Trending
Selasa, 08 Desember 2015

Paper, Google Docs Versi Dropbox

  • Share
  • fb-share
Paper, Google Docs Versi Dropbox

Nggak ada lagi alasan nggak bisa kerja karena “file ketinggalan”. Sekarang udah banyak banget layanan online yang bisa nyimpen data-data pekerjaan lo seperti Google Drive dan Microsft One Drive. Selama ada jaringan internet, kerjaan lo bakal aman. Lo bahkan juga bisa melakukan editing atau menambah files baru di sana. Nggak mau kalah, Dropbox juga sedang mengembangkan aplikasi serupa bernama Paper.

 

Kolaborasi dengan Pengguna Lain

Sama seperti Google Drive dan Microsoft One Drive, salah satu hal yang jadi keunggulan dari Paper adalah lo bisa mengedit dokumen bersama dengan pengguna lainnya secara online. Jadi, bisa dibilang kalau Paper ini bersifat real time. Setiap pengguna diberi tanda berupa kursor berwarna dan nama lengkap lo yang bakal muncul di bagian margin sebagai kredit dari kontribusi lo.

Lo juga bisa membuat to-do lists dan nge-mention pengguna lain saat lo sedang butuh feedback dari mereka. Fitur mention ini mirip dengan yang ada di media sosial Twitter. Selain itu, Paper memungkinkan lo untuk menulis catatan atau meninggalkan komentar di samping paragraf tertentu. Selain dokumen bersama, tentu lo juga masih bisa membuat dokumen pribadi, Urbaners.

 

Bisa Masukkan Banyak Konten

Keunggulan lain yang diusung oleh Paper adalah banyaknya jenis konten yang bisa lo cantumkan dalam dokumen lo. Matteus Pan, manajer Dropbox, menjelaskan bahwa Paper bekerja lebih baik di berbagai jenis konten atau dokumen. Paper bisa langsung mengatur format yang sesuai dengan kode program yang lo masukkan dalam dokumen.

Kalau pengen memasukkan gambar atau video, misalnya, lo cukup mengambil file-nya dari komputer atau menautkan link pada dokumen lo. Tautan tersebut juga bisa lo lihat versi preview-nya. Nggak cuma itu, Paper juga mendukung file suara dari Soundcloud dan Spotify. Singkatnya, kalau lo mau memasukkan konten dari situs lain, lo tinggal memasukkan embed pada dokumen lo.

 

 

Masih dalam Tahap Beta

Untuk saat ini, Paper baru tersedia dalam versi beta dan lo harus dapet undangan dulu kalau mau ikutan mencobanya. Paper juga bakal hadir dalam format web, tapi Dropbox nggak menutup kemungkinan untuk menghadirkan Paper ke platform mobile. Hingga kini juga belum ada kabar pasti mengenai jadwal rilis Paper untuk publik.

Tertarik buat mencoba Paper, Urbaners? Lumayan untuk dijadikan alternatif selain Google Drive dan Microsoft One Drive. Kira-kira Paper bakal bisa menyaingi kedua pendahulunya nggak, ya? Coba lo kunjungi situs resmi mereka, siapa tau lo jadi salah satu orang beruntung yang bisa menjajal Paper terlebih dahulu.

 

Source:techcrunch.com, trenologi.com, manggadget.com, teknologi.rimanews.com

Comments
SAMSUL BAHRI
Kolaborasi dengan Pengguna Lain
ADITYA RIZA ALFANDY
Kolaborasi dengan Pengguna Lain