• Techno
  • The Newest OnePlus' Smartphone

The Newest OnePlus' Smartphone

Tue, 27 October 2015

Sebagai pendatang baru, produsen smartphone asal China, OnePlus, tergolong aktif dalam berkarya. Baru saja smartphone keduanya, OnePlus 2, dirilis pada tanggal 11 Agustus 2015 kemarin, kini OnePlus udah siap memperkenalkan smartphone ketiganya. Mengusung nama “OnePlus X”, smartphone terbaru dari OnePlus ini diperkirakan rilis pada tanggal 29 Oktober 2015 mendatang di London. Pihak OnePlus sendiri belum memberikan penampakan maupun spesifikasi yang jelas dari OnePlus X, namun bukan berarti OnePlus X benar-benar menjadi misteri. Beberapa rumor yang beredar cukup memberikan gambaran tentang bagaimana performa dari OnePlus X ini.

Berdasarkan data yang sempat muncul di Oppomart, OnePlus X merupakan perangkat 4G LTE dengan diagonal layar selebar 5 inci. Smartphone ini dilengkapi dengan 1,920 x 1,080 resolution display (full HD), 2.5GHz Qualcomm Snapdragon 801 processor, kapasitas RAM sebesar 3GB, kapasitas internal sebesar 16 GB atau 64 GB, dan baterai berdaya 2,450 miliamp-hour. Soal kamera, OnePlus X cukup bisa dipercaya dengan resolusi 13 MP untuk kamera belakang dan resolusi 8 MP untuk kamera depan. Kinerja dari OnePlus X juga didukung dengan OxygenOS yang setara dengan Android 5.1 Lollipop.

Di luar itu, OnePlus X atau yang juga sering disebut dengan “OnePlus mini” ini udah memiliki sertifikasi IP67 untuk anti-debu dan air. Bahkan, layar OnePlus X bakal diperkuat dengan 2.5D Gorilla Glass 3 atau 4, membuat para penggunanya merasa lebih tenang saat membawa atau mengoperasikannya di mana aja. Fitur-fitur umum lainnya, seperti konektor USB Type-C dengan kapabilitas Quick Charge 2.0, FM radio, MT6630 wireless Soc, Bluetooth 4.1, IR Blaster, speaker depan berdaya, 1.2 W, dan NFC chip yang mendukung Android Pay pun dikabarkan turut melengkapi OnePlus X.

Rumor paling panas yang beredar seputar OnePlus X adalah harganya yang super-affordable. Rencananya, OnePlus X akan dibanderol dengan harga $249.00. Tentunya, rumor ini melegakan hati para pencinta gadget yang ingin mendapatkan smartphone berkualitas dengan nominal harga yang minimum. Walau OnePlus X belum memiliki spesifikasi smartphone tercanggih, tapi seenggaknya, OnePlus X tetap bisa diandalkan untuk web browsing, messaging, menonton video, memainkan casual games, dan tugas-tugas sederhana lainnya.

 

Source : mashable.com, www.oppomart.com, tech.firstpost.com

 

 

OnePlus dan Oppo
Kehadiran OnePlus nggak bisa terlepas dari Oppo karena pendiri perusahaan OnePlus adalah mantan wakil presiden perusahaan Oppo, yaitu Pete Lau dan Carl Pei.

Kontroversi Kampanye OnePlus
Beberapa kampanye OnePlus sempat menuai kontroversi, salah satunya adalah “Smash the Past campaign”. Kampanye yang mengharuskan orang-orang untuk membanting smartphone mereka demi mendapat OnePlus One seharga $1.

Apa Itu Oppomart?
Oppomart adalah online retailer khusus untuk smartphone yang dibuat oleh produsen Asia. Walau namanya Oppomart, namun Oppomart nggak hanya menjual smartphone Oppo aja. 

Tips Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

Fri, 07 August 2020
Tampilan belakang iPhone X yang memantulkan gambar dari layar monitor Macbook

Belakangan ini, banyak berita mengenai smartphone premium yang dijual dengan harga miring. Jangan termakan oleh harga murah, lo harus waspada supaya nggak tertipu dengan barang elektronik palsu. Nggak perlu khawatir, lo tetap bisa kok membeli smartphone atau laptop dengan harga yang lebih murah.

Walau dalam kondisi bekas, masih tetap layak dipakai untuk membantu aktivitas lo #MauLagiDimanapun. Ikuti dulu tips aman dalam membeli smartphone atau laptop bekas. Tips-tips membeli produk elektronik bekas berikut ini sudah sesuai dengan teknologi yang eksis di tahun 2020.

 

Bekas atau Refurbished?

Tampilan menu di iPhone X hitam yang digenggam oleh seorang pria

Sebelum lo memantapkan niat untuk membeli smartphone atau laptop bekas, perhatikan dulu perbedaan antara barang bekas dengan barang refurbished. Barang elektronik refurbished ini adalah barang yang gagal produksi atau nggak dijual secara bebas karena harus dimodifikasi ulang.

Kalau lo ingin memiliki smartphone atau laptop dengan kualitas original, sangat disarankan untuk membeli barang bekas. Bukan berarti barang refurbished bernilai rendah, tetapi lo perlu punya mata jeli dan waktu lebih banyak untuk bisa memastikan barang tersebut layak digunakan.

 

Cek Harga dan Spesifikasi

Seorang wanita menekan spacebar di laptop yang ada di atas meja

Harga dari barang elektronik bekas jelas lebih murah daripada harga produk baru di pasaran. Kalau lo beruntung, lo bisa saja membeli smartphone atau laptop bekas dalam kondisi 90% menyerupai produk baru. Satu hal yang pasti, lo harus melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli barang elektronik bekas.

Coba googling dulu spesifikasi dan harga dari produk original yang ingin lo beli. Dari sana, lo sudah bisa mengenal fitur unggulan dari produk tersebut. Ketika lo sedang mencari seller terpercaya, pengetahuan ini bisa jadi andalan lo untuk menilai worth dan menawar harga dari smartphone atau laptop bekas yang akan lo beli.

Nggak perlu takut untuk bertanya kepada seller, justru lo harus bisa cerewet ketika membeli barang elektronik bekas. Mulai dengan tanya-tanya kondisi, spesifikasi yang ada, serta harga yang ditawarkan. Jika lo menemukan kejanggalan mengenai spesifikasi dari seller, ini bisa jadi red flag buat lo.

 

Periksa Dulu, Lalu Bayar

Seorang wanita menyerahkan sejumlah uang kepada seseorang dalam sebuah transaksi

Supaya lebih aman, lakukan pembayaran cash on delivery (COD) saat akan membeli smartphone atau laptop bekas. Ini berguna banget buat lo bisa melihat kondisi sekaligus mencoba barang bekas tersebut. Pertama-tama, cek kondisi fisik dari barang tersebut, apakah ada goresan, retak, dan lain sebagainya.

Nyalakan dan lihat kekuatan baterai. Jangan lupa untuk memastikan segala aksesoris yang dibutuhkan seperti charger sudah lengkap dan original. Untuk smartphone, cek software yang digunakan sudah updated atau belum, kondisi kamera depan dan belakang, serta fungsionalitas tombol-tombol smartphone.

Untuk laptop, cek port, drive optik, trackpad, dan keyboard. Nyalakan laptop untuk melihat kondisi LCD, speaker, dan webcam. Pastikan laptop dapat terhubung dengan jaringan internet dan memiliki storage (hardisk dan RAM) sesuai dengan spesifikasi. Setelah lo mengecek kualitas smartphone atau laptop bekas tersebut, barulah lo lanjutkan dengan proses pembayaran.

 

 

 

Sources: Tirto.id, SEA PC Mag, Android Guys