Trending
Rabu, 30 Maret 2016

Makin Keren dengan Kamera 360

  • Share
  • fb-share
Makin Keren dengan Kamera 360

Tenang saja, ini nggak ada hubungannya sama sekali kok dengan aplikasi kamera populer di smartphone. Malah, kamera 360 derajat yang mau dibahas di sini itu cocok buat lo yang suka bereksperimen dengan kamera. Soalnya, kamera satu ini unik, nggak kalah seru dari kamera di drone, dan bisa ngehasilin karya yang menarik. Ini dia beberapa hal yang perlu lo tahu soal kamera 360 derajat, Urbaners!

Apa Sih Kamera 360 Derajat Itu?

Sesuai dengan namanya, ini adalah kamera yang bisa mengambil gambar dari sudut 360 derajat. Titik awal dan titik akhirnya ketemu gitu, Urbaners. Nama lain dari kamera 360 derajat ini adalah kamera Panono, Urbaners. Bentuknya seperti bola, karena 360 derajat memang identiknya dengan bola.

Untuk menggunakan kamera satu ini, pertama-tama yang lo lakukan adalah melempar kamera ke atas. Nah, saat dilempar ke udara, sensor akselerometer di dalam kamera akan mengukur percepatan pelemparan kamera, kemudian menghitung saat kamera berada pada titik tertinggi. Saat ada di titik tertinggi itu, kamera akan memotret panorama dengan dimensi 360 derajat kali 360 derajat.

Kamera Panono nggak membatasi lo buat menangkap objek. Hasilnya, objek panorama yang lo ambil akan terbentuk bulat penuh. Kalau lo sudah jago buat mainin kamera Panono, lo bahkan bisa ngambil gambar bergerak dengan jelas loh, Urbaners. Oh iya, setelah kamera ini selesai memotret alias jatuh, Panono akan mengirimkan hasil foto tangkapannya melalui wifi ke ponsel atau laptop lo. Canggih, kan? Selain dengan dilempar, kamera Panono juga bisa dipakai sebagai kamera biasa.

Sejarahnya Menarik

Tahukah lo dari mana awal terciptanya kamera 360 derajat? Kenalin, penciptanya punya nama Jonas Pfeil. Kamera 360 derajat adalah proyek untuk tugas akhir kuliahnya, Urbaners! Dia memang ingin menciptakan suatu gambar panorama yang tidak terbatas oleh satu sudut pandang. Akhirnya, terciptalah kamera Panono ini. Luar biasa ya, Urbaners? Coba, mungkin sisa tugas akhir lo jaman dulu bisa dimodif terus jadi karya keren seperti ini?

Berkreasi dengan kamera itu memang seru, Urbaners. Terlebih, karena teknologinya nggak berhenti-henti bikin penggiat kamera jatuh cinta. Buat yang sukanya main drone, DJI baru rilis produk baru yang bisa ambil gambar dengan resolusi 4K, tuh. Duh, hobi satu ini memang harus bikin lo merogoh kocek lebih dalam.

 

 

Sumber: www.maxmanroe.com, mashable.com

Comments
AHMAD SAFII
Sejarahnya Menarik
diana mayasari
keren banget