• Techno
  • 5 Hal yang Bisa Lo Lakuin dengan Koneksi 5G

5 Hal yang Bisa Lo Lakuin dengan Koneksi 5G

Tue, 08 March 2016

Beberapa waktu belakangan ini, industri teknologi sedang diramaikan oleh koneksi 5G, udah nggak jamannya lagi 4G nih Urbaners. Kabarnya, 5G bakal memiliki koneksi 100 kali lebih cepat dari teknologi wireless yang lo gunakan sekarang. Ia bahkan lebih cepat dari koneksi yang ditawarkan oleh Google Fiber melalui ke rumah-rumah. Intinya, 5G bakal membuka banyak kesempatan dan hal-hal baru untuk lo eksplor. Beberapa di antaranya bisa lo simak di bawah ini.

Seolah Hadir Sungguhan Lewat Video Conference

Woojune Kim, ketua dari salah satu divisi di Samsung, memprediksi bahwa cara kita dalam berkomunikasi bakal lebih visual. Coba bayangkan jika lo sedang berbicara dengan teman atau keluarga lo yang tinggal di kota berbeda melalui video call berkualitas super tajam. Resolusinya yang tinggi pasti bisa membuat lo seolah-olah sedang bertatap muka langsung dengan mereka. Sayangnya, koneksi yang ada sekarang belum mampu melakukan hal tersebut.

 

Pengalaman Baru Bermain Game

 

Ingin memainkan virtual game melawan teman lo yang tinggal di benua lain? Dengan koneksi 5G, lo bisa melakukan streaming konten tersebut melalui headset Virtual Reality (VR). Mark Zuckerberg selaku CEO dari Facebook bahkan ikutan berharap bahwa VR bisa menjadi salah satu aplikasi super yang bakal difasilitasi dengan baik oleh 5G. Proses transfer data dapat terjadi secara cepat sehingga lo nggak perlu menunggu loading yang lama untuk bisa ngerasain pengalaman virtual melalui headset VR lo.

Kecepatan Web Meningkat Berkali Lipat

Pernah nonton film The Amazing Spider-Man? Ada satu adegan ketika Peter Parker menggunakan Bing sebagai search engine dan ia bisa langsung mendapatkan hasil pencarian dalam waktu sekejap. Padahal, umumnya sebuah halaman web membutuhkan waktu 1-2 detik untuk loading—bahkan dalam koneksi yang cepat. Tapi, 5G bakal memberikan hasil yang mirip dengan adegan film The Amazing Spider-Man tersebut. Bayangkan jika lo men-download sesuatu dari internet, it will only take seconds!

 

Remote Control Kesehatan

Nggak hanya untuk kepentingan entertainment, 5G juga bakal membantu lo dalam aspek kesehatan. Waktu lag-nya yang amat rendah memungkinkan 5G untuk melakukan beberapa prosedur kedokteran. Para dokter bahkan bisa menggunakan robot untuk memeriksa lo dari jarak 1000 mil. Jika lo sedang berada di daerah terpencil pun lo masih bakal bisa ditangani oleh para spesialis. Pada intinya, koneksi 5G bakal mampu memberikan prioritas kesehatan bagi para penggunanya.

 

Sesuai untuk Mobil Self-Driving

 

Koneksi 5G bakal mampu merespon koordinasi pada mobil self-driving secara cepat, baik antara mobil dengan pusat kontrol maupun antar mobil. Kalau semua mobil self-driving udah mempunyai kamera dan sensor, mereka bakal mampu menangkap video footage. Jadi, jika terjadi kecelakaan, lo bisa memantau videonya dari berbagai angle. Nggak cuma dari mobil yang terlibat, tapi juga seluruh mobil self-driving yang ada di tempat kejadian.

Terdengar menyenangkan banget, ya, Urbaners? Hype-nya yang begitu tinggi membuat semua orang makin nggak sabar untuk “bertemu” dengan 5G. Sayangnya, kemungkinan besar lo baru bakal bisa menikmati koneksi tersebut pada tahun 2018 nanti. Jadi, sambil nunggu, lo bisa bermimpi membayangkan lima hal di atas dulu.

 

Sumber:
cnet.com

Tips Agar Data Pribadi Tetap Aman Saat Berbelanja Online

Wed, 03 June 2020
Seorang pria tampak sedang memperhatikan smartphone-nya

Hampir semua aktivitas lo sekarang dilakukan menggunakan aplikasi daring dan sambungan internet. Apalagi kalau lo termasuk orang yang suka belanja online, lo pasti menggunakan fitur pembayaran online ‘kan, Bro? Baik menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Oleh sebab itu, lo harus ekstra hati-hati dalam menjaga keamanan perangkat serta data pribadi lo agar tidak terjebak oleh kasus penipuan atau pencurian data.

 

Pakai Fitur Security Checkout

Seorang pria tampak terkejut sambil melihat smartphone-nya

Salah satu aplikasi internet yang punya fitur security checkout ini adalah Google. Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia sekarang, nggak heran kalau Google juga menaruh perhatian besar dalam hal keamanan data para penggunanya. Kalau Google saja segini waspadanya, seharusnya lo juga terhadap data pribadi lo sendiri.

Security checkout ini pada dasarnya adalah layanan untuk memastikan bahwa akun Google lo ada di warna hijau, yang berarti data-data lo dalam level keamanan terjamin. Fitur ini berguna untuk mengamankan informasi lo yang bertautan di internet. Jika dalam proses menggunakan fitur security checkout ini ternyata akun lo ada di level warna kuning atau merah, akan ada pemberitahuan dan penjelasan bagian mana yang harus lo atur kembali untuk memperketat keamanan akun.

 

Terapkan Sistem Verifikasi Dua Langkah

Salah satu tampilan verifikasi dua langkah pada aplikasi WhatsApp

Selain fitur security checkout di atas, lo juga bisa menerapkan sistem verifikasi dua langkah yang cukup umum diterapkan oleh beberapa aplikasi. Nggak hanya Google saja, aplikasi messenger seperti WhatsApp juga beberapa media sosial lainnya sudah menerapkan sistem verifikasi dua langkah. Tujuannya sama, demi menjaga keamanan akun para pengguna aplikasi tersebut dari pencurian dan penyalahgunaan data.

Pada prinsipnya, proses kerja sistem verifikasi dua langkah ini adalah verifikasi ulang sebelum akhirnya melakukan login pada akun. Umumnya setelah lo login dengan memasukan data yang dibutuhkan, lo akan dikirimkan juga kode verifikasi tambahan ke ponsel lo. Kode verifikasi ini harus lo input, supaya bisa mengakses akun lo sepenuhnya.

 

Unduh Aplikasi Resmi

Seseorang sedang scrolling sebuah laman yang penuh aplikasi

Setelah tahu cara-cara dasar mengamankan akun-akun penting seperti akun e-Mail yang biasa dipakai untuk membuat akun, termasuk akun belanja online, berikutnya lo juga harus memastikan bahwa aplikasi belanja online yang lo unduh benar-benar aplikasi asli dari sumber asli. Jadi saat membuka Play Store untuk mengunduh aplikasi, baca dengan seksama sumber penyedia aplikasi.

Dengan mengunduh aplikasi e-Commerce untuk belanja online yang resmi, lo jadi lebih terjamin dalam melakukan berbagai transaksi jual beli di sana. Karena penyedia aplikasi adalah perusahaan terpercaya yang juga memiliki sistem keamanan untuk menjaga data para pengguna. Ini juga berarti, lo sebaiknya menghindari berbelanja di aplikasi online yang belum terverifikasi layanannya.

 

Ganti Password Secara Berkala

Seorang sedang membuka laman salah satu situs belanja online

Terakhir, yang paling penting, pastikan untuk selalu ganti password akun-akun lo secara berkala. Jangan diganti dengan kata kunci yang mudah ditebak ya, Bro. Usahakan sebisa mungkin lo buat password dengan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka, serta simbol pada keyboard. Dengan begitu, password lo akan semakin sulit untuk diretas.

Hindari juga kebiasaan menerapkan satu password yang sama untuk semua akun yang lo punya. Memang kelihatannya lebih memudahkan untuk mengingat semua password yang lo punya, namun ini bisa jadi boomerang buat lo sendiri nantinya. Jadi ganti password lo sekarang, jaga data pribadi lo. Demi tetap aman saat sedang berbelanja online.

 

 

 

Sources: BukaLapak,  Detik, Tagar.ID