• Techno
  • Kitara: Evolusi Instrumen pada Gitar Digital

Kitara: Evolusi Instrumen pada Gitar Digital

Mon, 29 September 2014
Kitara Touchscreen Guitar

Urbaners pasti setuju kalau gitar selalu terlihat sebagai salah satu alat instrumen musik yang klasik. Tampilannya nyaris nggak berubah sejak dulu: badan meliuk dengan senar-senar yang kencang terpasang. Walau sempat berevolusi, itu hanya sebatas pada modifikasi fisik dan transformasi dari akustik ke elektrik. Selain itu, suaranya tetap khas, dan cuma bisa dirombak jika dipasangkan dengan perangkat-perangkat efek suara lainnya. Tapi kini, gitar udah benar-benar memasuki masa evolusi.

Misa Digital Instrumen memperkenalkan Kitara, yaitu gitar digital pertama tanpa senar. Gitar digital ini terlihat futuristik karena dilengkapi dengan layar touch screen sebesar 8 inchi serta enam tombol di tiap fret sebagai pengganti senar. Walau sama-sama memiliki 24 fret dan mampu menghasilkan 114 not, tetapi Kitara jelas berbeda dari gitar-gitar pendahulunya.

Di dalam Kitara, terpasang synthesizer poliponik yang dapat menghasilkan lebih dari seratus suara. Lebih dari itu, suara-suara yang dihasilkan tersebut dapat disunting dan dikombinasikan secara langsung dengan enam efek suara. Dengan kata lain, satu gitar Kitara sendiri mampu menciptakan jutaan suara yang berbeda. Semacam menjadi DJ dengan menggunakan gitar. Kalau lo masih belum puas dengan suara-suara yang dihasilkan, Kitara juga kompatibel dengan MIDI dan sistem operasi Linux. Hal ini memungkinkan lo untuk memprogram ulang Kitara, seperti memodifikasi suara dan programnya.

Layar touch screen yang langsung menjadi pusat perhatian itu pun bukan sekedar hiasan. Layar touch screen tersebut menampilkan fitur senar duplikasi digital yang membuat lo merasa seperti memetik senar sungguhan. Selain itu, lo juga bisa mengontrol pemutar efek suara dan parameter melalui layar ini. Perubahan suara yang dihasilkan berdasar posisi, jumlah, dan gerakan jari pada layar. Dan layaknya gitar-gitar lain, Kitara nggak lupa akan jek yang dapat dihubungkan ke amplifier.

Nah, Kitara seakan menjadi jawaban bagi lo yang udah putus asa dengan masalah senar putus, ujung jari nyeri, dan selalu nyetem berkali-kali. Suara gesekan jari dengan senar saat berpindah chord juga pastinya akan hilang. Sekarang, lo bisa memilih: memetik senar gitar konvensional, bereksperimen dengan gitar digital, atau memetik senar gitar konvensional dulu sambil menabung untuk benar-benar bisa bereksperimen dengan gitar digital.
 

Varian Gitar Kitara
Saat ini, Kitara memiliki dua varian yang perbedaannya terletak pada bahan dan harga. Kitara yang terbuat dari bahan polymer ABS dijual seharga US$ 849. Sedangkan, Kitara Limited Edition yang terbuat dari bahan aluminium dijual seharga US$ 2.899. Pihak Misa Digital Instrumen juga memberikan bonus photobook berisi perjalanan sejarah Kitara kepada pembeli Kitara Limited Edition.

Michael Zarimis: Pencipta Misa Digital
Michael Zarimis sebenarnya adalah seorang software engineer, hanya saja dia banyak menghabiskan waktu dengan bekerja di bidang embedded system, khususnya audio. Michael bahkan bekerja untuk guitar tube amp & effects company. Dirinya selalu memimpikan akan ada saatnya gitar digital bersanding dengan drum digital dan keyboard digital di atas panggung konser musik. Jadi, Kitara sendiri merupakan realisasi dari mimpinya selama ini.

Dari Australia ke Hongkong
Awalnya, Misa Digital bermarkas dan berproduksi di Australia. Namun, Michael Zarimis memutuskan untuk pindah ke Hongkong demi menciptakan produk berkualitas tinggi. Misa Digital pun akhirnya pindah ke Hongkong dan siap mengirimkan pesanan sejak April 2011.

GAMING SAMPAI PUAS! Siap Buat Nyaman Sama Samsung Odyssey?

Wed, 16 September 2020
Samsung Odyssey G9 buat gaming masa depan

Dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih ini, #MauLagiDimanapun lo bisa buat main game. Mulai dari mobile game yang bisa lo mainkan di smartphone, sampai konsol yang bisa lo bawa ke mana-mana seperti Nintendo Switch, lo bisa isi waktu luang dengan main game.

Tapi pengalaman main game di smartphone atau konsol Seperti Nintendo Switch adalah pengalaman yang terhitung biasa saja atau konvensional. Maka dari itu, berbagai developer game dan developer console – berlomba-lomba menciptakan terobosan baru.

Salah satu terobosan yang akhirnya dirilis oleh Samsung adalah layar lengkung yang bisa membawa lo ke pengalaman gaming yang luar biasa berbeda. Samsung Odyssey is ready to take you to the next level gaming experience!

Dasar dari Samsung mengeluarkan seri Odyssey ini adalah di mana angka gamer dan perkembangannya melesat naik ketika di Indonesia sendiri diterapkan pembatasan sosial dengan skala yang cukup besar.

Melihat ini sebagai potensi pertumbuhan yang menjanjikan, Samsung merilis monitor untuk gaming dengan fitur yang luar biasa berbeda daripada pengalaman sebelumnya. Namun karena ini monitor, jadi tidak bisa lo bawa ke mana-mana.

Memangnya ada fitur-fitur apa saja sih yang dilengkapi di layar lengkung dari Samsung ini? Untuk lo yang biasa main game menggunakan pc dan internet – layar Samsung atau monitor dari Samsung ini perlu lo miliki karena fiturnya yang luar biasa.

Penasaran sama fitur yang ada di layar lengkung luar biasa dari Samsung ini? Daripada penasaran sendiri, sila simak bahasan kali ini buat selengkapnya ya!

 

Rilis Dengan Dua Seri Berbeda

Samsung Odyssey G9 rekomendasi buat main game yang nyaman!

Credit Image: samsung.com

Hal pertama yang perlu lo ketahui dari Samsung Odyssey ini adalah ada dua seri layar yang berbeda. Pertama adalah Samsung Odyssey G9 dan yang kedua adalah Samsung Odyssey G7. Perbedaanya cukup sederhana, pertama ada di ukuran layarnya, dan yang kedua ada di harganya.

Samsung Odyssey G9 menawarkan ukuran layar yang mencapai 49 inci di mana harganya kurang lebih 25 juta rupiah. Lalu, Samsung Odyssey G7 ada dengan ukuran layar yang lebih kecil yaitu 32 inci dengan harga 14 juta rupiah dan ukuran layar 27 inci dengan harga kurang lebih 12 juta rupiah.

Soal harga mungkin ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan gaming lo. Buat lo yang mau sekalian menjadikan set game lo paling oke, Samsung Odyssey G9 adalah yang direkomendasikan karena memang memberikan pengalaman main game yang beda dan luar biasa daripada yang lainnya.

 

Fitur-Fitur Mutakhir!

Samsung Odyssey G9 rekomendasi buat main game yang nyaman!

Credit Image: pemmzchannel.com

Samsung Odyssey G9 memiliki waktu respons 1 ms (GTG) yang cepat di mana monitor bisa merespons sinyal input grafis hanya dalam 0,001 detik saja. Lalu refresh rate yang mencapai 24oHz dan menghadirkan kualitas gambar QLED paling jernih.

Kejernihan itu berada di dalam resolusi layar dengan ukuran 5120x1440 Dual Quad HD dengan kelengkungan layar mencapai 1000R dan rasio aspek 32:9 Super Ultra-Wide. Dengan berbagai spek serta fitur seperti di atas, jelas pengalaman gaming lo makin imersif!

Fitur-fitur Samsung Odyssey G9 tidak berhenti sampai di situ saja. Adegan di dalam game dijamin bakal mulus dan makin dinamis terkait dengan fitur NVIDIA G-SYNC Compability dan Adaptive Sync lewat koneksi kabel DP1.4.

Seluruh tampilannya akan dilengkapi lagi dengan teknologi HDR1000 dan teknologi Samsung QLED yang menghasilkan warna lebih murni, lebih cerah sampai lebih nyata dari pada yang sebelumnya. Dari fitur-fitur seperti ini, jelas pengalaman gaming lo akan di atas yang lainnya.

Samsung Odyssey ini ditargetkan untuk mereka yang suka dengan kemajuan teknologi, para casual gamer sampai mereka yang sudah menjadi atlet e-sport professional untuk mendapatkan pengalaman main game berbeda daripada sebelumnya.

Samsung Odyssey ini sudah rilis di bulan Agustus 2020 kemarin dan ini artinya lo bisa cop sekarang juga biar bisa merasakan pengalaman luar biasa yang ditawarkan. Wah bagaimana nih bro? Tunggu apalagi! Langsung saja gas buat pengalaman main game yang luar biasa!

 

Feature Image – gizmologi.id