Home Techno Seberapa Jauh Sih, “Galaxy Far, Far Away” Itu?

Seberapa Jauh Sih, “Galaxy Far, Far Away” Itu?

Monday, March 14, 2016 - 17:54
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, apa yang ada di pikiran lo ketika dengar kalimat, Galaxy far, far away? Nggak heran sih kalau yang lo ingat secara otomatis adalah Star Wars. Tapi sayang sekali Urbaners, karena galaksi terjauh yang saat ini sudah berhasil dideteksi oleh teleskop Hubble bukanlah dunia Star Wars sana. Mungkin galaksinya Star Wars masih lebih jauh dari ini, ya? Sebelum lo kecewa, intip dulu yuk soal galaksi terjauh dari bumi yang saat ini sudah berhasil ditemukan!

 

Galaksi Terjauh dari Bumi

Adalah GN-z11, galaksi terjauh dari Bumi yang sekarang berhasil ditangkap gambarnya oleh teleskop Hubble. Galaksi satu ini terletak di konstelasi Ursa Major, dan jauhnya mencapai 13.4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Menurut penelitian NASA sejauh ini, GN-z11 terbentuk 400 juta tahun setelah Semesta diciptakan. Alias sudah ada sejak Semesta tercipta selama 3% dari total umurnya sekarang. Wih, kok mereka bisa tahu ya, Urbaners? Galaksi Bimasakti kita sendiri, katanya sih usianya sudah 13.2 miliar tahun. Dibanding Bimasakti, GN-z11 terhitung masih kecil lho, Urbaners.

Oktober tahun lalu, sebelumnya sudah diumumkan bahwa galaksi terjauh yang ditangkap oleh teleskop Hubble berjarak 13.2 miliar tahun cahaya. Untungnya, teleskop Hubble ternyata masih kuat untuk mencari galaksi yang lebih jauh lagi, Urbaners.

 

Pasti Masih Ada yang Lain.. Atau Kita Sendirian?

Para astronom yakin banget kalau pasti masih ada galaksi yang lebih jauh daripada si GN-z11. Harapannya sih, ketika teleskop Giant Magellan menggantikan Hubble di tahun 2018 nanti, NASA bisa mengeksplor lebih jauh lagi dibanding sekarang. Kita tunggu saja gimana kabarnya nanti ya, Urbaners!

Minat lo terhadap luar angkasa sendiri gimana sih, Urbaners? Coba, menurut lo, mana yang lebih menakutkan, kenyataan kalau ternyata alien itu ada, atau kenyataan bahwa kita ternyata sendirian di Semesta seluas ini? Itu pasti bisa jadi diskusi yang seru tuh antara lo dengan teman-teman, Urbaners. Soalnya, sekarang saja NASA sudah membuat berbagai macam penelitian baru soal kehidupan luar angkasa kan, Urbaners?

Beberapa waktu lalu, bahkan NASA sukses menumbuhkan bunga di luar angkasa. Hmm, rasanya kehidupan masa depan di mana orang-orang bisa liburan ke luar angkasa tuh makin dekat, ya? Rahasia alam memang nggak ada yang ngalahin keseruannya deh, Urbaners!

 

Sumber:
www.vox.com, www.cnet.com