Trending
Jumat, 29 Mei 2015

Arduboy: Card-Sized Game Console

  • Share
  • fb-share
Arduboy: Card-Sized Game Console

Pernah merindukan masa kejayaan Game Boy? Game console yang sempat populer di tahun 1990-an itu memang menawarkan berbagai jenis permainan yang kini menjadi legendaris. Kalau lo termasuk orang yang mengharapkan kembali kehadiran Game Boy, bersiaplah untuk menyambut Arduboy, sebuah game console yang sangat mirip dengan Game Boy, namun memiliki ukuran super-mini!

Jika dilihat sekilas, penampilan fisik Arduboy langsung menarik perhatian: sangat tipis dengan ukuran mungil yang hanya sebesar kartu kredit. Arduboy juga memiliki enam tombol yang nyaris sama persis dengan game console klasik Game Boy. Bukan hanya itu, Arduboy pun ditemani dengan sejumlah game yang mirip dengan game-game legendaris dalam Game Boy.

Contohnya game Ardumon yang mirip dengan Pokemon, Alien Attack yang mirip dengan Space Invaders, dan Maruino yang bisa dibilang sebagai versi lain dari Super Mario Bros. Lo juga bisa men-download berbagai games online lainnya secara gratis melalui semacam online library yang telah disediakan.

Berkat dukungan DIY computing technology yang bernama Arduino, Arduboy jadi lebih dari sekedar game console. Dengan Arduboy, lo bisa menciptakan dan menyebarluaskan game hasil karya lo sendiri. Lo juga bisa menjadikan Arduboy sebagai digital business card pribadi dengan tampilan CV atau QR code. Lebih dari itu semua, Arduboy mampu menjadi remote control untuk menerbangkan drone!

Untuk masalah spesifikasi, Arduboy tampil sederhana dengan processor yang sama dengan Arduino Micro, 32 kb flash memory, 2,5 kb RAM, layar OLED berkapasitas 128 x 64 dengan warna 1-bit hitam dan putih, serta dua channel Piezo speakers.

Saat ini, Arduboy masih dalam bentuk prototype. Produk akhirnya yang dibanderol dengan harga $39 diperkirakan bakal beredar pada bulan Oktober 2015 nanti. Kalau lo tertarik dengan Arduboy, lo bisa melakukan pre-order di situs Kickstarter. Game console ini terbilang laris karena udah terjual lebih dari 1.200 buah dan menghasilkan pendapatan sebesar $324,041. Dapat dipastikan, nominal angka tersebut akan terus merangkak naik, seiring dengan semakin gencarnya promosi yang dilancarkan oleh Arduboy.

Dengan semua fitur yang dimilikinya, Arduboy tampak seperti reinkarnasi dari Game Boy. Ukuran mungilnya pun membuat dirinya bisa disimpan di dalam dompet, sehingga mudah dibawa dan meminimalisir kemungkinan tertinggal. Nah, apakah lo siap bernostalgia bersama Arduboy, Urbaners?

 

 

Comments
Argha hendriandika
Mantapnya pol
sumardiyono
reinkarnasi dari Game Boy