Robot Kecil ini Bisa Angkat Beban Sampai 2 Ton! - MLDSPOT
  • Techno
  • Robot Kecil ini Bisa Angkat Beban Sampai 2 Ton!

Robot Kecil ini Bisa Angkat Beban Sampai 2 Ton!

Wed, 23 March 2016

Urbaners, tahukah lo kalau seekor kumbang bisa mengangkat benda yang beratnya berkali-kali lipat dibanding tubuhnya? Bukan cuma kumbang, tapi semut pun juga bisa begitu. Ini membuktikan ke kita Urbaners, kalau sebaiknya janganlah sekali-kali kita beranggapan bahwa yang ukurannya kecil itu nggak ada tenaganya.

Eh, tapi dalam artikel ini bukan lagi mau bahas kumbang atau semut, Urbaners. Ini lebih seram lagi, karena sebenarnya ukuran mereka bisa saja dibuat lebih besar lagi, bahkan lebih besar dari manusia pada umumnya. Hanya saja, sekarang memang dicoba bikin yang kecil-kecil dulu. Biar pun kecil, mereka bisa ngangkat mobil seberat dua ton loh, Urbaners! Apa sih si kecil yang kuat banget ini, sebenarnya?

uBots, si Kecil yang sangat kuat

Beberapa waktu lalu, Universitas Stanford menciptakan suatu robot bernama uBots. Ukurannya mungil-mungil, tapi robot ini bisa angkat benda dengan beban 10 ribu kali lipat dibanding beratnya sendiri, Urbaners. Hebat banget ya? Bukan cuma angkat, robot yang punya berat hanya setengah ons ini juga bisa bawa jalan beban yang sedang mereka pikul, Urbaners. Untungnya mereka cuma robot, jadi nggak perlu sekalian pikul beban kerjaan.

Dalam praktiknya mengangkat dan membawa mobil dengan berat hampir dua ton, alias 1 ton dan 800 kilogram, diperlukan total enam uBots yang saling kerja sama. Mereka bahu-membahu dalam mengangkat dan membawa mobil itu, Urbaners. Inspirasinya sih datang dari semut pekerja, tapi struktur mesin di robot ini banyak mengikuti kemampuannya kadal gecko.

Apa Triknya uBots?

Menurut para penciptanya uBots, rahasia robot mungil ini adalah biomimikri. uBots dibuat menyerupai kadal gecko, Urbaners. Kadal satu ini punya kaki yang lengket, sehingga mereka bisa memikul beban yang berat, namun tetap mudah dalam bergerak. Bahkan, kadal gecko juga bisa memanjat dinding sambil angkat bebannya.

Sekarang ini, kemampuan biomimikri itu dipadu dengan kemampuan kerja samanya para semut pekerja dalam mengangkat beban. Biar pun kecil-kecil, semut bisa jadi kuat ketika ada tiga sampai enam pasang kaki yang kerja sama loh, Urbaners! Kekompakan itu memang penting ternyata.

 

Nantinya, robot seperti ini bukan uBots saja, Urbaners. Rencananya, para peneliti juga mau bikin microTug, robot yang sangat kuat meski pun sendirian, tapi juga bisa kerja sama dengan robot lainnya. Wah, perkembangan robot memang keren-keren ya, Urbaners? Setelah ada serangkaian robot yang bisa main musik, sekarang ada lagi robot seperti ini yang bisa bantu kamu pindahan. Kira-kira, bakal dijual secara bebas nggak, ya?

 

Sumber:
www.engadget.com

Bisa Connect ke iOS: Pengalaman Gaming Seru Dari Xbox!

Tue, 27 October 2020
Update terbaru dari Xbox bikin lo bisa main game dari perangkat iOS either dari iPhone atau iPad. Seru, bro!

Yakin banget sih kalau artikel kali ini bakal bikin para gamers senang bukan main. Apalagi para gamers yang suka main di konsol, terutama Xbox, pasti bakal terperangah mengingat update artikel kali ini memang membawa kabar baik buat mereka.

Kabar baiknya adalah salah satu fitur dari Xbox, dari update paling baru ini, membuat lo bisa main game dengan controller tapi layarnya menggunakan iPhone atau iPad yang lo punya. Ini bakal bisa membuat lo main makin serius, nih!

Untuk fitur yang sama, belum lama juga – Xbox Remote Play juga mengeluarkan fitur ini untuk para pengguna Android. Para pengguna Android sudah bisa menikmati pengalaman gaming yang seru dari bulan September 2020 lalu.

Well, tidak menampik sih – thanks to Microsoft yang bikin para pengguna Android bisa merasakan pengalaman gaming seru luar biasa. Dengan menggunakan Xbox, dari fitur tersebut bisa membuat lo main game seru dengan menggunakan perangkat Android, termasuk di handphone berbasis Android.

Nah, untuk waktu sekarang ini, di bulan Oktober 2020 ini – Xbox juga mengeluarkan fitur yang sama, di mana lo bisa main dan streaming berbagai games seru dengan menggunakan perangkat yang berbasis IOS dari Apple.

Jelas sekarang lo makin penasaran ya dari update tersebut, ada hal baru apalagi nih yang masih terkait dengan hal itu. Daripada lo makin penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini buat tahu lebih lengkapnya ya!

 

UI yang Semakin Nyaman

Update terbaru dari Xbox bikin lo bisa main game dari perangkat iOS either dari iPhone atau iPad. Seru, bro!

Credit Image: gsmarena.com

Terkait dengan fitur terbaru ini, jelas para user atau para gamer bisa mengakses fitur ini dari aplikasi IOS yang terkoneksi di Xbox. Hal ini memungkinkan kalau para user atau para gamer bisa menemukan user interference yang segar.

Maksud dari User interference yang segar adalah kondisi di mana yang biasanya para user atau para gamer dihadapkan oleh layar televisi yang besar, sekarang lo bisa memainkan game tersebut hanya dari perangkat IOS yang lo punya, baik dari iPhone ataupun dari iPad.

Lalu bagaimana fitur ini bisa membuat para gamer merasakan pengalaman bermain game yang luar biasa? Dilansir dari hypebeast – fitur ini bakal membuat lo bisa streaming permainan yang ada di konsol utama Xbox yang terkoneksi dengan jaringan WiFi yang sama ke perangkat yang lebih kecil, yaitu iPhone atau iPad lo tersebut.

Ketika semua sudah terhubung dengan baik, lo bisa main dengan menggunakan controller dari Xbox dengan menggunakan jaringan Bluetooth. Nah dengan keadaan seperti ini, jelas user atau para gamer bakal merasakan sensasi main game yang berbeda daripada game konsol lainnya.

 

Apalagi Keseruan yang Ada?

Update terbaru dari Xbox bikin lo bisa main game dari perangkat iOS either dari iPhone atau iPad. Seru, bro!

Credit Image: hypebeast.com

Terkait dengan segala keseruan dari update terbaru dari Xbox ini, ada beberapa hal lain yang jadi catatan tersendiri soal kenyamanan bermain game. Perlu lo ketahui kalau pembaharuan ini bakal membuat aplikasi penghubung itu memungkinkan diri lo untuk bisa main atau streaming game terbaru yang bakal hanya bisa dimainkan di Xbox Series X dan Series S.

Tentunya hal ini baru bisa lo lakukan ketika dua konsol terbaru dari Xbox itu sudah resmi diperjual-belikan, ya! Nah apalagi nih keseruan yang ada? Yang jelas, ada beberapa permainan yang bisa jadi pilihan lo untuk menghabiskan waktu libur panjang yang sebentar lagi datang.

Setidaknya di tahun 2020 ini – ada empat game yang bisa lo mainkan di Xbox, empat permainan ini dinilai menjadi deretan game yang laris dan seru untuk dimainkan. Sebut saja seperti Cyberpunk 2077, FIFA 21, Call of Duty: Black Ops Cold War dan Halo Infinite.

Empat permainan di atas sudah ditunjang atau didukung oleh grafis yang luar biasa lho bro. Terlebih seperti FIFA 21, di mana lo sepertinya bakal betah main game sepak bola tersebut karena sudah dilengkapi dengan berbagai soundtrack seru yang bisa bikin lo lupa waktu!

Kemudian ada Halo Infinite yang grafisnya benar-benar bisa membuat lo lupa akan semuanya. Grafis dari Halo Infinite benar-benar bisa membuat lo berada di masa depan yang begitu futuristik, dan merasa lo perlu menyelesaikan berbagai misi yang ada di dalamnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari penjelasan di atas – jelas lo sudah makin penasaran ya dengan fitur terbaru ini? Jika memang sudah officially launch – jangan lupa langsung cop fitur terbaru ini buat dapat pengalaman gaming yang berbeda daripada yang lain!

 

Feature Image – slashgear.com