Trending
Senin, 05 Januari 2015

Mobil Hidrogen, Mobil Masa Depan

  • Share
  • fb-share
Mobil Hidrogen, Mobil Masa Depan

Teknologi ramah lingkungan saat ini telah menjadi pilihan bagi banyak masyarakat urban, termasuk dalam bidang transportasi. Selain maraknya gerakan bike to work sebagai salah satu cara mengurangi polusi, sekarang sistem transportasi ramah lingkungan juga semakin menjadi pilihan pada masa datang. Produsen terus berupaya menciptakan kendaraan berbahan bakar alternatif, yang mampu mengurangi emisi dan menekan konsumsi energi, menjadi solusi atas krisis kesehatan, iklim dan pemanasan global.

 

Mobil Hybrid dan Mobil Listrik

Mungkin lo pernah dengar tentang mobil hybrid dan mobil listrik, dua jenis kendaraan ini adalah solusi yang pernah dicoba untuk dikembangkan sebagai teknologi transportasi ramah lingkungan. Selain kedua jenis mobil tadi, sekarang juga sudah muncul mobil bersel bahan bakar (FCV, Fuel Cell Vehicle) yang berbahan bakar hydrogen yang relatif lebih bersih dan ramah lingkungan.

Riversimple, sebuah perusahaan yang memproduksi kendaraan ramah lingkungan telah berhasil menciptakan prototype mobil listrik bertenaga hydrogen. Mobil yang juag diberi nama riversimple ini berdaya tampung dua orang dan didukung dengan mesin yang berbahan bakar hydrogen sehingga tidak ada gas buang yang keluar, bahkan yang keluar dari knalpotnya adalah air! mobil ini bisa berjalan sampai 300 kilometer dan bisa diisi ulang dalam waktu 3 menit. Untuk performa, mobil ini mampu berlari dari 0-48 km dalam waktu 5,5 detik dan hanya mampu mencapai kecepatan puncak 80 km/jam.

Selain riversimple, pabrikan besar seperti Toyota pun juga telah mengembangkan teknologi itu. Toyota berhasil mengembangkan perangkat fuel cell yang menghasilkan listrik melalui reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen untuk menyalakan motor penggerak. Teknologi ini mampu menggantikan bensin sebagai bahan bakar dengan hidrogen sebagai sumber energi yang ramah lingkungan, tanpa emisi dan sisa pembakaran juga keluar dalam bentuk air. Dengan sekali pengisian bahan bakar, mobil yang diberi nama Toyota Mirai ini mampu berjalan hingga 700 kilometer.

Urbaners yang berminat untuk memiliki mobil-mobil tadi masih harus bersabar, karena mobil hydrogen itu baru akan dilepas ke pasaran saat infrastruktur khususnya stasiun pengisi bahan bakarnya sudah siap.

 

 

Comments
Epul Saepuloh
Keren mobilnya
Putra ragil
Good information