Trending
Kamis, 28 Januari 2016

Eksplorasi Bagian Tergelap Dari Bulan

  • Share
  • fb-share
Eksplorasi Bagian Tergelap Dari Bulan

Meskipun Indonesia masih belum memberikan tanda-tanda akan melakukan sesuatu yang serius tentang eksplorasi luar angkasa, namun ternyata negara tetangga sudah duluan menyeriusi hal tersebut, Urbaners. Tiongkok yang memiliki penduduk terbanyak di dunia rupanya akan segera meluncurkan Chang’e-4 sebagi rover dan lander yang akan mengeksplorasi the dark side of the moon, alias bagian bulan yang belum terkesplorasi sebelumnya.

 

Menjadi yang Pertama Setelah Difoto Oleh Rusia Pada 1956

Dark side of the moon pertama kali diperlihatkan kepada khalayak oleh foto yang diterbitkan Rusia pada tahun 1956. Dark side di sini bukan berarti tidak ada cahaya, lebih kepada “bagian yang belum pernah dieskplorasi sebelumnya.” Liu Jizong, ketua dari China Lunar Exploration Center mengatakan bahwa Chang’e-4 akan membawa perubahan bagi Tiongkok. Bagi Liu, dengan adanya Chang’e-4, Tiongkok akan mampu menjadi yang terdepan dalam pengeksplorasian bulan karena memang sebelumnya, dark side of the moon belum pernah dieksplorasi oleh manusia.

 

Tidak Hanya Demi Negara, Namun Juga Demi Naiknya Moral Masyarakat

Liu menambahkan bahwa kesuksesan Chang’e-4 nantinya tidak hanya akan menaikkan derajat Tiongkok di mata dunia, namun juga membawa masyarakat Tiongkok untuk semakin bangga terhadap negaranya sendiri. Proyek ini memang dianggap sebagai proyek yang cukup ambisius, karena sebelumnya, Chang’e-3 yang menjadi proyek pendahulu dari Chang’e-4 juga membawa kesuksesan bagi negara Tiongkok. Chang’e-3 sendiri sudah berjalan di bulan pada tahun 2013 hingga Februari 2014 lalu. Saat ini Chang’e-3 memang masih ada, namun probe tersebut sudah tidak dapat bergerak lagi.

Salah satu langkah yang luar biasa dari Tiongkok untuk kemajuan negaranya, bahkan handphone Tiongkok yang dulu dianggap sebagai handphone kurang bermutu pun kini menjadi salah satu handphone yang sangat dicari oleh banyak orang.

Jadi Urbaners, kira-kira kapan ya Indonesia bisa menyusul negar-negara keren seperti Tiongkok dan Jepang? Yah, tapi sebelum berharap, Urbaners harus mau mengubah diri sendiri dulu menjadi lebih baik, jangan hanya iri sama negara lain tapi nggak ngubah diri sendiri, Urbaners!

 

Source: TheVerge.com

Comments
Aldi hidayat
Wah keren abis
KARYADI
Menjadi yang Pertama Setelah Difoto Oleh Rusia Pada 1956