Home Techno Facebook Ternyata Ikut Bikin Kamera 360

Facebook Ternyata Ikut Bikin Kamera 360

Thursday, April 28, 2016 - 15:18
Bagikan
Facebook Twitter Email

Teknologi kamera makin lama tambah berkembang ya, Urbaners. Bahkan, perusahaan media sosial raksasa sekelas Facebook pun mencoba untuk ikut ambil andil dalam perkembangan teknologi ini, Urbaners. Lo sudah tahu soal kamera 360? Ini bukan aplikasi di ponsel yang dipakai buat ngedit foto lo sampai jadi super ganteng loh ya, Urbaners. Lain lagi nih maksud kamera 360nya.

Gampangnya sih, kamera 360 adalah suatu kamera yang bisa mengambil gambar dari sudut 360 derajat. Di awal kemunculannya, kamera 360 punya bentuk bulat seperti bola. Lo tinggal lempar kamera ini ke atas, dan lensanya akan menghasilkan gambar dari seluruh sudut. Seru kan, Urbaners?

 

Surround 360

Facebook mencoba bikin inovasi baru dalam hal kamera 360. Dibandingkan kamera 360 profesional lainnya yang sudah banyak rilis di pasaran, kamera 360 dari Facebook yang punya nama Surround 360 sengaja didesain untuk bisa membuat video dengan kualitas tinggi. Surround 360 punya 17 lensa kamera. 14 di antaranya punya angle lebar. Sisanya punya lensa fish eye, letaknya ada di bagian atas, dan dua di bagian bawah.

Surround 360 akan terhubung langsung dengan internet, sehingga lo bisa menonton video 360 derajat secara real time. Kecepatannya mencapai 60 frame per detik loh, Urbaners! Ditotal, kurang lebih kamera pintar ini bisa merekam hingga dua jam. Nggak cuma itu, Surround 360 juga punya kualitas gambar sebesar 8k. Gokil. Perasaan baru kemarin resolusi 4k keren deh ya, Urbaners?

 

Kamera Alien

Selain kemampuannya yang hebat, Surround 360 juga punya desain yang unik, Urbaners. Kalau biasanya kamera 360 punya bentuk seperti bola, Surround 360 punya bentuk yang mirip dengan piring terbang alien. Makanya, kamera satu ini juga dikenal dengan nama kamera alien. Desain ini bukan nggak ada tujuannya loh, Urbaners! Katanya sih, desain ini membuat Surround 360 nggak bakal cepat panas saat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Nantinya, Surround 360 bakal dipakai buat keperluan industri, ilmiah, medis, dan keamanan. Keren juga ya Facebook, Urbaners? Tapi, untuk sementara, Facebook bilang mereka nggak bermaksud untuk masuk ke bisnis kamera. Ini semata kerja sama saja dengan produsen kamera Point Grey, untuk mempercepat pertumbuhan konten 3 dimensinya kamera 360. Kira-kira bakal dijual buat publik nggak ya, Urbaners?

 

 

Sumber:www.detik.com, www.techradar.com