Trending
Selasa, 08 Maret 2016

Main Smartphone Sebelum Tidur? Pakai Kacamata ini!

  • Share
  • fb-share
Main Smartphone Sebelum Tidur? Pakai Kacamata ini!

Selain berdoa, ada satu ritual lain yang kini selalu dilakukan mayoritas orang sebelum tidur, yakni menggunakan smartphone—entah untuk mengecek e-mail, bermain games, ataupun cuma scrolling di media sosial. Padahal, lo sebenernya pasti tahu bahwa aktivitas tersebut bisa mengganggu kualitas tidur malam lo. Kabar baiknya nih, baru-baru ini Jepang memproduksi kacamata yang bisa melindungi kedua mata lo saat menggunakan smartphone pada malam hari!

Mengurangi Tingkat Pencahayaan

Nggak peduli selelah apapun mata dan tubuh lo, selalu ada alasan untuk membuka smartphone pada malam hari sebelum tidur. Seringnya, aktivitas satu ini dilakukan di atas kasur sambil menunggu datangnya kantuk. Padahal, hal tersebut justru membuat mata lo makin terbuka lebar. Pencahayaan yang dipancarkan melalui layar smartphone memberi efek “siaga” pada otak. Akibatnya, mood lo untuk tidur jadi terpengaruh dan tubuh lo ingin memberi reaksi terhadapnya.

Nggak hanya itu, Urbaners, smartphone juga mengandung cahaya bernama “blue light” yang dapat mengurangi produksi melatonin, yakni hormon yang membantu lo agar bisa tidur. Untungnya, kini lo bisa menghindari masalah tesebut dengan menggunakan kacamata Screen Night Use dari produsen asal Jepang bernama J!ns. Benda tersebut mampu mengurangi tingkat “blue light” hingga 60%. Jadi, lo nggak perlu memicingkan kedua mata lo saat menggunakan smartphone pada malam hari.

Cocok Digunakan Sambil Tidur

Mayoritas penggunaan smartphone pada malam hari dilakukan di atas kasur. Am I right or am I right? Dan hal tersebut menjadi PR tersendiri bagi pengguna berkacamata karena gagangnya akan terasa mengganjal ketika lo merebahkan kepala di atas bantal. Namun, nggak begitu halnya dengan Screen Night Use, Urbaners. Selain bentuknya yang lebih ramping, kacamata satu ini memiliki gagang yang pendek, jadi lo nggak bakal merasa terganjal ketika rebahan di atas kasur.

Lo tertarik untuk membelinya, Urbaners? J!ns mematok harga sebesar 4,900 yen atau sekitar 600 ribu rupiah. Lo juga bisa memilih salah satu dari empat opsi warna yang dihadirkan, yakni hitam, cokelat, ungu, dan merah muda. Tentu masih ada beberapa cara lain yang bisa lo terapkan untuk mengurangi efek “blue light” dari smartphone, yakni dengan men-download aplikasi khusus yang dapat berfungsi untuk mengubah tipe pencahayaan pada smartphone berdasarkan waktu penggunaan.

Perlu lo ingat, Urbaners, Screen Night Use dari J!ns tersebut nggak sepenuhnya menghilangkan efek “blue light” dari layar smartphone. Ia hanya mengurangi kadar pencahayaannya. Kalau benar-benar tertarik membelinya, lo bisa langsung meluncur ke website resmi mereka di jins.com. Atau lo yang mau kacamata keren lain, yaitu Nike Vision, bisa cek di sini Urbaners.

 

Source:
cnet.com
jins.com

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
DEVI TRI HANDOKO
Mengurangi Tingkat Pencahayaan