Trending
Senin, 05 Oktober 2015

Drone NASA Untuk Mars dan Bulan

  • Share
  • fb-share
Drone NASA Untuk Mars dan Bulan

Tidak lama lagi Urbaners, bakal ada manusia yang akan menjelajahi Mars. Menurut rencana dari NASA, setidaknya tahun 2020 nanti akan ada orang Bumi pertama yang turun ke permukaan planet nomor empat dari Matahari itu. Tapi sebelum itu, NASA harus menguji beberapa hal dahulu nih Urbaners, sebelum memastikan pada tahun 2020 akan ada manusia yang akan ubek-ubek planet Mars.

Pengujian pertama adalah mereka akan mengirimkan pesawat tanpa awak atau drone yang akan menjelajahi permukaan planet Mars. Masih belum diketahui nama dari Drone ini, tetapi menurut NASA drone ini nggak hanya menjelajahi planet Mars, tetapi juga bulan serta beberapa asteroid yang ada di luar angkasa.


 

Mencari sumber kehidupan

Menurut beberapa ilmuwan luar angkasa, di Mars tidak ada tanda-tanda kehidupan. Tapi bukan berarti planet Mars tidak bisa di tempati atau dihuni oleh makhluk hidup. Di planet Mars tersebut diketahui merupakan satu-satunya planet yang terdeteksi ditemukan senyawa yang mirip dengan bumi.

Drone inilah yang akan membuktikannya. Drone ini akan mengobok-ngobok semua tempat di Mars yang dirasa memiliki beberapa senyawa pendukung untuk dihuni oleh makhluk hidup. Senyawa tersebut diantarnya adalah oksigen, karbondioksida, air, perak atau bahkan emas. Senyawa tersebut memang terdeteki oleh pesawat yang lebih dahulu mendarat di Mars, tetapi pesawat tersebut tidak sampai membawa contoh senyawa yang ada di Mars.

Ada beberapa daerah di Mars yang memiliki bentuk tanah yang sangat curam. Itulah kesulitan yang dimiliki oleh NASA, mereka tidak bisa menjangkau daerah tersebut. Akhirnya dibangunlah drone dengan fungsi yang sangat menunjang untuk eksplorasi planet Mars. Drone ini bakal bisa memanjat tebing, menghancurkan beberapa batu sampai menggali tanah apakah terdapat air atau tidak.

 

Tidak hanya Mars, Drone ini bakal mendarat di bulan dan asteroid

Selain mendarat di Mars, drone ini bakal mendarat di bulan serta asteroid sekitar bumi. Tapi tidak sembarangan bulan, drone ini bakal mendarat di bagian gelap bulan yang selama ini jarang dijamah para astronot dunia. Selain itu, drone ini akan mendarat di asteroid untuk mengambil sample beberapa batuan di asteroid.

Kemajuan teknologi sangat menunjuang dalam urusan luar angkasa ya Urbaners. Biasanya lo ngeliat di film beberapa orang tinggal di Mars, mungkin 10 atau 20 tahun lagi ada hal seperti itu.

 

Source: pastemagazine.com , i.huffpost.com , www.nasa.gov

 

 

Comments
asrul firmansyah
Memang keren dan canggih drone NASA
nicolas filbert tandun
Belum ada yg hidup di mars