Trending
Selasa, 21 April 2015

Pesawat Kargo Supersonik dari Rusia

  • Share
  • fb-share
Pesawat Kargo Supersonik dari Rusia

Kecepatan supersonik biasanya dimiliki oleh pesawat jet tempur ataupun mobil balap. Tapi apa jadinya kalau pesawat kargo juga punya kecepatan supersonik, pasti barang yang dikirimkan akan tiba lebih cepat di tempat tujuan. Meskipun sudah memiliki pesawat angkut raksasa terbesar didunia Antonov AN 225 Mirya, tetapi saat ini Rusia ternyata sedang mengembangkan pesawat Argo khususnya untuk transportasi militer yang hebatnya selain berukuran jumbo, tapi juga memiliki kecepatan supersonik lebih dari 1.200 mil per jam. Lihat nih, Urbaners!

Meski saat ini masih berupa konsep, tapi Rusia menargetkan 80 unit pesawat itu akan siap terbang pada 2024 mendatang. Pesawat yang diberi kode nama PAK TA ini dirancang untuk mampu mengangkut tujuh buah tank atau setara dengan beban 200 ton. Pesawat ini memiliki satu mesin besar utama, ditempatkan di bagian atas dan ada 2 mesin yang membantu daya dorong pesawat, ditempatkan disisi kiri dan kanan pesawat. Mesin tersebut tipe hybrid atau mengunakan energi baterai yang dihasilkan mesin utama.

Bisa lo bayangin saat nanti pesawat ini sudah jadi semuanya, pihak Rusia akan mampu mengirimkan 400 tank ke mana saja di seluruh dunia dalam waktu singkat. Walaupun proyek ambisius ini terdengar hebat, ternyata banyak ahli penerbangan yang menyangsinkan keberhasilan ide tersebut, pasalnya tidak semua landasan akan bisa didarati oleh pesawat ini, selain itu bentuknya yang besar akan membuat pesawat menjadi sasaran empuk bagi musuh.

Mesin hybrid yang direncanakan akan dipakai di pesawat ini juga masih diragukan kebenarannya, karena teknologi hibrida untuk pesawat supersonik dikatakan belum siap. Pesawat kargo supersonik ini dikembangkan oleh perusahaan penerbangan Ilyushin sebuah perusahaan penerbangan Rusia yang berdiri mulai 1933. Pesawat kargo militer tercepat saat ini dimiliki oleh Amerika Serikat dengan kecepatan 518 mil per jam.

Kesampingkan sejenak soal tujuannya di dunia nyata dan perhatikan lagi bentuk pesawat ini Urbaners, rasanya kayak lagi menyaksikan pesawat komando-nya para superhero macam X-Men ya Urbaners? 

 

 

 

 

Comments
Selvi eyang surun
Mantap bro
Selvi RC
Mantap broo