• Techno
  • Adu Drone Lo di World Drone Prix, Dubai!

Adu Drone Lo di World Drone Prix, Dubai!

Mon, 14 March 2016

Kalau lo dan teman-teman punya drone, nggak heran misalnya sekali-kali lo main adu drone. Bikin ingat sama masa kecil gitu, pas lo adu main radio kontrol. Bedanya, sekarang bentuknya drone, yang tentunya lebih canggih.

Seberapa percaya diri lo dan kemampuan main drone lo? Soalnya, di Dubai ada acara bernama World Drone Prix nih, Urbaners. Ini adalah acara adu kecepatan drone. Sederhana? Iya, sampai lo tahu berapa jumlah hadiahnya!

Lomba Apa Sih?

Gampangnya, World Drone Prix adalah pertandingan antar 32 pilot terbaik dari seluruh dunia. Mereka balapan di Dubai 2016 Aerial Track dengan drone masing-masing. Acara seperti ini berlangsung dan bisa ditonton sama audiens lokal, dan disiarin ke seluruh dunia. Ini jenis olahraga baru yang disebut-sebut sebagai sport of the future lho, Urbaners!

World Drone Prix ini berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 11 dan 12 Maret 2016. Di hari pertama, 32 pilot bertanding dan disisihkan sampai ke 16 terbaik. Selanjutnya, 16 terbaik dikurangi jadi 8 dan 4 terbaik, lalu pertandingan utamanya pun dimulai antara 4 pilot tersisa itu. Oh iya Urbaners, total hadiahnya mencapai 13 miliar rupiah, loh! Dan satu lagi—hadiahnya dalam bentuk cash.

Serunya Apa?

Adu drone memang sudah jadi hobi populer sejak beberapa waktu lalu, Urbaners. Biasanya, pilot drone main di tempat-tempat yang sudah nggak dipakai lagi, tempat parkir kosong, atau taman hutan. Maklum, ini bisa membahayakan orang kalau-kalau dronenya kecelakaan. Makanya, nggak bisa di tempat umum.

Gampangnya, World Drone Prix ini seperti F-1 tapi pakai drone. World Drone Prix memang bukan adu balapan drone yang pertama kalinya, Urbaners. Sebelumnya, sudah pernah ada US Drone Racing National Championship. Yang bedain World Drone Prix dengan acara sebelumnya adalah karena acara ini membuka kesempatan buat pilot di seluruh dunia ikut serta. Sistemnya seperti American Idol, di mana lo tinggal ngirimin video kualifikasi buat dapat ‘tiket’ kompetisinya.

Buat Urbaners yang serius main drone, mungkin lo bisa coba lebih fokus dan perbanyak latihan. Tahun depan, coba deh iseng-iseng berhadiah ikut seleksi World Drone Prix ini. Atau, lo juga bisa manfaatin drone lo buat berbanyak hal lainnya loh. Misalnya buat nyajiin makanan, Urbaners.

Sumber:
www.gizmag.com, www.engadget.com

Pakai Fitur Auto-Delete dari Google untuk Jaga Privasi Saat Berinternet

Tue, 21 July 2020
Seseorang membuka laman Google di smartphone

Saat lo surfing di internet, sudah wajib hukumnya untuk menjaga keamanan data pribadi. Untuk membantu lo memastikan privasi dan data pribadi aman, Google hadirkan fitur auto-delete. Fitur ini memberikan lo opsi untuk merekam atau tidak jejak aktivitas berinternet, termasuk riwayat lokasi di mana lo berinternet.

Dengan fitur auto-delete Google, lo bisa memilih sendiri berapa lama lo akan menyimpan data aktivitas internet lo. Pilihannya mulai dari rentang waktu 3 hingga 18 bulan. Kalau data lo lebih dari masa waktu simpan tadi, Google bakal otomatis menghapus data aktivitas internet lo.

 

Dihapus dari Server

Seseorang membuka laman Google di smartphone dan laptop 

Buat lo yang bertanya-tanya apakah menghapus data aktivitas internet bisa mengamankan data pribadi lo? Jawabannya, iya! Kebijakan privasi Google semakin diperketat dengan adanya fitur ini. Jadi saat lo menghapus data lo, sebagian data di server Google akan terhapus, dan sebagian data lagi hanya tersimpan dalam bentuk anonim.

Data yang akan terhapus adalah data-data dari aktivitas internet lo, sementara data yang tersimpan ini terkait data olahan, seperti data yang menunjukkan traffic site suatu website di satu negara yang kebetulan website itu juga lo kunjungi.

Google juga bakal menyimpan data dalam bentuk anonim tentang seberapa sering lo menghabiskan waktu berinternet dan menggunakan Google. Tapi tenang aja, Google nggak akan menyimpan informasi apa yang lo googling saat lo hapus dengan fitur auto delete.

 

Penggunaan di Desktop

Seseorang membuka laman Google di laptop 

Selain bersifat otomatis dihapus berdasarkan rentang waktu, penghapusan data aktivitas internet juga bisa dilakukan secara manual. Caranya cukup dengan membuka akun Google lo, lalu masuk ke menu Data & Personalization di bagian kiri atas. Setelah itu, pilih menu Activity and Timeline, lalu buka sub menu My Activity. Ketuk tiga titik di bagian kanan, kemudian pilih Delete Activity by.

Lo bisa atur sampai sejauh mana aktivitas berinternet yang mau lo hapus. Sesaat sebelum benar-benar dihapus, lo akan kembali diminta konfirmasi apakah sudah yakin akan menghapus riwayat aktivitas berinternet lo. Kalau sudah yakin, lo tinggal confirm dengan klik Delete dan semua data aktivitas lo bakal terhapus.

 

Fitur Auto Delete di Android dan iOS

Tampilan setting auto delete Google di smartphone

Cara menggunakan fitur auto delete Google bisa di smartphone Android atau iOS nggak begitu berbeda. Bagi pengguna Android, lo bisa masuk ke akun Google lo dan mengikuti langkah yang sama persis dengan yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

Sementara untuk pengguna iOS, baik itu di iPhone atau di iPad, lo bisa masuk dari setelan akun di Gmail lalu pilih Manage Your Google Account. Kalau lo nggak punya Gmail, lo bisa set fitur ini dengan masuk ke laman Google dan terapkan langkah-langkah yang sama dengan penerapan di desktop tadi.

 

 

 

Sources: TirtoID, CNN Indonesia, Teknologi.id