Home Techno Robot Kecil ini Bisa Angkat Beban Sampai 2 Ton!

Robot Kecil ini Bisa Angkat Beban Sampai 2 Ton!

Wednesday, March 23, 2016 - 14:27
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, tahukah lo kalau seekor kumbang bisa mengangkat benda yang beratnya berkali-kali lipat dibanding tubuhnya? Bukan cuma kumbang, tapi semut pun juga bisa begitu. Ini membuktikan ke kita Urbaners, kalau sebaiknya janganlah sekali-kali kita beranggapan bahwa yang ukurannya kecil itu nggak ada tenaganya.

Eh, tapi dalam artikel ini bukan lagi mau bahas kumbang atau semut, Urbaners. Ini lebih seram lagi, karena sebenarnya ukuran mereka bisa saja dibuat lebih besar lagi, bahkan lebih besar dari manusia pada umumnya. Hanya saja, sekarang memang dicoba bikin yang kecil-kecil dulu. Biar pun kecil, mereka bisa ngangkat mobil seberat dua ton loh, Urbaners! Apa sih si kecil yang kuat banget ini, sebenarnya?

uBots, si Kecil yang sangat kuat

Beberapa waktu lalu, Universitas Stanford menciptakan suatu robot bernama uBots. Ukurannya mungil-mungil, tapi robot ini bisa angkat benda dengan beban 10 ribu kali lipat dibanding beratnya sendiri, Urbaners. Hebat banget ya? Bukan cuma angkat, robot yang punya berat hanya setengah ons ini juga bisa bawa jalan beban yang sedang mereka pikul, Urbaners. Untungnya mereka cuma robot, jadi nggak perlu sekalian pikul beban kerjaan.

Dalam praktiknya mengangkat dan membawa mobil dengan berat hampir dua ton, alias 1 ton dan 800 kilogram, diperlukan total enam uBots yang saling kerja sama. Mereka bahu-membahu dalam mengangkat dan membawa mobil itu, Urbaners. Inspirasinya sih datang dari semut pekerja, tapi struktur mesin di robot ini banyak mengikuti kemampuannya kadal gecko.

Apa Triknya uBots?

Menurut para penciptanya uBots, rahasia robot mungil ini adalah biomimikri. uBots dibuat menyerupai kadal gecko, Urbaners. Kadal satu ini punya kaki yang lengket, sehingga mereka bisa memikul beban yang berat, namun tetap mudah dalam bergerak. Bahkan, kadal gecko juga bisa memanjat dinding sambil angkat bebannya.

Sekarang ini, kemampuan biomimikri itu dipadu dengan kemampuan kerja samanya para semut pekerja dalam mengangkat beban. Biar pun kecil-kecil, semut bisa jadi kuat ketika ada tiga sampai enam pasang kaki yang kerja sama loh, Urbaners! Kekompakan itu memang penting ternyata.

 

Nantinya, robot seperti ini bukan uBots saja, Urbaners. Rencananya, para peneliti juga mau bikin microTug, robot yang sangat kuat meski pun sendirian, tapi juga bisa kerja sama dengan robot lainnya. Wah, perkembangan robot memang keren-keren ya, Urbaners? Setelah ada serangkaian robot yang bisa main musik, sekarang ada lagi robot seperti ini yang bisa bantu kamu pindahan. Kira-kira, bakal dijual secara bebas nggak, ya?

 

Sumber:
www.engadget.com