Trending
Rabu, 16 September 2015

Bikin Karya 3D Kapan pun Lo Mau

  • Share
  • fb-share
Bikin Karya 3D Kapan pun Lo Mau

Printer 3D ini ternyata bukan sesuatu yang benar-benar baru, karena alat seperti ini ternyata telah ditemukan sejak tahun 1984. Sang penemu yaitu Chuck Hull mencoba mengembangkan printer 3D dengan membuat perusahaan bernama 3D System Corporation.

Kemudian printer 3D ini seakan tenggelam ditelan bumi, hampir 20 tahun lebih printer 3D ini nggak ada berita. Tapi pada tahun 2010, printer 3D seakan menjadi fenomena baru di dunia teknologi. Beberapa printer 3D yang mempunyai kecepatan, ketepatan serta harga yang cukup terjangkau mulai masuk ke pasar dunia.

Jika lo biasanya lihat printer 3D yang bisa ngeprint sendiri, ternyata masih ada yang lebih canggih lho urbaners. Sekarang inovasi printer 3D nggak jamannya lagi ngeprint sendiri, lo bisa bentuk apapun dengan printer 3D sesuai keingan. Entah apapun pekerjaan lo, desainer, arsitek atau bahkan lo emang senang ngegambar.

Inilah beberapa produk yang bisa lo gunakan untuk membuat karya 3D sendiri tanpa membutuhkan banyak ruang seperti layaknya printer biasa.

The LIX 3D Printing Pen

Produk yang pertama adalah The LIX 3D Printing Pen, seharga 140 dolar atau setara 1.6 juta rupiah ini merupakan produk baru keluaran The LIX. The LIX sendiri merupakan project Kickstarter yang mendapatkan pendanaan 700 ribu poundsterling atau sekitar 15 miliar rupiah. The LIX ini juga termasuk bolpoin printer 3D terkecil di dunia. Dengan ukuran sebesar bolpoin, tentu The LIX menjadi pilihan pertama untuk para desainer, arsitek atau artis.

The 3doodler Pen

Ini merupakan saingan dari The LIX yaitu The 3doodler Pen. Jika The LIX menahbiskan diri sebagai bolpoin printer 3D terkecil di dunia, maka The 3doodler Pen menyebut dirinya sebagai bolpoin printer 3D pertama di dunia. Penggunaannya pun hampir sama dengan The LIX, The 3doodler Pen ini juga bisa membuat cetakan 3D.

Perbedaan yang paling mencolok adalah harganya, harga The 3doodler Pen dijual seharga 99 dolar atau sekitar 1 juta rupiah. Bentuk The 3doodler Pen juga agak sedikit gemuk, jadi agak sulit dipegang jika dibandingkan dengan The LIX.

Macam-macam karya dari 3D Printing Pen

Jika lo masih bingung gimana sih hasilnya 3D printing pen ini, lo bisa liat hasilnya dibawah ini. Beberapa karyanya sangat bagus, mulai dari membuat menara Eiffel, sepatu sampai hal sederhana seperti box 3D.

Bagi lo yang menyukai segala sesuatu tentang art dan design tapi nggak mau direpotkan dengan besarnya ukuran 3D printer jaman sekarang, maka 3D printing pen ini adalah jawaban yang tepat. Sudah siap untuk berkarya, Urbaners?

Source : tctechcrunch2011, www.tbreak.com, 3dprinting.com

 

 

Comments
subkhan al'aziz
nice infonya
Selvi RC
Wuih keren bener