Trending
Selasa, 05 Januari 2016

Pinball dalam Bentuk Virtual Reality

  • Share
  • fb-share
Pinball dalam Bentuk Virtual Reality

Masih ingat dengan permainan Pinball? Mungkin hampir semua orang mengenalinya, tapi tidak semua pernah memainkannya. Lo harus memiliki mesin khusus Pinball atau pergi ke game center terdekat demi bisa mengumpulkan poin sebanyak mungkin dengan mengatur pergerakan bola. Kini, Pinball udah jarang terlihat dan dimainkan oleh orang-orang. Tetapi, hal tersebut tidak menghalangi seorang developer bernama Thomas Kadlec untuk menghidupkan kembali permainan tersebut.

 

Tidak Perlu Mesin Berukuran Besar

Tahun ini, beberapa perusahaan teknologi mengumumkan produk Virtual Reality (VR) headset seperti Oculus Rift atau HTC Vive. Popularitasnya yang kian meningkat mendorong para developers untuk mencipakan games yang kompatibel dengan VR headset tersebut. Salah satunya adalah Thomas Kadlec, developer yang juga berada di balik pembuatan game Star Trek Voyager. Sadar bahwa pasar VR headset memerlukan lebih banyak games, ia menciptakan sebuah permainan simulasi pinball bernama Pinball Labs.

 

Fitur-Fitur Teknologi Canggih

Menggunakan Unreal Engine 4, permainan Pinball Labs mengusung fitur built-in editor dan pengaturan secara custom sehingga lo bisa mendesain dan memainkan mesin virtual pinball sesuai dengan selera lo. Kadlec dan timnya juga ingin mengembangkan sebuah software yang mencangkup simulator, pinball machine editor, dan sistem API yang akan memungkinkan lo untuk melakukan koneksi dengan perangkat hardware atau emulators.  

Fitur-fitur klasik yang biasa lo temukan dalam permainan pinball konvensional seperti pop-bumpers, slings, spinners, drop-targets, plungers, dan lain-lain juga bakal ada dalam Pinball Labs. Selain menggunakan VR headset dari Vive dan Oculus Rift, lo juga bisa memainkan Pinball Labs melalui perangkat komputer dan virtual cabinets. Kadlec dan tim telah menciptakan demo untuk menguji permainan pada perangkat VR headset Oculus Rift DK2.

 

Sedang Mencari Pendanaan

Kadlec mendaftarkan Pinball Labs dalam proyek Kickstarter untuk mendapatkan pendanaan. Sejauh ini, mereka telah mengumpulkan dana sebanyak kurang lebih $5,455 dari total $18,500 yang dibutuhkan. Para pemberi dana akan berhak untuk men-download digital game tersebut. Dana yang masuk akan digunakan untuk mengembangkan editor UI, perbaikan fisik, dan lain-lain. Apabila proyek Kickstarter ini berhasil, Pinball Labs bakal dirilis pada kuarter pertama tahun 2016.

Gimana menurut lo, Urbaners? Apa lo cukup excited dengan kembalinya permainan pinball modern ini? Jika iya, sepertinya lo harus ikut mendanai proyek Kickstarter Kadlec dan kawan-kawan agar Pinball labs benar-benar bisa dirilis tahun depan.

 

Source: engadget.com, techcrunch.com, ubergizmo.com, roadtovr.com

Comments
DEVI TRI HANDOKO
Sedang Mencari Pendanaan
Agung Sutrisno
Pinball Labs dalam proyek Kickstarter untuk mendapatkan pendanaan