Trending
Senin, 07 September 2015

Lumos : LED Smart Bicycle Helmet

  • Share
  • fb-share
Lumos : LED Smart Bicycle Helmet

Mengendarai sepeda di jalan raya pada malam hari memang cukup berbahaya terlebih jika saat itu jalanan sedang ramai dan banyak mobil yang berlalu – lalang. Ada kalanya pengendara mobil nggak bisa melihat pengendara sepeda dikarenakan pencahayaan yang kurang, tapi jangan khawatir karena sekarang ada solusinya. Lumos, sebuah perusahaan yang berpusat di Boston, membuat sebuah terobosan baru berama LED Smart Bicycle Helmet.

Secara garis besarnya, helm ini berfungsi sebagai lampu sen untuk sepeda, pengguna hanya perlu menekan tombol pada remote control wireless yang berada di gagang sepeda yang nantinya remote tersebut akan menghasilkan bunyi ketika di tekan sehingga pengguna akan mengetahui jika sinyalnya sudah aktif.  

Smart helmet mempunyai tiga lampu indikator yang tersusun dari 60 lampu LED, yaitu  penunjuk arah kiri dan kanan, dan lampu rem. Lampu rem tersebut tersambung kepada sebuah accelerometer yang terdapat pada bagian belakang helm untuk mendeteksi jika pengguna mengurangi kecepatan, dan otomatis memberi tanda kepada pengendara lain juga. Baik helm maupun remote controlnya sama – sama tahan air sehingga pengendara nggak usah takut berkendara sambil hujan hujanan. Selain itu helm ini juga menggunakan betere 100 mAh yang dapat di charge menggunakan kabel USB selama 2 setengah jam sampai terisi penuh. Lumos berkata bahwa batere dapat bertahan seminggu penuh sekiranya dipakai selama 30 menit setiap hari.

Sementara Lumos LED Smart Bicycle Helmet masih dalam tahap proses kickstarter dimana dana yang terkumpul hingga saat ini sudah mencapai $125.000 pada hari pertama. Jumlah tersebut sudah melebihi target. Lumos berencana untuk memulai produksi pada January 2016 nanti dan jika nggak ada halangan proses pemasaran akan dijalankan pada bulan April. Untuk harga, Lumos Bike Helmet akan dihargai sebesar $170.

Source : hiconsumption.com, gizmag.com

 

 

Comments
Riza Astuti
LED Smart Bicycle Helmet
DEVI TRI HANDOKO
Smart helmet mempunyai tiga lampu indikator yang tersusun dari 60 lampu LED, yaitu penunjuk arah kiri dan kanan, dan lampu rem. Lampu rem tersebut tersambung kepada sebuah accelerometer yang terdapat pada bagian belakang helm untuk mendeteksi jika pengguna mengurangi kecepatan, dan otomatis memberi tanda kepada pengendara lain juga. Baik helm maupun remote controlnya sama – sama tahan air sehingga pengendara nggak usah takut berkendara sambil hujan hujanan. Selain itu helm ini juga menggunakan betere 100 mAh yang dapat di charge menggunakan kabel USB selama 2 setengah jam sampai terisi penuh. Lumos berkata bahwa batere dapat bertahan seminggu penuh sekiranya dipakai selama 30 menit setiap hari.