Home Techno Demi Apple, Google Rela Bayar 1 Milyar Dolar

Demi Apple, Google Rela Bayar 1 Milyar Dolar

Wednesday, February 3, 2016 - 16:19
Bagikan
Facebook Twitter Email

Saat mendengar kata search engine, apa lagi yang muncul dalam pikiran kalau bukan Google? Nggak berlebihan kalau Google disebut sebagai raja dari search engine. Semua orang pasti bakal menggunakan Google untuk mencari berbagai informasi. Google juga terakhir mengeluarkan Top Travel Questions, keren nggak? Tapi, tahukah lo bahwa kabarnya, Google baru aja membayar uang sebesar satu milyar dolar pada Apple? Katanya, Google ingin agar Apple menjadikannya sebagai search engine resmi untuk segala perangkat mereka.

 

Berawal dari Sidang Google lawan Oracle

Google sepertinya belum puas dengan kesuksesan mereka dalam merajai pasar mesin pencari online. Kini, ia sedang berusaha agar Apple mau menyematkan mereka menjadi search engine resmi pada perangkat-perangkat Apple. Bahkan, kabarnya Google rela merogoh kocek hingga satu milyar dolar atau lebih dari 13 triliun rupiah. Hal ini diungkapkan dalam dokumen pengadilan Oracle versus Google yang sedang sedang berlangsung selama beberapa waktu belakangan ini.

Perseteruan antara Oracle dan Google telah terjadi sejak tahun 2010 lalu. Google dianggap telah mengambil dan meng-copy sistem dan blueprint dari Opera milik Oracle tanpa izin. Dan Google udah menggunakan software Opera tersebut pada sistem operasi Android. Sebenarnya, kabar mengenai pembayaran yang dilakukan Google pada Apple tersebut udah cukup lama beredar. Tetapi, kedua perusahaan tersebut nggak mau menyebarkannya ke publik.

 

Apple dan Google Saling Bagi Hasil

Setelah kabar pembayaran antara Google dan Apple beredar melalui dokumen tersebut, ada lagi kabar yang menyebutka bahwa mereka telah memiliki perjanjian revenue sharing atau bagi keuntungan. Jadi, karena Google menjadi search engine resmi pada perangkat-perangkat Apple, ia bakal membagi keuntungan yang didapatkannya dari sana untuk perusahaan dengan lambang apel kegigit tersebut. Sekali lagi, hal ini masih berupa kabar burung, ya, Urbaners.

Sebenernya, tanpa Google membayar Apple, para pengguna Apple juga pasti masih bakal menggunakan Google sebagai search engine mereka. Seperti yang udah disinggung sebelumnya, kini Google udah menjadi raja dari search engine. Lagi pula, katanya Tim Cook menilai bahwa search engine seperti Google dianggap mengganggu privasi seseorang di dunia maya.

 

 

Source: cnet.com, marketeeres.com, tekno.kompas.com