Trending
Rabu, 23 September 2015

Qlue, Untuk Indonesia Lebih Baik

  • Share
  • fb-share
Qlue, Untuk Indonesia Lebih Baik

Sekarang hampir semua anak muda di Indonesia pake smartphone. Bahkan lo sekarang mungkin punya sampai 2 smartphone, padahal nggak tahu satunya itu dibuat ngapain. Aplikasi yang paling banyak lo gunakan mungkin hanya media sosial, mulai dari Twitter, Facebook, Instagram ataupun Path. Tapi adakah aplikasi di smartphone lo sekarang ini yang asli buatan anak bangsa Indonesia?

Memang jarang banget aplikasi dari Indonesia yang mendapatkan perhatian khusus. Sekarang kami bakal ngebahas salah satu aplikasi buatan asli Indonesia yang fungsional banget, yaitu Qlue. Di aplikasi ini lo bisa melaporkan masalah lingkungan yang ada di sekitar.

Lo pasti tahu kan kalau masalah lingkungan di Jakarta itu menjadi sorotan utama. Mulai dari jalanan rusak, masalah got atau sanitasi yang tersumbat sampai masalah jalanan yang rusak. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan lokal TetralogiQ merupakan bagian dari program Smart City Jakarta.

Diharapkan, semua warga di Jakarta dapat melaporkan apa yang menjadi keluhan atau keresahan masalah lingkungan yang ada di Jakarta. Selain melaporkan, ternyata lo bersama temen-temen lo bisa berdiskusi untuk membahas masalah lingungan tersebut.

Terinspirasi ketika membuat situs Jakarta.go.id

Co-Founder sekaligus CEO dari PT TetralogiQ Integrasi Solusi, Rama Aditya mengaku ide membuat aplikasi Qlue ini muncul setelah mendapatkan proyek situs Jakarta.go.id. Kemudian pihaknya langsung menawarkan membuat aplikasi pelaporan masyrakat. Rama sendiri juga melihat kerasahan masyarakat Jakarta yang bingung dimana akan mengadu tentang masalah lingkungan.

Qlue ini sudah bisa didownload di Android mulai Desember 2014 kemarin dan pada bulan April 2015 kemarin, setidaknya sudah ada 40 ribu download. 80% dari total pengguna merupakan user active.

Laporan akan langsung di proses oleh pemerintah

Jika lo mempunyai laporan tentang masalah lingkungan di Jakarta, lo bisa langsung kirim foto dan pengaduan masalah di aplikasi Qlue ini. Masalah lo kemudian di proses dan langsung masuk ke website smartcity.jakarta.go.di. kemudian pemerintah DKI Jakarta langsung merespon pengaduan warga dan menindaklanjutinya.

Keren kan, aplikasi buatan anak bangsa ini bisa membuat Jakarta lebih baik. Coba bayangin kalo aplikasi ini dikembangkan diseluruh kota atau daerah di Indonesia. komunikasi rakyat dengan pemerintah jadi lebih baik bukan?

Source: pricebook.co.id, www.layoverguide.com, www.pcplus.co.id

 

 

Comments
SRI YAYA ASTUTI
Diharapkan, semua warga di Jakarta dapat melaporkan apa yang menjadi keluhan atau keresahan masalah lingkungan yang ada di Jakarta. Selain melaporkan, ternyata lo bersama temen-temen lo bisa berdiskusi untuk membahas masalah lingungan tersebut.
Muntakhimah
Wah bagus tuh