• Techno
  • Pinball dalam Bentuk Virtual Reality

Pinball dalam Bentuk Virtual Reality

Tue, 05 January 2016

Masih ingat dengan permainan Pinball? Mungkin hampir semua orang mengenalinya, tapi tidak semua pernah memainkannya. Lo harus memiliki mesin khusus Pinball atau pergi ke game center terdekat demi bisa mengumpulkan poin sebanyak mungkin dengan mengatur pergerakan bola. Kini, Pinball udah jarang terlihat dan dimainkan oleh orang-orang. Tetapi, hal tersebut tidak menghalangi seorang developer bernama Thomas Kadlec untuk menghidupkan kembali permainan tersebut.

 

Tidak Perlu Mesin Berukuran Besar

Tahun ini, beberapa perusahaan teknologi mengumumkan produk Virtual Reality (VR) headset seperti Oculus Rift atau HTC Vive. Popularitasnya yang kian meningkat mendorong para developers untuk mencipakan games yang kompatibel dengan VR headset tersebut. Salah satunya adalah Thomas Kadlec, developer yang juga berada di balik pembuatan game Star Trek Voyager. Sadar bahwa pasar VR headset memerlukan lebih banyak games, ia menciptakan sebuah permainan simulasi pinball bernama Pinball Labs.

 

Fitur-Fitur Teknologi Canggih

Menggunakan Unreal Engine 4, permainan Pinball Labs mengusung fitur built-in editor dan pengaturan secara custom sehingga lo bisa mendesain dan memainkan mesin virtual pinball sesuai dengan selera lo. Kadlec dan timnya juga ingin mengembangkan sebuah software yang mencangkup simulator, pinball machine editor, dan sistem API yang akan memungkinkan lo untuk melakukan koneksi dengan perangkat hardware atau emulators.  

Fitur-fitur klasik yang biasa lo temukan dalam permainan pinball konvensional seperti pop-bumpers, slings, spinners, drop-targets, plungers, dan lain-lain juga bakal ada dalam Pinball Labs. Selain menggunakan VR headset dari Vive dan Oculus Rift, lo juga bisa memainkan Pinball Labs melalui perangkat komputer dan virtual cabinets. Kadlec dan tim telah menciptakan demo untuk menguji permainan pada perangkat VR headset Oculus Rift DK2.

 

Sedang Mencari Pendanaan

Kadlec mendaftarkan Pinball Labs dalam proyek Kickstarter untuk mendapatkan pendanaan. Sejauh ini, mereka telah mengumpulkan dana sebanyak kurang lebih $5,455 dari total $18,500 yang dibutuhkan. Para pemberi dana akan berhak untuk men-download digital game tersebut. Dana yang masuk akan digunakan untuk mengembangkan editor UI, perbaikan fisik, dan lain-lain. Apabila proyek Kickstarter ini berhasil, Pinball Labs bakal dirilis pada kuarter pertama tahun 2016.

Gimana menurut lo, Urbaners? Apa lo cukup excited dengan kembalinya permainan pinball modern ini? Jika iya, sepertinya lo harus ikut mendanai proyek Kickstarter Kadlec dan kawan-kawan agar Pinball labs benar-benar bisa dirilis tahun depan.

 

Source: engadget.com, techcrunch.com, ubergizmo.com, roadtovr.com

Baru Rilis, 4 Smartphone dari Samsung Ini Bisa Buat Lo Pengen

Monday, February 17, 2020 - 15:12
Terdapat tiga smartphone baru dari Samsung dengan ukuran layar yang berbeda

Samsung telah menjadi salah satu brand smartphone yang paling populer saat ini. Setiap tahunnya mereka pasti akan merilis smartphone canggih dengan desain yang kekinian dan keren. Di awal tahun 2020 ini mereka juga telah merilis sejumlah smartphone yang keren. Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone rilisan terbaru dari Samsung yang harus lo ketahui.

Samsung Galaxy A71

Smartphone dari Samsung dengan seri A selalu ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar gadget. Smartphone seri A terbaru yang baru dirilis oleh Samsung adalah A71. Target dari smartphone ini adalah para generasi milenial yang gemar mengambil foto dan update di media sosial. Itulah mengapa smartphone ini dibekali dengan 4 kamera canggih. Kamera utama di bagian belakang pada smartphone ini memiliki resolusi hingga 64 MP. Kemudian 3 kamera lainnya memiliki resolusi hingga 12 MP, 5 MP, dan 5 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi hingga 32 MP.

Samsung Galaxy S20

https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/CufFyONHelVrgdlDDUKPUxqLxzg=/0x0:2040x1360/1320x0/filters:focal(0x0:2040x1360):format(webp):no_upscale()/cdn.vox-cdn.com/uploads/chorus_asset/file/19710520/vpavic_200206_3899_still_0001.jpg

Smartphone yang paling baru dirilis oleh Samsung si awal bulan Februari ini adalah Galaxy S20 dan S20+. Kedua smartphone ini memiliki desain yang sangat elegan dan tentunya memiliki teknologi yang super canggih. Samsung Galaxy S20 memiliki ukuran yang cukup mirip dengan Galaxy S10 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Galaxy S20 telah dibekali dengan chipset Snapdragon 865 atau Exynos 990. Kamera belakang dari smartphone ini memiliki 3 resolusi berbeda yaitu 64 MP, 12 MP, dan 12 MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10 MP. Kapasitas RAM dari S20 tersedia dua macam yaitu 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk kapasitas ROM hanya ada satu pilihan sebesar 128 GB.

Samsung Galaxy S20+

Seorang pria dengan baju kotak-kotak biru memegang smartphone baru Samsung S20+ yang memiliki wallpaper berwarna biru

S20+ memiliki sejumlah fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan Galaxy S20. Memiliki ukuran 6,7 inchi dengan layar Synamic AMOLED, smartphone ini terlihat sangat anggun dan mewah. Salah satu kelebihan dari S20+ yaitu kamera telefotonya yang diklaim bisa melakukan 3x hybrid zoom dan 30x Super Resolution Zoom pada kamera 64 MP-nya. Kemudian ada kamera lain dengan resolusi 12 MP untuk ultra-wide dan 12 MP untuk wide. Samsung S20+ telah dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB dan 512 GB.

Samsung Galaxy Z Flip

Terdapat tangan yang memegang smartphone Galaxy Z Flip yang hampir terlipat dengan layar yang menunjukkan gambar bunga berwarna biru

Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone layar lipat terbaru dari Samsung. Sebelumnya brand asal Korea Selatan ini memang sudah pernah merilis smartphone dengan desain layar lipat yang disebut dengan Galaxy Fold. Pada Samsung Galaxy Z Flip rupanya telah dibekali dengan layar infinity-O dengan ukuran 6,7 inchi. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera dengan resolusi 10 MP untuk kamera selfie dan dua kamera 12 MP di bagian belakangnya. Chipset pada Galaxy Z Flip sudah menggunakan Snapdragon 855 Plus dengan RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk memori internal sudah disediakan dengan kapasitas hingga 256 GB.

Itulah 4 smartphone yang baru dirilis oleh Samsung di awal tahun 2020 ini. Tertarik yang mana,  Urbaners?

 

Sources: theverge.com, kompas.com, cnnindonesia.com