Home Techno 5 Hal yang Bisa Lo Lakuin dengan Koneksi 5G

5 Hal yang Bisa Lo Lakuin dengan Koneksi 5G

Tuesday, March 8, 2016 - 12:23
Bagikan
Facebook Twitter Email

Beberapa waktu belakangan ini, industri teknologi sedang diramaikan oleh koneksi 5G, udah nggak jamannya lagi 4G nih Urbaners. Kabarnya, 5G bakal memiliki koneksi 100 kali lebih cepat dari teknologi wireless yang lo gunakan sekarang. Ia bahkan lebih cepat dari koneksi yang ditawarkan oleh Google Fiber melalui ke rumah-rumah. Intinya, 5G bakal membuka banyak kesempatan dan hal-hal baru untuk lo eksplor. Beberapa di antaranya bisa lo simak di bawah ini.

Seolah Hadir Sungguhan Lewat Video Conference

Woojune Kim, ketua dari salah satu divisi di Samsung, memprediksi bahwa cara kita dalam berkomunikasi bakal lebih visual. Coba bayangkan jika lo sedang berbicara dengan teman atau keluarga lo yang tinggal di kota berbeda melalui video call berkualitas super tajam. Resolusinya yang tinggi pasti bisa membuat lo seolah-olah sedang bertatap muka langsung dengan mereka. Sayangnya, koneksi yang ada sekarang belum mampu melakukan hal tersebut.

 

Pengalaman Baru Bermain Game

 

Ingin memainkan virtual game melawan teman lo yang tinggal di benua lain? Dengan koneksi 5G, lo bisa melakukan streaming konten tersebut melalui headset Virtual Reality (VR). Mark Zuckerberg selaku CEO dari Facebook bahkan ikutan berharap bahwa VR bisa menjadi salah satu aplikasi super yang bakal difasilitasi dengan baik oleh 5G. Proses transfer data dapat terjadi secara cepat sehingga lo nggak perlu menunggu loading yang lama untuk bisa ngerasain pengalaman virtual melalui headset VR lo.

Kecepatan Web Meningkat Berkali Lipat

Pernah nonton film The Amazing Spider-Man? Ada satu adegan ketika Peter Parker menggunakan Bing sebagai search engine dan ia bisa langsung mendapatkan hasil pencarian dalam waktu sekejap. Padahal, umumnya sebuah halaman web membutuhkan waktu 1-2 detik untuk loading—bahkan dalam koneksi yang cepat. Tapi, 5G bakal memberikan hasil yang mirip dengan adegan film The Amazing Spider-Man tersebut. Bayangkan jika lo men-download sesuatu dari internet, it will only take seconds!

 

Remote Control Kesehatan

Nggak hanya untuk kepentingan entertainment, 5G juga bakal membantu lo dalam aspek kesehatan. Waktu lag-nya yang amat rendah memungkinkan 5G untuk melakukan beberapa prosedur kedokteran. Para dokter bahkan bisa menggunakan robot untuk memeriksa lo dari jarak 1000 mil. Jika lo sedang berada di daerah terpencil pun lo masih bakal bisa ditangani oleh para spesialis. Pada intinya, koneksi 5G bakal mampu memberikan prioritas kesehatan bagi para penggunanya.

 

Sesuai untuk Mobil Self-Driving

 

Koneksi 5G bakal mampu merespon koordinasi pada mobil self-driving secara cepat, baik antara mobil dengan pusat kontrol maupun antar mobil. Kalau semua mobil self-driving udah mempunyai kamera dan sensor, mereka bakal mampu menangkap video footage. Jadi, jika terjadi kecelakaan, lo bisa memantau videonya dari berbagai angle. Nggak cuma dari mobil yang terlibat, tapi juga seluruh mobil self-driving yang ada di tempat kejadian.

Terdengar menyenangkan banget, ya, Urbaners? Hype-nya yang begitu tinggi membuat semua orang makin nggak sabar untuk “bertemu” dengan 5G. Sayangnya, kemungkinan besar lo baru bakal bisa menikmati koneksi tersebut pada tahun 2018 nanti. Jadi, sambil nunggu, lo bisa bermimpi membayangkan lima hal di atas dulu.

 

Sumber:
cnet.com