• Techno
  • Kitara: Evolusi Instrumen pada Gitar Digital

Kitara: Evolusi Instrumen pada Gitar Digital

Mon, 29 September 2014
Kitara Touchscreen Guitar

Urbaners pasti setuju kalau gitar selalu terlihat sebagai salah satu alat instrumen musik yang klasik. Tampilannya nyaris nggak berubah sejak dulu: badan meliuk dengan senar-senar yang kencang terpasang. Walau sempat berevolusi, itu hanya sebatas pada modifikasi fisik dan transformasi dari akustik ke elektrik. Selain itu, suaranya tetap khas, dan cuma bisa dirombak jika dipasangkan dengan perangkat-perangkat efek suara lainnya. Tapi kini, gitar udah benar-benar memasuki masa evolusi.

Misa Digital Instrumen memperkenalkan Kitara, yaitu gitar digital pertama tanpa senar. Gitar digital ini terlihat futuristik karena dilengkapi dengan layar touch screen sebesar 8 inchi serta enam tombol di tiap fret sebagai pengganti senar. Walau sama-sama memiliki 24 fret dan mampu menghasilkan 114 not, tetapi Kitara jelas berbeda dari gitar-gitar pendahulunya.

Di dalam Kitara, terpasang synthesizer poliponik yang dapat menghasilkan lebih dari seratus suara. Lebih dari itu, suara-suara yang dihasilkan tersebut dapat disunting dan dikombinasikan secara langsung dengan enam efek suara. Dengan kata lain, satu gitar Kitara sendiri mampu menciptakan jutaan suara yang berbeda. Semacam menjadi DJ dengan menggunakan gitar. Kalau lo masih belum puas dengan suara-suara yang dihasilkan, Kitara juga kompatibel dengan MIDI dan sistem operasi Linux. Hal ini memungkinkan lo untuk memprogram ulang Kitara, seperti memodifikasi suara dan programnya.

Layar touch screen yang langsung menjadi pusat perhatian itu pun bukan sekedar hiasan. Layar touch screen tersebut menampilkan fitur senar duplikasi digital yang membuat lo merasa seperti memetik senar sungguhan. Selain itu, lo juga bisa mengontrol pemutar efek suara dan parameter melalui layar ini. Perubahan suara yang dihasilkan berdasar posisi, jumlah, dan gerakan jari pada layar. Dan layaknya gitar-gitar lain, Kitara nggak lupa akan jek yang dapat dihubungkan ke amplifier.

Nah, Kitara seakan menjadi jawaban bagi lo yang udah putus asa dengan masalah senar putus, ujung jari nyeri, dan selalu nyetem berkali-kali. Suara gesekan jari dengan senar saat berpindah chord juga pastinya akan hilang. Sekarang, lo bisa memilih: memetik senar gitar konvensional, bereksperimen dengan gitar digital, atau memetik senar gitar konvensional dulu sambil menabung untuk benar-benar bisa bereksperimen dengan gitar digital.
 

Varian Gitar Kitara
Saat ini, Kitara memiliki dua varian yang perbedaannya terletak pada bahan dan harga. Kitara yang terbuat dari bahan polymer ABS dijual seharga US$ 849. Sedangkan, Kitara Limited Edition yang terbuat dari bahan aluminium dijual seharga US$ 2.899. Pihak Misa Digital Instrumen juga memberikan bonus photobook berisi perjalanan sejarah Kitara kepada pembeli Kitara Limited Edition.

Michael Zarimis: Pencipta Misa Digital
Michael Zarimis sebenarnya adalah seorang software engineer, hanya saja dia banyak menghabiskan waktu dengan bekerja di bidang embedded system, khususnya audio. Michael bahkan bekerja untuk guitar tube amp & effects company. Dirinya selalu memimpikan akan ada saatnya gitar digital bersanding dengan drum digital dan keyboard digital di atas panggung konser musik. Jadi, Kitara sendiri merupakan realisasi dari mimpinya selama ini.

Dari Australia ke Hongkong
Awalnya, Misa Digital bermarkas dan berproduksi di Australia. Namun, Michael Zarimis memutuskan untuk pindah ke Hongkong demi menciptakan produk berkualitas tinggi. Misa Digital pun akhirnya pindah ke Hongkong dan siap mengirimkan pesanan sejak April 2011.

Filter Instagram Terkeren yang Harus Lo Coba

Thursday, January 16, 2020 - 17:31
Instagram memiliki beragam fitur yang asyik dicoba, salah satunya filter di Instagram Stories

Instagram saat ini telah menjadi salah satu media sosial yang paling digemari. Instagram bahkan juga menjadi media sosial favorit dari banyak selebriti populer hingga para pemimpin dunia. Banyaknya fitur yang lucu di Instagram membuat media sosial yang satu ini begitu dicintai. Salah satu fitur yang paling sering digunakan dan sangat populer tentunya Instagram Stories.  

Fitur andalan dari Instagram ini memang sangat seru dan menarik. Pihak Instagram pun terus-menerus membuat inovasi agar fitur yang satu ini semakin dicintai. Mereka bahkan berkolaborasi dengan sejumlah brand dan tokoh terkenal untuk membuat filter yang unik dan kece di Instagram Stories.

 

Cara Mencoba Filter Keren di Instagram

Buat lo yang belum pernah mencoba filter di Instagram nggak perlu sedih karena bakalan kita jabarkan langkah-langkahnya dengan jelas. Hal pertama yang harus lo lakukan tentunya buka akun Instagram pribadi. Kemudian klik ikon kamera yang ada di bagian kiri atas. Kemudian lo bisa memilih salah satu filter yang tersedia di bagian bawah. Lo juga bisa memilih ‘browse effect’ dan memilih kategori filter yang ingin dicoba mulai dari Instagram, selfie, love dan masih banyak yang lainnya. Jika sudah menentukan pilihan, lo bisa mencobanya dan langsung diposting di Instagram Stories.

 

Filter Keren di Instagram Stories yang Bisa Lo Coba

Instagram memang sudah menyediakan beragam filter kece di Instagram Stories. Namun, ada beberapa filter yang nggak kalah kerennya yang harus lo cobain seperti berikut ini:

 

  • HeadQuiz dari @karetsatu

    Filter HeadQuiz sangat seru untuk dicoba

    Filter yang satu ini cukup viral dan sering muncul di Instagram. HeadQuiz adalah filter dengan jenis game yang cukup unik dan seru. Jika lo tertarik menggunakannya hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan follow pembuat filter tersebut yaitu akun @karetsatu. Cara menggunakan filternya mirip seperti saat lo ingin menggunakan filter. Namun jangan lupa, arena filter ini hanya bisa digunakan dengan kamera belakang.

  • Freckles dari @bdimitrov

    Filter Freckles bisa bikin penampilan lo jadi lebih cakep seperti saat pakai make up

    Tren makeup freckles akhir-akhir ini memang sangat disukai oleh para wanita. Namun kini lo nggak perlu susah-susah menggunakan makeup karena untuk mendapatkan freckles yang cantik juga bisa didapatkan dari filter Instagram Stories lho. Follow akun @bdimitrov dan nanti kalian bisa langsung mencoba filter cakep yang satu ini.

  • Retrofilm dari @yanka.onuchina

    Filter Retrofilm juga wajib dicoba jika ingin postingan lo terlihat lebih aesthetic

    Nah jika lo ingin mencoba memiliki foto dan video pendek dengan tema retro maka coba dulu deh filter yang satu ini. Filter Retrofilm dari @yanka.onuchina ini bisa banget dicoba agar Instagram Stories lo nggak gitu-gitu aja nih Urbaners!

 

Itulah 3 filter keren Instagram yang harus segera lo coba. Jadi tertarik mencoba yang mana, Urbaners?

 

 

Sources: tribunnews.com