Trending
Selasa, 17 Juli 2018

Veledrome Jakarta, Terbaik di Asia!

  • Share
  • fb-share
Veledrome Jakarta, Terbaik di Asia!

Mata pencinta olahraga di seluruh Asia atau bahkan dunia bakal tertuju ke Indonesia pada bulan Agustus mendatang. Perhelatan terbesar di Asia, Asian Games, akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang. Sejak 3 tahun terakhir, Jakarta dan Palembang benar-benar berbenah. Venue lama diperbaiki habis-habisan untuk jadi lebih representatif dan nggak ketinggalan puluhan venue baru dibangun untuk kesuksesan Asian Games 2018. Salah satu venue paling keren adalah Jakarta International Velodrome.

Nggak tanggung-tanggung, venue yang menghabiskan dana pembangunan lebih dari 650 miliar rupiah ini didapuk menjadi venue velodrome terbaik di Asia oleh The Union Cycliste Internationale (UCI). Walaupun hanya merebutkan 6 medali emas dan diselenggarakan selama 5 hari di cabang cycling track, Indonesia nggak ingin sekadar membuat velodrome kategori biasa aja.

 

Detail Jakarta International Velodrome

Jika ngomongin soal velodrome, lo pasti akan melihat bagaimana sepeda balap fixed gear ada di mana-mana. Yup, yang digunakan untuk balapan di track velodrome ini adalah sepeda fixed gear dengan roda yang tipis banget. Jadi, lintasan yang dipasang ini nggak boleh sembarangan, harus sesuai standar agar para pembalap nyaman ketika melintas. Untuk mengatasi hal tersebut, velodrome di kawasan Rawamangun ini mengimpor secara langsung kayu khusus dari Jerman.

Jenis kayu yang dipakai di lintasan adalah Siberian Spruce dengan ketahanan sampai 30 tahun. Menariknya nih, Urbaners, kayu Siberian Spruce ini ternyata nggak tahan dengan cuaca panas. Jadi ketika sampai di sini, kelembapannya diturunkan sampai 70% agar lebih kuat dan cocok dengan cuaca di Indonesia. Pemasangan AC di dalam ruangan velodrome juga diatur sedemikian rupa agar kayu bisa lebih sempurna ketika dibuat balapan.

 

Kebanggaan Indonesia

Salah satu tujuan dari Asian Games ini nggak sekadar menjadi ajang olahraga terbesar di Asia, tetapi juga bagaimana membuat geliat olahraga di negara tuan rumah menjadi meningkat. Khusus untuk velodrome ini, setelah Asian Games di daerah sekitar bakal dibangun food court dan arena jogging. Velodrome sendiri bakal bisa dipakai untuk umum dan kejuaraan tingkat nasional serta internasional. Hmm, jadi nggak sabar buat nunggu Asian Games 2018.

 

Source: goodnewsfromindonesia.id

Comments
DENNY ADHY NUGROHO
Kebanggaan Indonesia
Mun mbah iban
Nice information