Trending
Sabtu, 27 Juni 2015

Ucapkan Selamat Tinggal Kepada Yahoo Messenger

  • Share
  • fb-share
Ucapkan Selamat Tinggal Kepada Yahoo Messenger

Pada tahun 2003 atau 18 tahun lalu, hampir nggak ada yang mengalahkan kepopuleran Yahoo Messenger atau yang akrab disingkat YM. Tepatnya pada tanggal 9 Maret 1998, Yahoo meluncurkan aplikasi pengirim pesan instan yang dinamakan Yahoo Pager. Wajar, ketika itu Pager adalah salah satu alat komunikasi paling favorit. Tidak lama setelah itu Yahoo merubah nama aplikasinya tersebut menjadi Yahoo Messenger. Dan di tahun 2005, Yahoo Messenger ini menjadi alat komunikasi terbesar nomor 2 di dunia. Sebanyak 40% pengguna internet di dunia saat itu memakai Yahoo Messenger.

Kabar mengejutkan datang dari Yahoo pada tanggal 6 Juni 2016 kemarin. Yahoo mempunyai tekad bulat untuk menutup service dari Yahoo Messenger. Kesuksesan YM pada tahun 2005 tersebut seakan terhapus sekarang. YM nggak akan bisa digunakan lagi mulai tanggal 5 Agustus 2016.

 

Yahoo sudah tertatih-tatih

Pada era 2000an, nggak ada yang mengalahkan keunggulan dari Yahoo. Mulai dari masalah mesin pencari, email, sampai aplikasi messenger Yahoo masih menjadi nomor 1. Walaupun pada saat itu juga ada Google, Yahoo masih bisa menikmati masa kejayaannya. Tetapi Google yang terus berbenah mengetahui kelemahan dari Yahoo, yaitu terlalu banyak fitur. Google hadir dengan fitur yang sangat sederhana, lebih bersih dan lebih rapi.

Setelah menutup kantornya di Indonesia pada awal 2013 lalu, Yahoo juga satu per satu menutup beberapa kantornya di seluruh dunia. Bahkan di Asia Tenggara, kantor Yahoo tinggal di Singapura. Yang paling kasihan lagi adalah pada bulan Februari 2016 kemarin Yahoo mengatakan akan memecat 15% karyawannya di seluruh dunia.

Yahoo Labs, salah satu pusat pengembangan aplikasi dan science dari Yahoo juga tutup pada tahun 2016 ini. Kemudian menyusul ada Yahoo Recommends yang juga tutup pada tahun 2016. Padahal Yahoo Recommends ini sempat menjadi aplikasi yang sangat keren ketika diluncurkan pada tahun lalu.

Yahoo sekarang memang berada di ambang kematian. Bahkan kabarnya Google akan bersedia membantu Yahoo dengan cara membeli saham seluruhnya.

 

Source: venturebeat.com

Comments
Mursidin
Keren banget
Mila Septiani
Singapura..