik lagi nih ke tren gowes yang sedang dibahas, di momen lo sedang gowes bersama teman-teman, ada beberapa hal atau etika yang mesti lo perhatikan. Deretan etika ini bisa jadi acuan lo saat ingin bersepeda. Penasaran apa saja? Sila simak bahasan kali ini ya!

 

Gowes Pakai Masker

etika gowes saat new normal

Credit image: abc.net.au

Sudah diketahui bersama kalau penggunaan masker adalah langkah preventif yang efektif dan dianjurkan oleh berbagai pihak. Bahkan saat lo sedang bersepeda atau gowes, penggunaan masker sebaiknya jadi perhatian khusus.

Tapi bagaimana kalau bikin sesak? Ini bisa lo akali dengan menggunakan buff atau kain berbahan tubular, bro. Masker kain dengan bahan tubular itu bisa membuat lo lebih mudah bernafas sehingga gowes lo tentu akan semakin seru.

Penggunaan masker ini tidak hanya dilakukan saat lo sedang gowes, lho – tetapi juga saat lo dan teman-teman berkumpul. Pastikan lo bawa lebih dari satu masker karena jika sudah basah oleh keringat, bisa lo ganti dengan yang baru.

 

Tidak Terlalu Lama Nongkrongnya

etika gowes saat new normal

Credit image: review.bukalapak.com

Selain seru saat sedang menggowes sepeda dan menikmati jalanan yang lo lintasi, keseruan lain saat gowes adalah momen nongkrong bersama teman-teman lo. Biasanya lo nongkrong ke mana nih? Coffee shop? Atau convenience store saja nih?

Etika di bagian ini yang perlu lo perhatikan adalah tetap penggunaan masker, dan tidak perlu lama untuk momen nongkrongnya. Untuk sementara ini seperti itu dulu saja, bro. Pilihannya adalah lo bisa lanjut gowes lagi ke tempat lain atau gowes menuju rumah dan pulang.

 

Tidak Pindah-Pindah Grup Gowes

Etika selanjutnya yang bisa lo perhatikan adalah untuk tidak berpindah-pindah grup gowes, nih. Idealnya saat gowes adalah sendirian atau dalam kelompok kecil saja, namun terkadang jadi tidak seru sih ya kalau sedikit orang saja.

Kalau lo gowes dengan komunitas atau sebuah grup yang cukup besar, pastikan lo tidak berpindah-pindah ke grup lain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terlebih jika dilakukannya contact tracing.

Usahakan tetap berada di grup yang sama. Lagipula, jika berada di grup yang sama, lo juga sudah tahu bagaimana kondisi teman-teman gowes sehingga tidak terjadi kekhawatiran yang berlebihan. Kalau lo berpindah-pindah grup, pasti lo tidak mengetahui kondisi anggota lainnya di grup baru tersebut, kan.

 

Hindari Kerumunan

etika gowes saat new normal

Credit image: usnews.com

Tidak heran kalau satu spot dijadikan tempat finish banyak orang yang sedang gowes. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang bisa lo ketahui adalah hindari kerumunan walau memang lo finish di tempat yang sama.

Pasti ada saja tempat yang tidak dikerumuni orang dan lo bisa ke sana. Hindari kerumunan adalah hal yang bisa lo lakukan ketika gowes. Pastikan juga lo berkumpul dengan satu grup lo saja ya. Hal ini jelas melindungi diri lo sendiri dan melindungi kelompok atau grup lainnya.

Satu lagi, kebersihan tangan adalah salah satu hal yang cukup penting di kondisi seperti ini. Kalau lo sedang tidak menemukan fasilitas untuk mencuci tangan, pastikan lo membawa hand sanitizer untuk memastikan tangan lo tetap bersih saat sedang gowes, ya.

Wah bagaimana nih? Dari deretan etika bersepeda atau gowes yang sudah dijelaskan di atas – apakah lo sudah paham semuanya dan siap menerapkannya? Bisa lo terapkan untuk menjaga satu sama lain ya bro!

 

Feature Image – kompas.com

Comments
Fadya Aulia
etika bersepeda
Nasiban
Semakin keren